Mengapa IT Menjadi Hal Yang Sangat Penting Bagi Anda?

Img: Opentechnologyfoundation

Surabaya (Wowrack) – Apa kabar WowFriends? Semoga saja semua dalam keadaan luar biasa. Setelah beberapa bulan kita belajar mengenai berbagai macam produk-produk dan teknologi IT yang tersedia saat ini, pada bulan ini kita mau berbagi mengenai bagaimana peranan IT dalam sebuah perusahaan atau usaha. Untuk memulai topik baru ini, artikel pertama hari ini akan membahas mengapa IT sebenarnya sangat penting bagi sebuah perusahaan, dan apakah yang sebenarnya IT dapat berikan bagi sebuah perusahaan.

Kalau teman-teman menyadarinya, saat ini pertumbuhan entrepreneurs sangatlah pesat di beberapa negara maju dan berkembang, salah satunya tentu Indonesia. Tapi ada hal yang membedakan, kalau dulu pengusaha-pengusaha tersebut lebih menawarkan produk, di jaman modern ini, para pengusaha lebih banyak menawarkan servis/ jasa; bukan hanya itu, kebanyakan pun sesuatu yang berhubungan erat dengan kata IT, atau bahkan usahanya sendiri bergerak di bidang IT. Para pengusaha ini disebut Technopreneur, seorang entroperneur yang bergerak di bidang Teknologi. Pertanyaannya mengapa IT itu sebenarnya sangat penting bagi perusahaan untuk berkembang? Apakah kalau perusahaan saya ingin sukses, saya harus bergerak di bidang IT?

Pada akhirnya, IT adalah sebuah tools atau alat yang digunakan oleh penggunanya untuk membantunya mencapai suatu tujuan atau hal. Beberapa hal yang dapat dicapai seiring dengan penggunaan IT yang tepat adalah seperti:

1. Meningkatkan Pendapatan

Ketika kita berbicara mengenai pendapatan, berarti kita bicara mengenai “Sales” atau penjualan. Di era yang sudah maju seperti sekarang ini, berjualan tidaklah lagi hanya dilakukan melalui door-to-door saja tapi juga melalui dunia maya, dunia internet. Anggap saja anda memiliki usaha kopi layaknya Starbucks, Coffee Bean, dan lainnya; tentu hal pertama yang dapat anda lakukan adalah mencari tempat untuk berjualan dan menjalankan usaha seperti yang lainnya. Tapi tahukan anda kalau sebenarnya, dengan memiliki website dan fitur e-commerce dapat membantu usaha anda untuk lebih berkembang? Adalah sebuah toko kopi bernama Mystic Monk Coffee di U.S. yang menyadari betul pentingnya kehadiran usaha mereka di dunia online dan bagaimana penggunaan ecommerce menjadi sumber utama pendapatan mereka. Toko kopi yang dimana dilayani oleh para biarawan ini sangat mengandalkan sistem e-commerce mereka dimana mereka menjual biji kopi pilihan melalui internet dikarenakan permintaan yang tinggi oleh para pecinta kopi di U.S. Pada tahun pertamanya, Mystic Monk mencatat keuntungan sebesar $56,000, termasuk besar apabila dilihat dengan kapasitas yang mereka miliki saat itu.

2. Meningkatkan produktifitas

Ketika berbicara pendapatan, kita juga menyambungkan dengan produktifitas; yang jadi tantangan adalah bagaimana meningkatkan produktifitas ketika tim sales anda terpisah-pisah dan membuat mereka sulit komunikasi satu dengan yang lainnya? Dan bagaimana mereka dapat menjaga interaksi antara perusahaan dan pelanggan tetap terjaga baik. Salah satu jawabannya adalah dengan implementasi sistem Customer Relationship Management (CRM) yang memungkinkan untuk pihak perusahaan dapat melakukan pengaturan yang baik agar terjadi hubungan yang baik pula dengan pelanggannya. Kembali lagi, pada akhirnya basis dari sistem seperti CRM adalah penggunaan IT juga.

Selain berbicara mengenai software, hal lain yang dapat ditingkatkan dengan adanya pengadaan sistem IT adalah computer networking. Tentunya semua mengetahui apa itu Google dan beberapa produk mereka lainnya seperti Gmail, Google +, Google Drive, dan lainnya. Konsep mendasar dari computer networking adalah menyambungkan satu komputer, atau satu jaringan dengan yang lainnya. Software file sharing seperti Google Drive dan Dropbox akan sangat membantu sebuah perusahaan dalam berbagi informasi. Kalau kita mau mengambil contoh singkat misalnya adalah sebuah perusahaan besar seperti Zara, yang dimana setiap harinya data penjualan mereka terintegrasi dengan data utama di kantor pusat, sehingga setiap outlet tidak perlu menghitung ulang satu persatu penjualan perharinya dan mengirim datanya secara manual.

Kalau mau dibahas sebenarnya masih banyak lagi hal hal yang menunjukkan bahwa peranan IT itu sangatlah penting bagi suatu badan usaha, atau jenis usaha apapun. Pada akhirnya, infrastruktur IT sebenarnya sangatlah berperan dalam berkembangnya suatu usaha karena infrastrukturnya adalah dasar dari setiap pengembangan sistem IT yang ada di dalam suatu perusahaan, seperti yang dapat dilihat di gambar di bawah ini:

Img: Pinnacleofindiana.com

So, are you ready for technology economy? (Bayu/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack