Apaan itu IIX or OpenIXP?

Banyak hosting provider website di Indonesia mengeluarkan kata-kata tentang “Unlimited IIX koneksi”, “Paket IIX”, “Lokal IIX” dan berbagai macam ragam.

Apa sih sebenarnya itu?

Singkatannya:
IIX = Indonesia Internet eXchange
OpenIXP = Open Internet eXchange Point

IIX atau OpenIXP terdiri dari beberapa ISPs (Internet Service Provider) di seluruh Indonesia. Mereka saling “exchange” traffic antara satu sama lainnya. Sewaktu mereka exchange traffic ini, mereka tidak membayar satu sama lainnya, jadi makanya dibilang “free” traffic. Customer ISP A kalau mau menjenguk situs di ISP B, mereka tidak membayar apapun.

IIX dijalankan oleh organisasi bernama APJII dan OpenIXP dijalankan oleh perusahaan datacenter, IDC (Indonesia Data Center). Dan di Surabaya kali ini akan adanya ODIX yang dijalankan oleh Omadata DataCenter dengan singkatannya OmaData Internet eXchange.

Di Indonesia ini, kalau dibilang Internetnya itu tidak ketinggalan jaman lho. Pokoknya semua traffic ada di lokal Indonesia, internet pasti cepat (lightning fast). Akan tetapi kalau kita udah mulai menginjak/mengunjungi situs situs diluar Indonesia, bisa-bisa ada kelambatan 🙂

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack