Monday, March 26, 2012

Apa itu Shared Hosting, VPS, dan Dedicated Server

Hosting merupakan suatu layanan internet yang menyediakan infrastruktur/ruang sedemikian rupa sehingga memungkinkan seseorang atau perusahaan dapat menyimpan dan menyediakan informasi di internet, misal berupa layanan http, FTP, E-Mail. Secara umum, orang memerlukan layanan web hosting ini untuk keperluan website, mail hosting, database hosting, atau keperluan lainnya.

Berbicara tentang web hosting, ada tiga kategori besar yaitu shared hoting, virtual private server (vps), dan dedicated hosting. Namun seiring perkembangan waktu, lahir yang namanya cloud hosting. Masing-masing kategori tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan sesuai fungsionalitas mereka. Kita sebagai user, bisa memilih dan menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan. Diperlukan pengetahuan dalam memilih kategori hosting mana yang sekiranya cocok dengan kebutuhan kita. Karena kurang tepat dalam pemilihan jenis hosting dapat berakibat buruk. Oleh karena itu, mari kita mencoba untuk mengenali masing-masing dari jenis hosting ini.

Shared Hosting


Shared Hosting atau biasa juga orang hanya menyebut web hosting adalah layanan hosting dimana sebuah serverdiisi/digunakan bersamaan dengan account hosting milik orang lain. Semua account yang berada di dalam server yang sama ini, secara keseluruhan berbagi resource hardware dan service bersama-sama. Sehingga setiap account yang berada di dalam server ini memiliki batasan-batasan dalam penggunaan resourcenya. Mereka tidak bisa menggunakan resource secara keseluruhan, karena mereka harus berbagi satu sama lain.

Jika ada salah satu account yang menggunaan resource secara berlebih, maka account lain yang berada dalam satu server yang sama akan mengalami gangguan. Misalnya, ada website yang per harinya memiliki trafic yang sangat-sangat tinggi dan menggunakan bandwidth beserta ram dalam prosentasi yang besar, maka account lain/website lain dalam server tersebut pasti akan terkena imbasnya. Pada umumnya hal ini jarang terjadi, karena pihak provider akan selalu memantau website-website yang berada pada server tersebut. Jika terlihat ada yang menggunakan resource berlebih, pasti mereka mengambil tindakan terhadap website atau account tersebut, sehingga tidak sampai mengganggu website pada account lain dalam satu server.

Namun demikian, kelebihan yang membuat banyak orang menggunakan shared hosting ini adalah, terutama dalam hal biaya. Kategori hosting jenis shared hosting ini tergolong murah. Karena biaya pengadaan server ditanggung oleh banyak orang. Alasan kedua dalam memilih shared hosting, kemudahan dalam me-manage. User yang menggunakan jasa shared hosting tidak perlu repot-repot dalam mengurus administrasi server, semua telah dilakukan oleh pihak provider. User tinggal terima beres :) . Shared Hosting ini cocok digunakan oleh orang yang memiliki web aplikasi sederhana, tidak memiliki proses komputasi yang kompleks dan traffic pengunjung yang belum terlalu besar.

Virtual Private Server ( VPS )


Virtual Private Server atau biasa orang menyebutnya dengan sebutan VPS merupakan teknologi baru yang memungkinkan untuk membagi resource dari dedicated server menjadi beberapa bagian lebih kecil yang disebut virtual server. Pada dasarnya, VPS ini hampir sama dengan Dedicated Server. Perbedaannya adalah di dalam VPS masih berbagi resource hardware server namun tidak berbagi service. Karena pada masing-masing mesin VPS telah diinstall service sendiri-sendiri.

User yang menggunakan VPS ini memiliki akses root/Administrator untuk memanage VPS milik mereka sesuka hati, ini merupakan kelebihan dibanding dengan shared hosting yang telah diberikan batasan-batasan pada setiap account. Pada masing-masing VPS ini, kita bisa memasang operating sistem dan aplikasi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan. Kita bebas menentukan konfigurasi VPS, bahkan jika diperlukan, kita bisa re-install OS atau reboot virtual private server milik pribadi tanpa harus mempengaruhi VPS yang lain dalam satu server dan tentunya tidak mempengaruhi server utama. VPS juga bersifat private, dalam artian privasi website kita yang berada pada serverlebih private jika dibandingkan dengan layanan shared hosting. Oleh karena itu, VPS cocok digunakan untuk website yang memiliki proses komputasi sederhana dan traffic pengunjung yang lumayan besar.

Untuk mengoprasikan VPS diperlukan keterampilan khusus, tidak seperti pada hosting jenis shared hosting. Pengguna VPSwajib memahami bagaimana cara administrasi server yang baik. Jika tidak memahami administrasi server dengan baik, dapat berakibat buruk dalam menjalankan aplikasi mereka di dalam VPS ini. Namun demikian, biasanya pihak provider web hosting menyediakan addon atau semacam service dalam pengoprasian VPS sehingga memudahkan user dalam menggunakan VPS. Tentu saja dengan biaya tambahan sebagai konsekuensinya.

Terkait masalah harga, VPS bisa dikatakan lebih mahal daripada Shared Hosting. Akan tetapi lebih murah jika dibandingkan dengan harga Dedicated server. Dengan fasilitas service yang hampir sama dengan Dedicated Server tentunya harga yang dibayarkan akan sebanding dengan apa yang didapat.

Dedicated Hosting


Dedicated Hosting merupakan layanan hosting yang memungkinkan suatu user menggunakan server tanpa berbagi resourcedengan user lain. Mereka menggunakan resource sepenuhnya, sehingga aplikasi yang mereka miliki bisa berjalan maksimal dengan resource yang tersedia.

Dedicated Hosting ini terbagi menjadi dua bagian, ada yang namanya co-location dan ada layanandedicaed server. Perbedaannya, kalau co-location, user menyediakan server sendiri dan hanya menyewa tempat beserta keperluan yang sesuai, misalkan saja bandwidth, rack, power, etc. Kalau Dedicated Server, provider menyediakan server beserta perangkat lainnya, mulai dari tempat, rack, power, bandwidth, etc.

Dedicated Server adalah sebuah server fisik (komputer dengan spesifikasi dan konfigurasi tertentu) yang mampu menjalankan proses komputasi dari aplikasi berat dan beban yang sangat tinggi. Dedicated Server merupakan solusi dari shared hosting ataupun VPS yang tidak mampu menjalankan aplikasi berat dengan proses komputasi yang kompleks ini.Dedicated Server biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan bersekala menengah keatas dimana perusahaan tersebut memiliki system informasi yang membutuhkan keamanan ekstra. Mereka lebih memilih Dedicated Server dari pada shared hosting atauVPS dikarenakan Dedicated Server dinilai lebih powerfull.

Dengan Dedicated Server, perusahaan-perusahaan memiliki akses penuh terhadap server. Mereka bebas mengkonfigurasiDedicated Server yang mereka miliki sesuai kebutuhan. Mereka juga tidak perlu berbagi resource server misalnya berbagi prosesor, RAM, storage dan lain sebagainya dengan perusahaan lain. Karena tidak berbagi, keamananpun lebih menjanjikan daripada layanan shared hosting. Pada Dedicated Server, tidak ada batasan-batasan layaknya layanan shared hosting dan VPS. Sehingga mereka yang menggunakan layanan Dedicated Server ini lebih leluasa dalam memaksimalkan kinerja aplikasi yang mereka miliki di dalam server.

Selain keunggulan yang sebagian sudah dijelaskan di atas, dedicated server memiliki beberapa konsekuensi. Pertama, Harga yang menurut sebagian orang mahal. Jika dibandingkan dengan layanan shared hosting dan VPSdedicated server memang membutuhkan biaya lebih tinggi. Namun hal ini bukan merupakan masalah serius bagi perusahaan besar yang benar-benar membutuhkan layanan Dedicated Server. Harga yang dibayarkan akan sesuai dengan fasilitas yang dibutuhkan dan didapatkan.

Selanjutnya selain harga, yang menjadi kendala adalah tidak setiap orang mampu mengoprasikan Dedicated Server. Untuk mengkonfigurasi Dedicated Server sesuai kebutuhan dan berjalan dengan baik, dibutuhkan kemampuan teknis yang mumpuni. Mereka harus mengerti tentang berbagai aspek, misal mengetahui tentang hardware, software, sistem operasi, networking, jaringan internet, dan lain sebagainya. Disini memang benar-benar dibutuhkan pengalaman serta keahlian khusus dibidangserver.

Dari uraian singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa Dedicated Server cocok digunakan oleh perusahaan yang memiliki system informasi ber-kinerja tinggi serta membutuhkan keamanan ekstra. Untuk masalah harga dan kemampuan yang harus dimiliki dalam mengoprasikan Dedicated Server, tidak perlu dianggap terlalu serius. Karena saat ini ada banyak provider web hostingyang menyediakan layanan Dedicated Server Murah dengan kualitas baik dan mereka juga menyediakan tim support yang siap membantu dalam me-manage Dedicated Server yang disewa atau biasa lebih dikenal dengan manage hosting solution.

Author:

0 komentar: