Harga Piranti Komputer Boleh Mahal, Cloud Semakin Ramah Kantong

Img:atelier

Surabaya (Wowrack) – Investasi dibidang IT terbilang mahal. Tak salah memang bila memandang tak ada computer stuff yang terbilang murah. Namun tak seharusnya kita terjebak dalam paradigma tersebut. Beberapa vendor layanan IT berkompetisi memberikan paket teknologi murah namun tetap mampu memberikan kinerja yang sangat bagus. Salah satunya sistem komputerisasi model cloud atau cloud system.

Sebenarnya Cloud bukanlah istilah baru dalam bidang teknologi IT. Beberapa korporate kelas dunia dan organisasi pemerintahan juga sudah banyak yang menggunakan cloud. Contoh riilnya, inisitif yang dilakukan oleh Presiden Barrack Obama tahun 2009 silam di Amerika Serikat sebagai salah satu poros dunia digital. Melalui CIO governmentnya, dikatakan cloud computing memiliki potensi yang amat besar dalam peningkatan effisiensi data centre dan utility rates, sekaligus menekan biaya opersional  serta mengurangi waste atau ramah lingkungan. Toh, masih saja banyak korporate, di Indonesia tentunya yang masih sangsi mengaplikasi teknologi ini.

Well wowfreind, kali ini, wowrack blog sekali lagi ingin mengulas betapa efisiensinya dan menguntungkannya penggunaan cloud bagi korporate anda. Baik yang dalam skala besar maupun skala middle low. 

How does cloud cut your IT budget efficiently?  
 
Rahasia effisiensi cloud terletak pada pengadaan sektor IT diperusahaan anda. Dengan cloud, anggaran operasional IT akan sangat berkurang pada beberapa titik.  Bagaimana mungkin? Berikut beberapa sektor yang bisa “menghemat” budget IT anda. Apa saja?
Servers. 

Anda tak perlu risau lagi dengan maintainaing server yang anda miliki. Dengan cloud, segala kebutuhan piranti tambahan dan biaya yang anda alokasikan untuk menjamin server anda bekerja akan sirna secara otomatis. Lantas, berapa dana yang sudah anda keluarkan selama ini untuk membangun server atau data centre?
Computers:
Dengan cloud, secara tidak langsung akan berdampak pada lifespan hardware komputer anda alias bakalan lebih tahan lama. Otomatis, korporate anda tak perlu seringkali ganti spare part PC atau hardware lainnya pada server dan data centre anda.  Anda tahu sendiri bukan berapa harga-harga hardware dipasaran?
Employees:
Dengan menggunakan cloud, berarti semuanya hosted online. Ada pihak ketiga yang akan me-maintaince kelangsungan data centre and server anda. Andapun tak perlu lagi menyewa atau menambah staff  IT untuk sekedar standby diperusahaan anda. Zaman sekarang, staff IT yang pro dan kredibel biasanya pasang tarif dan minta beberapa fasilitas dan tunjangan. So, isa dibayangkan berapa dana yang akan anda alokasikan untuk menambah jumlah karyawan dibagian IT? Nah, kalau anda bisa menekan bahkan mengurangi budget employee untuk hal satu ini sudah tentunya anda bisa lebih effisien.
Maintenance and Downtime:
Cloud provider anda sudah tentu akan proaktif memonitor, memaintain dan upgrading program anda. Selain itu, provider juga akan meminimize downtime untuk menjamin applikasi anda selalu ready kapanpun anda butuhkan. Dengan semakin sedikit waktu downtime, akan tentunya bisa meningkatkan produktivitas, mendapatkan revenue yang lebih banyak serta peluang-peluang yang lain.   

Selain menghadirkan efisiensi di beberapa sektor diatas, cloud semakin memanjakan penggunanya dalam beberapa hal. Sebut saja si pengguna dan karyawan bisa dari mana saja mengakses data informasi asalkan memiliki koneksi internet, cloud juga menawarkan skalabel platform yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda, tak kalah penting dengan menggunakan cloud, otomatis data anda akan sangat dijaga, full protected oleh si provider. Anda tak perlu khawatir akan serangan cyber dan malware, anda pun bisa merasa lega atas resiko data loss dan redundancy.

Layanan Cloud Semakin Murah

Di Indonesia sendiri, provider cloud saling berkompetisi menghadirkan paket murah sesuai dengan kebutuhan anda. Sebut saja, GIO Cloud dan GIO Enterprise Cloud, layanan komputasi awan berjenis Infrastructure-as-a-Service (IaaS), yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia. Tarifnya pun terbilang murah. Layanan ini dihitung berdasarkan penggunaan per jam, tersedia mulai harga Rp. 132 ribu per bulan untuk satu mesin virtual.

Tak mau kalah Google-pun berani menurunkan tarif layanan cloud. Google merilis Google Cloud Storage Nearline layanan baru backup cloud bagi segmen pemula dan enterprise. Layanan ini ditawarkan dengan harga yang murah. Tarif-nya,  penyimpanan data di cloud US$0,01 per GB per bulan. Tarif ini lebih murah daripada harga penyimpanan Google standar yang dipatok US$ 0,026 per GB per bulan. Google Nearline bakal menjadi penantang kuat untuk layanan penyimpanan data murah, seperti Glacier yang ditawarkan Amazon Web Services. Glacier mematok harga cukup murah, yakni US$0,01 per GB.

Sebelumnya, Google juga telah mereduksi harga berlangganan layanan penyimpanan data online untuk Google Drive. Semua paket kapasitas penyimpanan kini bisa diperoleh dengan harga yang jauh lebih murah, mulai dari kapasitas 100 GB hingga 10 TB. Paket kapasitas sebesar 100 GB, misalnya, sekarang cukup ditebus dengan biaya 1.99 dollar AS per tahun, turun dari 4.99 dollar AS untuk jangka waktu yang sama. Kapasitas 1 TB bisa diperoleh dengan biaya tahunan 10 dollar AS, turun dari biaya sebelumnya sebesar 50 dollar AS. Kapasitas penyimpanan data cloud terbesar yang ditawarkan oleh Drive adalah 10 TB, yang datang dengan biaya tahunan sebesar 99.99 dollar AS.
Nah, tentunya sekarang anda bisa mengalkulasi sendiri berapa rupiah yang harus anda sediakan untuk membangun sebuah data centre atau server full package. Kemudian, komparasikan dengan harga layanan cloud yang ditawarkan oleh provider-provder ditanah air? Satu lagi.. pertimbangankan pula dalam rentan waktu kedepan, satu hingga 5 atau sepuluh tahun mendatang. 

Diseluruh dunia, cloud telah digunakan oleh beberapa industri mulai dari traveling hingga organisasi pemerintah, tak hanya aman, si pengguna merasakan efisiensi langsung sekaligus meningkatkan produktifitas. Bila wowfreind ingin lebih detail tentang layanan Cloud dan bagaimana cloud membantu efisiensi perushaan anda sekaligus meningkatkan kinerja, wowfreind bisa langsung menghubungi Wowrack dengan menghubungi kami disini. (jofl/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

One response to “Harga Piranti Komputer Boleh Mahal, Cloud Semakin Ramah Kantong”

  1. Unknown says:

    Wah lagi ramai2nya Cloud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack