Simak Security Blog Bersama Bloggerngalam

Rabu 24 Agustus 2011 kemarin saya mewakili Wowrack Indonesia untuk menghadiri acara #OBLONG NgeBlog Aman Puasa Nyaman @bloggerngalam yang bertempat di Kedai Kopi Medan, Malang. Acara yang terkesan sederhana namun terasa istimewa tesebut sungguh membuat saya enjoy dan mungkin setiap yang hadir merasakan hal yang sama dengan saya. Pembicara yang bersedia sharing ilmu tentang security pada blog kali ini adalah Dani Firmansyah a.k.a Xnuxer (Praktisi IT security dan pengembang aplikasi mobile) dan Sam Ardi (Digital Forensic Analyst dan Cybercrime Researcher). Tidak lupa dilengkapi pula dengan sharing dan bagi-bagi dorprize dari Lintas.me (sebagai seponsor kegiatan ini).

Sesi pertama pemaparan dari Om Dani yang membahas tentang macam dari ancaman blog. Beberapa diantaranya adalah karena serangan dari defacer, penggunaan software untuk cracking, dan kurang waspada dengan manajemen blog seperti audit. Serangan atau masalah yang harus diperhatikan ketika membuat blog adalah bagaimana cara kita untuk secara berkelanjutan mengupdate (selain konten) baik itu plug in dan berbagai perangkat lainnya untuk menghindari adanya celah pada blog yang kita miliki. Beliau memaparkan atau memberikan tips trix dasar yang bisa kita lakukan sebagai langkah untuk mengamankan blog.

Keamanan blog ini sungguh penting, papar Dani Firmansyah. Menurutnya, kurang lebih 70% serangan yang terjadi di internet merupakan serangan terhadap blog. Bukan langsung menyerang pada network atau pada system server. Oleh karena itu, kita harus lebih peduli terhadap keamanan pada blog.

Sesi kedua, dilanjutkan oleh Sam Ardi (Digital Forensic Analyst dan Cybercrime Researcher). Sam Ardi memaparkan tentang insiden-insiden kejahatan dunia maya yang terjadi di Indonesia. Dia menjabarkan beberapa jenis serangan yang terjadi pada blog misalnya defacing. Defacing atau yang secara simple dapat digambarkan sebagai perubahan terhadap tampilan website tidak sebagaimana mestinya menduduki peringkat paling atas dalam insiden. Beberapa kasus defacing dari tahun 1997 hingga 2011 menghiasi sejarah panjang internet Indonesia, diantaranya seperti defacing terhadap website Kementrian Komunikasi dan Informatika, website Tentara Nasional Indonesia, hingga website Kepolisian Republik Indonesia.

Saya mewakili Wowrack Indonesia berterimakasih telah diperkenankan hadir dalam acara #oblong. Sehingga saya mendapat tambahan wawasan tentang security website/blog. Mengingat bidang usaha tempat saya bekerja bergerak dibidang hosting yang mana mau tidak mau berhubungan langsung dengan keamanan website. Semoga kita semua bisa belajar bersama untuk mengantisipasi serangan-serangan orang tak bertanggung jawab terhadap situs-situs kita. 🙂

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack