The Cloud Is Not Safe — It Just Creates New Security Problems

Img: Wowrack

Surabaya (Wowrack) -Hingga detik ini, sudah banyak yang menggunakan Cloud Computing, Cloud Storage untuk menyimpan data-data. Bahkan, kedepannya catatan medis, perpesanan, foto, dokumen bank semua akan terkumpul dalam satu tempat yaitu Cloud. Sebenarnya, dalam penggunaan Cloud adalah yang paling aman daripada yang Anda pikirkan sebelumnya. Seorang pakar Security Leigh Honeywell yang bekerja di salah satu perusahaan Cloud Computing dan juga adalah seorang Hacker asal Kanada menyebutkan dan menunjukkan beberapa fakta yang sebenarnya belum dipikirkan oleh orang awam tentang Cloud.

Menurut Leigh jika cloud diibaratkan “Rumah Anda adalah Rumah Anda, dan Anda yang tahu bagaimana menjaga keamanan rumah Anda dari rampok, maling atau tindak kriminal lainnya. Anda juga tahu apa yang akan dikorbankan jika hal itu terjadi, apa yang harus Anda lakukan agar tidak sampai terjadi tindak kriminal dalam rumah Anda.


Atau, sama halnya jika Anda bertempat tinggal di Apartemen, bagaimana Anda bisa menjangkai tempat tinggal Anda dengan aman, bagaimana meninggalkan tempat tinggal Anda dengan Aman.  Sama seperti yang terjadi pada Cloud.”

Dalam dunia digital, Cloud adalah brankas Anda, dimana Brankas itu terdapat informasi pribadi yang harus Anda jaga keamanannya. Siapa yang bisa menjaga keamanan brankas itu? Tidak lain adalah Anda yang bisa menjaga keamanan brankas yang Anda miliki.

Img: modelviewculture

Provider Cloud adalah pihak yang bisa membantu menjaga keamanan data Anda. Jika diibaratkan, Provider Cloud adalah penjaga yang mengontrol gerak-gerik data yang Anda miliki. Tim Provider menjaga log data Anda tanpa harus melihat isi data yang Anda simpan. Tim provider hanya bertuga mengontrol alur Log data yang Anda simpan selama 24 jam /7 hari. Selain mengontrol alur log, tim provider juga mengawasi alur penggunaan data Anda. Jika di ibaratkan dalam sebuah gedung, Tim Provider adalah Guard dimana mereka menjaga agar tidak ada satupun orang yang menyentuh brankas Anda.

Seperti itulah gambaran yang diberikan oleh Leigh Honeywell tentang Cloud. Dalam hal ini, Cloud memiliki akses yang hanya dimiliki oleh Anda dengan penggunaan ID serta Password. Tolok utama keamanan akun Anda adalah bagaimana Anda menyusun password agar menyultkan seorang hacker dalam mencoba memecahkan Sandi Anda. Jika di ibaratkan, sandi “1234567” adalah kunci yang berupa penahan kayu model kuno, sandi seperti “**d%%xd.U3%*|%Gw;zdFo*” ibarat sebuah kunci yang dilengkapi alarm dan juga memiliki kekuatan agar tidak mudah mudah di hancurkan dengan hanya sekali pukul.

Begitu pula dengan system monitoring yang dilakukan oleh Provider Cloud, dimana saat Tim provider menemukan adanya jejak mencurigakan dalam pengelolaan data, sistem bisa dengan mudah mengenali. Bagi kita seorang manusia, pasti tidak bisa membedakan mana file aman dan mana file berbahaya, untuk itu Firewall yang dimiliki oleh masing-masing provider memiliki peran yang berbeda dalam memberikan keamanan data. Kita tidak pernah tahu apakah ada hacker yang memang menargetkan data Anda, atau hacker salah sasaran atau mungkin memang ada rekan/teman yang punya maksud tidak baik untuk data Anda. Untuk itu bermitra dengan pihak ketiga yaitu Cloud Provider adalah hal yang menjadi penting, karena keterikatan kerjasama yang akan membuat data Anda dilindungi dengan baik.

Serta, penerapan Disaster Recovery Plan yang membuat Anda tidak khawatir dengan ancaman tak terbayangkan sebelumnya. Bagaimana Anda dalam merencanakan Disaster Recovery Plan untuk mengamankan hal terburuk yang terjadi pada data Anda. Semisal saat program ahat menghapus atau merusak data penting Anda.

Jadi, apakah Anda masih ragu dengan Cloud? Keraguan itu akan menimbulkan masalah baru bagi Anda dikemudian hari. Cyber Crime memang harus diwaspadai, tapi bahaya lain yang meliputi data Anda jika tidak disimpan pada cloud harus Anda pikirkan.

Semoga WowFrieds yang hadir dalam event Wowrack Technology Event yang berkaitan dengan Disaster Recovery Plan yang dibahas 4 Maret 2015 kemarin bermanfaat. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah Ilmu bagi WowFriends (Ulum/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack