Friday, January 30, 2015

Tips Bagaimana Menjaga Keamanan Data Cloud

Tips-Cloud-Security
Img: Wowrack
Surabaya (Wowrack)
- CyberCrime masih menjadi masalah serius bagi seluruh pengguna internet diseluruh dunia. Sebaik apapun Anda menyimpan data, pasti akan terdapat satu kelemahan yang bias menghilangkan/membocorkan data Anda.

Namun, resiko itu bisa dipersempit, apabila Kita tahu bagaimana mempersulit atau mencegah terjadinya serangan hacker. Ada banyak factor yang bisa dilakukan agar data Anda tetap aman di cloud.

Nah WowFriends, berikut adalah beberapa cara agar data yang dimiliki tetap aman di Cloud.

1. Encrypt Data Sebelum Di Upload
Lakukan cara sederhana untuk mengenkripsi data yang Anda miliki. Jika Provider Anda bisa membantu mengencrypt data, maka Anda bisa menggunakan jasa provider kepercayaan Anda. Namun, jika provider Anda tidak bisa melakukannya Anda bisa melakukannya dengan pihak ketiga yang terpercaya. Anda juga bisa mempassword setiap file yang akan Anda upload jika memang data itu hanya untuk Anda sendiri.

2. 1 Password Untuk 1 Akun
Kebanyakan dari korban peretasan adalah membuat password sama pada setiap akunnya. Dan, ketika satu akun terkena serangan maka akun-akun lainnya pun ikut teretas. Untuk itu pastikan Anda membuat 1 kata sandi hanya untuk 1 akun. Dan buatlah password yang tidak mirip. Misal ketika Anda membuat password “AkuBesokKembali” maka jangan gunakan kata yang sama misal “BesokAkuKembali” pastikan password masing2 akun tidak memiliki kesamaan,

3. Gunakan 2 Factor Authentication
Saat ini sudah bisa melakukan Two-Step Verivication yang bisa membantu mengamankan akun Cloud Anda. Aktifkan fitur ini jika provider Anda meyediakannya. Namun, jika provider Anda tidak dilengkapi fitur ini, Anda bisa melakukan cara sebelumnya.

4. Membuat Password Yang Bagus
Password bagus adalah password yang terkombinasi Angka, Huruf Kapital, Huruf biasa, Simbol. Panjang minimum 9 karakter lebih panjang lebih bagus. Contohnya adalah “p@0L0MalD1n!

5. Back Up Data Secara Offline
Meskipun Anda sudah menggunakan Cloud, Anda juga perlu membuat file cadangan secara offline. Hal ini mengantisipasi adanya masalah pada cloud Anda. Sehingga, saat terjadi masalah tersebut Anda masih bisa membuka file.

6. Jangan Mudah Mengklik Email
Banyak orang yang tertipu alamat email yang serupa namun sebenarnya palsu. Contohnya no-reply@dropdatakita.com dengan no-reply@dropsdatakita.com. Ketika pembaca tidak konsentrasi terhadap domain pengirim maka kedua alamat ini seakan sama. Padahal ada satu karakter yang membedakan. Hal inilah yang sering dimanfaatkan oleh para penjahat internet untuk mencuri data Anda.

Itulah beberapa tips bagaimana agar data yang Anda simpan di Cloud Aman. Ingat, semakin mempersulit gerak pencuri data di Internet, maka semakin aman data Anda. Karena, tidak semua hacker memiliki komputer canggih untuk mencuri data Anda. Namun, satu kesalahan kecil yang bisa membuat mereka masuk, adalah awal dari akan tercurinya data Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk WowFriends. (Ulum/wwrk)

Author:

0 komentar: