Tuesday, March 22, 2016

3 Tips Agar Migrasi Data Ke Cloud Berjalan Dengan Baik

Img: Wowrack
Surabaya (Wowrack)
- Apakah perusahaan Anda sudha siap untuk memindahkan data ke cloud? Mungkin pertanyaan ini akan membuat Anda akan berpikir panjang mencari solusi yang benar-benar tepat untuk melakukan migrasi tersebut. Hal ini dikarenakan banyaknya data yang mungkin Anda miliki saat ini yang dapat memberatkan usaha Anda migrasi data dari tradisonal ke Cloud.

Banyak dari perusahaan yang menyadari akan efek pengurangan biaya setelah perpindahan data dari tradisonal ke cloud. kebanyakan dari mereka merasakan pengeluaran yang turun cukup drastis setelah memutuskan untuk menggunakan layanan cloud.

Akan tetapi, banyak perusahaan yang meremehkan lamaya pengerjaan yang diperlukan untuk migrasi data ini serta minimnya perencanaan yang dibutuhkan untuk memulai pemindahan ini. Banyak diantara mereka yang mengalami kegagalan migrasi karena sikap tersebut. Apakah Anda ingin mengalami hal yang sama? Tentu jawabannya tidak, oleh karena itu coba Anda pertimbangkan tiga hal ini sebelum melakukan migrasi agar Anda dapat migrasi data Anda ke Cloud dengan tepat.

Pertama, Pertimbangan volume data untuk proses awal.
Anda mungkin tidak hanya mengirmkan data dalam jumlah kecil entah itu 1 terabyte ataupun petabyte ke public cloud. Oleh karena itu, Anda haus mempetimbangkan pengiriman drive fisik ke penyedia cloud untuk beban data awal Anda yang akan Anda migrasi. Butuh koordinasi yang baik antara Anda dengan penyedia cloud pilihan Anda.

Kedua, Anda tidak perlu memilih database yang sama.
Sebagai contoh, ketika Anda memiliki database Oracle, bukan berarti Anda harus menggunakan database Oracle juga di penyedia cloud Anda.  Perlu Anda ketahui, saat migrasi inilah dapat dijadikan sebagai waktu yang tepat untuk Anda menjelajah atau mencoba jenis database lain atau pun database model baru. Selain itu, saat melakukan migrasi inilah, Anda dapat merencanakan perubahan pada aplikasi yang terhubung dengan database Anda. Migrasi ke cloud adalah waktu yang tepat untuk melakukan perubahan dalam pengelolaan data Anda.

Ketiga, keamanan dan tata kelola yang sistemik untuk segalanya.
Data, aplikasi, jaringan serta penyimpanan harus memiliki tata kelola dan keamanan yang baik. Dalam migrasi, tata kelola serta keamanan data adalah hal yang sangat penting dalam proses migrasi.
Kesimpulannya, gunakan migrasi ini untuk memotivasi Anda dan perusahaan Anda agar menjadi lebih baik. Tentukan prses data awal, temukan database yang sesua dengan kebutuhan operasional perusahaan serta membangun perencanaan yang solid dalam memanfaatkan peluang big data di publik cloud.(ulum/wwrk)

source

Author:

1 comment: