Bagaimana Agar Web Lebih Betah Dikunjungi?

Img: livelook

Berikut Wowrack sajikan ulasan mengenai kriteria website yang baik itu seperti apa. Sederhananya sih website yang baik itu memiliki kriteria dasar seperti menarik, page load nya cepat, kontennya baik dan tidak banyak iklan. Suatu web dapat dikatakan baik jika memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut. Adapun kriteria berikut ini adalah dari sudut pandang penulis sendiri yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Rapi dan good looking.
Kesan pertama sebuah website tetaplah penting. Jadi pastikan website anda terkesan rapi dan enak dilihat. Termasuk dalam hal ini pemilihan perpaduan warna yang serasi, baik antara warna teks, background, background teks, dsb.

2. Warna teks yang tepat.
Penggunaan warna teks yang nyaman dilihat mata adalah hitam dengan background halaman putih. Jika ingin menggunakan warna teks lain usahakan serasi dengan background sehingga tidak menyakitkan mata.

3. Ada elemen grafis pengisi jeda paragraph.
Penggunaan elemen grafis seperti foto, gambar, video, dsb. sangat dibutuhkan sebagai pengisi jeda antara paragraf dalam sebuah artikel atau tulisan yang sangat panjang. Ini berfungsi untuk memperbaiki tampilan sekaligus agar tidak membosankan.

4. Setiap halaman tampak menyatu satu dengan yang lain.
Jadikan pengunjung merasa yakin bahwa mereka masih berada di website yang sama, caranya adalah dengan membuat setiap halaman tampak sebagai satu kesatuan (bagian) dari website tersebut dengan menampilkan elemen tertentu secara berulang sehingga ingatan mereka akan halaman-halaman lain di website anda muncul.

5. Loading time.
Load time website adalah waktu yang diperlukan oleh browser untuk menampilkan website secara keseluruhan. Banyak hal yang mempengaruhi kecepatan tersebut, seperti elemen-elemen CSS, elemen-elemen HTML, elemen-elemen javascript, kecepatan akses internet, image dsb. Load time website sangat penting karena bisa mempengaruhi “kepuasan” pengunjung. Jika website kita gagal ditampilkan dalam beberapa detik, biasanya pengunjung baru enggan berlama-lama menunggu dan memutuskan untuk meninggalkan website.

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack