Using Cloud: Efficient Okkay, Productivity YES!

Img: hightech-highway

Surabaya (Wowrack) – Tak dipungkiri Cloud Computing menawarkan efisiensi yang luar biasa bagi dunia korporasi. Mulai dari efisiensi pengadaan server atau data centre hingga kompetitifnya harga layanan cloud. Selain itu, yang layak dipertimbangkan oleh pelaku bisnis yakni cloud juga bisa meningkatkan produktivitas. Bagaimana cloud bisa melakukannya? Berikut ulasan yang dikompilasi dari berbagai sumber.

Survey Tata Communications yang dirilis awal tahun ini ini melaporkan organisasi dengan lebih dari 500 karyawan melihat manfaat nyata dari komputasi awan. Hampir dua pertiga dari responden melaporkan akses cepat ke teknologi dengan awan. Lebih lanjut, Tata melaporkan bahwa 83 persen perusahaan mendaoat manfaat yang diatas ekspektasi mereka. Yang paling populer yakni peningkatan produktivitas (69 persen), akses yang lebih baik ke data (65 persen), dan pengurangan biaya (63 persen). Studi ini merupakan studi global dengan responden terdiri dari 1000 decision maker dan senior IT.

Yang menarik dan layak dicermati yakni peningkatan angka produktifitas pada korporasi yang menggunakan cloud computing. Menurut Ketua Umum DPP Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Nita Yudi, seperti yang dilansir liputan6.com, pemanfaatan TI oleh (para wanita) pengusaha dapat meningkatkan produktivitas. “TI adalah salah satu solusi untuk meningkatkan produktifitas, karena bisa membuat kita lebih efisien dan bisa membantu memperluas bisnis.”ujarnya.
Bagaimana hal ini bisa terjadi? Berikut dampak tak lansung pengunaan cloud pada peningkatan produktivitas perusahaan. 

More Focus on Bussines
Secara gamblang, dengan menggunakan system cloud, perusahaan dapat lebih fokus pada bisnis yang dijalankannya, bukan sibuk mengurusi pengelolaan dan maintenance IT. Mengapa? pengelolaan data lebih efisien karena sebagian besar sumber daya berada di cloud dan ditangani oleh pihak ke tiga yang lebih capable. Tentunya, sektor ini bersifat less maintenance. Efeknya, andapun bisa lebih fokus dalam bisnis, memikirkan hal-hal yang lebih strategis dalam mendatangkan laba bagi korporasi anda.

More Easier Collaboration
Era saat ini bukan lagi era bekerja secara individual. Teamwork yang kuat menjadi modal kesuksesan korporasi. Core sebuah teamwork yakni adanya communication intense anywhere and anytime. Lantas bagaimana relasinya dengan productivitas dan cloud? Cloud hadir sebagai media collaborasi team karyawan anda. Dengan cloud, karyawan anda bisa dengan mudah melakukan document sharing, menyelesaikan project bersama-sama, hingga ke proses pengeditan file secara bersamaan. Hal ini bisa dilakukan ditempat terpisah baik diluar kantor dalam satu gedung atau bahkan saat si karyawan sedang tugas aboard atau saat sedang liburan sekalipun. Karyawan anda pun bisa lebih produktif dalam menyelesaikan pekerjaan. 

Telecommuting
Happy employees impact on productivity. Saat ini pergi ke kantor atau tempat bekerja terkadang membuat para karyawan stress. Ya mereka selalu mengeluhkan kemacetan yang bisa membuat mood seseorang berubah! Solusinya, era sekarang, karyawan anda tak perlu terpaku ngantor demi menyelesaikan kerjaan mereka. Dengan cloud, karyawan Anda bisa bekerja jarak jauh, menghindari kemacetan setiap hari dan stress. Dengan stres berkurang, karyawan lebih senang bekerja dan bahkan bersedia sering kerja ekstra untuk perusahaan dan pelanggan Anda. Produktif bukan?

BYOD – Bring Your Own Desktop
Karyawan saat ini tech-savy, beberapa karyawan mengaku lebih produktif bekerja ketika mereka menggunakan gadget-gadget mereka sendiri yang mana mereka sangat familiar. Problemanya, tak semua tempat kerja mereka memiliki gadget yang serupa. Nah, BYOD – Bawa Gadget Sendiri,  dalam beberapa tahun ini disadari tak ubahnya seperti memberdayakan karyawan modern. 
Mereka dapat bekerja pada perangkat mereka sendiri dan bahkan mungkin bisa sambil pergi jauh dari lokasi tempat kerja. Bahkan, banyak diantara mereka karyawan masih saja asyik bekerja diluar jam kerja mereka sendiri tanpa meminta kenaikan gaji, padahal Anda tidak meminta mereka untuk melakukannya. Nah, cloud disini sebagai fasilitator akses ke data perusahaan. Mereka pun dengan mudah mengakses data informasi sesuai kebutuhan mereka demi merampungkan task mereka bagi perusahaan anda.

Greater Bussiness Competitiveness To The Market
Penelitian baru yang dilakukan oleh Harvard Business Review Analytic Services melaporkan bahwa 74% dari pebisnis merasa cloud telah memberikan keunggulan kompetitif. Alasan utamanya, Cloud memungkinkan pebisnis untuk “memanfaatkan peluang lebih cepat” daripada para pesaing mereka.
Teknologi cloud memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan kecepatan dan agility-nya yang secara langsung mempengaruhi kemampuannya untuk mengembangkan produk dan menanggapi kebutuhan pelanggan. Dengan kata lain, dengan cloud sebagai fasilitator, memungkinkan korporate membawa produk ke pasar lebih cepat. Ini berarti pula bahwa perusahaan kecil secara efektif dapat bersaing dengan perusahaan besar.

Easier Managing Big Data
Akhirnya, cloud membuat lebih mudah bagi perusahaan untuk menangani apa yang disebut “Big Data.” Metode penyimpanan data tradisional, bukannya cloud, tidak selalu menyediakan metode sederhana untuk melakukan analisis lanjutan dari database mereka. Dalam kasus perusahaan besar, proses ini dapat berlangsung beberapa minggu dan memerlukan spesialis yang sangat luas. Cloud menyediakan tools yang diperlukan untuk memilah-milah banyaknya data yang tidak terstruktur dengan cepat dan mudah.

Well wowfriend, sekian dulu sharing mengenai peningkatan produktivitas dengan cloud..

Grab the Cloud and feel the a great success to come for you corporation.(jofl/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack