[Infografis] Apa Itu Bare Metal dan Apa Saja Keuntungannya

Img: Bare Metal Advantages

Surabaya (Wowrack) – Istilah Bare Metal Server (BMS) merupakan hal baru dalam bidang komputasi bagi kaum awam. Namun, bagi mereka yang sudah menggenal setidaknya sistem komputasi awan alias cloud computing, Bare Metal merupakan salah satu innovasi yang layak dikedepankan. Terlebih bilamana customer menginginkan performa server yang jauh lebih baik dan lebih constant dari yang ada saat ini sekaligus dalam upaya memangkas cost IT bagi perusahaan.

A Step Over The Cloud, For Better Performance

Trend saat ini, IT service sebuah site, atau korporasi harus capable dan kompeten dalam meng-handle dan memproses berbagai model fast data sebut saja mulai dari customer insight, social analitics, location data, transaksional data dan juga fraud detection untuk menjamin sekuritas. Melihat beragam workload data sedemikian rupa, mau tak mau, service server IT dituntut harus kerja extra berat dan akurat. Belum lagi faktor-faktor ekstra lainnya yang muncul, seperti low connection yang terkadang membuat geram.  

Melihat dinamika fast data sekaligus kebutuhan diatas, applikasi big data dan komputasi awan atau cloud computing dirasa belumlah cukup. IT tech service sebuah perusahaan harus mampu menjamin setidaknya tiga hal utama yakni high speed connection, constants performance dan yang tak kalah penting, cost-nya effiecient.  Nah, Bare Metal Server merupakan innovasi sekaligus jawaban yang layak dikedepankan.

Apa itu Bare Metal Cloud Server? 

Sesuai dengan namanya, Bare Metal  tak lain mengacu pada istilah “hard disk” yang mana Operating System (OS) sebuah komputer akan diinstal. Berbeda dengan hard disk pada umumnya yang dimiliki setiap komputer, Bare Metal lebih mengacu pada layanan cloud computing sehingga memunculkan istilah Bare Metal cloud atau enviroment yang mana sebuah Virtual Machine (VM) diinstal secara langsung pada hardware yakni di hard disk/Bare Metal daripada dalam host operating system. Secara gampang, Bare Metal server pada cloud, yakni dedicated physical server ditambah dengan nilai flexibilitas pada system cloud.

Img: Internap

Lantas, apa saja keunggulan Bare Metal Server ini? 

Melihat hasil survey worldwide yang dirilis Internap, situs teknologi komputer terkemuka secara global, customer lebih memprioritaskan tiga hal utama terkait teknologi server. Apa saja? Tak lain adalah high performance, cost and security. Nah, Bare Metal server menyediakan beberapa keunggulan sesuai dengan harapan diatas. Apa saja?

Expand On Demand – Dedicated Server
Resources atau piranti yang ada didedikasikan untuk single dan personal user alias tak dibagi-bagi dengan tenant lain atau lebih private dan eksklusif. So, customer bisa lebih bebas memilih serta mengkontrol resources hardware yang akan digunakan untuk mendukung servernya. Semisal, klien dapat membeli dedicated server atau co-located dengan konfigurasi hardware tertentu. Administrator server kemudian dapat menginstal sistem operasi tertentu dan perangkat lunak server web di komputer.

Protects from  “Noisy Neighbor”
Lantaran single customer atau dedicated server, Quality of Service (QoS) BMS sudah tentu menjamin tidak adanya masalah “the noisy neighbor” dalam server multitenant. So, jaringan network anda mampu bekerja secara optimal serta dapat dengan mudah dan cepat  diakses. Untuk diketahui, noisy neighbor mengacu pada tenant-tenant atau clien lain pada satu server.

High Performance – Greater Processing and More Consistent.  
BMS mampu menunjukkan performa yang lebih yahud dalam processing power and input/output operations per second (IOPS) serta lebih konstan dalam hal high performance alias mengeliminasi crashed. Bahkan softlayer BMS mampu mengeliminasi “perang bandwitch” pada public network.

Efficient in Cost – Flexible and Metered Billing 
Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Bare Metal cloud server yakni efficient cost hingga 48% menurut situs internap. Hal ini didapatkan dari metode billing yang ditawarkan. Dengan metered usage billing, customer hanya membayar biaya hanya pada aspek yang digunakan. Only pay for what you use.

Nah, bagaimana dengan service IT system di perusahaan anda? Apakah performananya bisa dikategorikan cukup yahud dan handal dalam memproses beragam fast data yang ada? Bila dirasa service IT system anda belum maksimal dan masih menemui beberapa kendala, tentunya akan menjadi handicap tersendiri atau bakalan mendapat predikat kelas ecek-ecek.  (Jofl/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack