Blog Wowrack

Jenis - Jenis Pengaturan dalam Web Manajemen

Yosia     28 July 2017     Infrastruktur Cloud / Jaringan / Managed Services     0 Comments
Dimana Anda dapat mencari informasi secara lengkap mengenai suatu produk maupun informasi secara lengkap dan menyeluruh? Dari social media mungkin? Social media mungkin memiliki informasi yang cukup lengkap terhadap produk maupun kebutuhan yang diinginkan, namun ada satu platform yang menyediakan informasi secara lebih lengkap dan mendetail. Tentu saja semua  informasi mendetail tersebut dapat diperoleh melalui website. Website mampu menyediakan berbagai macam informasi yang dibutuhkan dengan penyajian info yang menarik, mulai dari artikel, foto, hingga bentuk video. Website dapat menampilkan informasi sesuai kebutuhan yang diinginkan.

 

Sebuah perusahaan dapat memiliki satu atau lebih website dengan satu domain utama, dan beberapa subdomain. Domain disebut juga sebagai alamat website, yaitu nama website yang dituju. Alamat domain diawali dengan World Wide Web (www) dan kemudian diikuti oleh nama domain yang dipilih. Memilih nama domain ini bisa dibilang susah-susah gampang. Tidak bisa asal memilih nama domain, karena nama domain bisa menjadi identitas pertama perusahaan yang ditampilkan secara online. Nama domain juga bisa sebagai alat untuk branding awareness produk dan perusahaan itu sendiri. Sedangkan subdomain biasanya dibuat untuk mendukung domain utama. Misalnya saja domain utama adalah www(dot)smartchair(dot)com, kemudian subdomainnya adalah www(dot)blog(dot)smartchair(dot)com. Ya, subdomain dapat pula dimanfaatkan sebagai platform untuk mempublish blog, tulisan, dan artikel tentang produk dari perusahaan tersebut.

 

Dalam mengisi content pada website, menggunakan format Hyper Text Markup Language (HTML) yang nantinya bisa dirubah kedalam bentuk teks tulisan yang dapat dibaca oleh pengunjung website. Sebuah website biasanya diakses melalui HTTP, dimana HTTP ini merupakan sebuah protokol penghubung informasi yang berasal dari server untuk ditampilkan melalui web browser agar dapat diakses oleh para user. Website sendiri memiliki tiga jenis yaitu website statis, website dinamis, dan website interaktif. Untuk lebih jelasnya mengenai definisi dan perbedaan jenis website tersebut, Anda dapat membaca pembahasan mengenai website disini.

 

Lalu hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika telah memiliki website? Tentu langkah awal adalah memperhatikan hal-hal yang perlu dipelajari tentang pembuatan website, namun setelah itu yang perlu dilakukan adalah mengetahui tentang web manajemen atau bagaimana cara mengatur dan memelihara website agar tetap menarik perhatian pengunjung online, stay up to date, serta jauh dari kemungkinan adanya tampilan website yang sedang maintenance.

 

Definisi Web Manajemen
Web manajemen terdiri dari dua kata yaitu website dan manajemen, website adalah segala jenis informasi yang diakses oleh user secara online melalui tampilan laman web browser, sedangkan manajemen adalah sebuah proses pengaturan, dan berbicara tentang website, berarti pemeliharaan dan maintenance. Jadi web manajemen adalah sebuah usaha pemeliharaan terhadap website agar website terhindar dari resiko-resiko kerusakan yang mungkin saja dapat terjadi. Maintenance terhadap website harus secara rutin dilakukan agar website tetap stay up to date dalam menampilkan produk baru maupun informasi terbaru yang ingin disampaikan pemilik web kepada kepada netizen.

 

Web manajemen memiliki beberapa tahapan seperti misalnya perencanaan, pengorganisasian, serta pengendalian. Tahap perencanaan untuk menentukan tujuan dari dibuatnya website itu sendiri. Tahapan kedua yaitu tahapan pengorganisasian untuk menentukan siapa admin yang bertanggung jawab untuk mengatur dan mengisi konten-konten website tersebut. Tahapan ketiga yaitu tahap pengendalian yaitu orang atau teknisi yang bertanggung jawab untuk memastikan website dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kemungkinan terjadi masalah yang kritis.

 

Jenis-Jenis Web Manajemen
Img : Pixabay
 
Web manajemen atau pengelolaan website terbagi kedalam dua hal, yaitu tentang tampilan atau desain website, serta isi website atau konten.
  • Tampilan atau desain website. Merupakan web manajemen yang berkutat seputar hal-hal paling mendasar dalam pembuatan website. Termasuk didalamnya kerangka pembuatan website itu sendiri. Seperti misalnya hosting dan fungsi-fungsi atau tombol-tombol panel yang ada pada website. Nantinya hal ini akan berimbas pada perubahan desain dan tampilan luar dari sebuah website. Pengaturan dan pengelolaan ini terdapat didalam pengaturan control panel (cPanel).

 

Untuk mengubah pengaturan pada website, Anda tinggal masuk kedalam akun cPanel untuk mengatur website sesuai dengan yang diinginkan. Agar dapat masuk kedalam cPanel, Anda perlu login dengan username dan password yang telah didaftarkan. Dalam mengakses cPanel ini diperlukan seorang main administrator yang secara khusus bertugas untuk memonitor dan mengatur web manajemen melalui cPanel. Namun ada pilihan mudah bagi yang tidak ingin keribetan dalam mengatur web manajemen, yaitu dengan menggunakan penyedia layanan blog gratis seperti blogger, wordpress, dan tumblr. Disana sudah terdapat template pengaturan yang memudahkan untuk mengatur kerangka dan tema website.

 

  • Konten atau isi website. Merupakan pengaturan website terhadap konten atau isi dari website itu sendiri. Website bisa berisi penjelasan dan informasi berupa artikel, gambar maupun video. Web manajemen konten lebih mementingkan unsur-unsur seperti pemilihan kata yang bersifat ajakan dan persuasif serta menarik, kemudian pemilihan kombinasi warna-warna yang ada pada setiap gambar yang diupload, semua bisa mempengaruhi nilai estetika dari sebuah tampilan website.

 

Jadi walaupun secara teknis, admin yang mengurus konten website ini tidak harus orang yang paham bahasa IT dan pemrograman, namun sebaliknya admin harus memiliki kreativitas dan sisi seni artistik yang kuat sebagai kekuatan untuk menarik perhatian pembaca website. Konten website ada yang bersifat statis dan dinamis. Statis misalnya “profil”, “about”, “contact”, dan hal-hal lain yang sifatnya tidak memerlukan perubahan secara rutin dengan interval waktu yang singkat. Sedangkan dinamis adalah konten-konten website yang lebih memerlukan perubahan dengan interval waktu yang lumayan sering, seperti misalnya update blog post, update gambar promo, gallery, dan lain sebagainya.

 

Web Hosting
Dalam website manajemen tentu diperlukan pengaturan melalui web hosting. Hosting adalah sebuah program atau sistem yang memungkinkan untuk menyimpan dan menyalurkan data-data yang ada pada website ke server dan begitu pula sebaliknya dari server ke website, sehingga data-data dapat diakses melalui website. Desain sebuah website hendaknya lebih sederhana, bersih dan tidak tertutup oleh banyaknya iklan atau gambar-gambar yang kurang penting dan mengganggu, serta responsive, dan memiliki waktu loading buka web yang relatif cepat (dibawah 4 detik).

 

Sedangkan untuk konten website, sebaiknya memperhatikan hal-hal seperti konten yang bermanfaat, unik, orisinil, lengkap, dan SEO friendly. Namun secara teknis atau desain, sebaiknya manajemen web memiliki pengaturan web yang mobile friendly bagi para pengguna telepon seluler.

 

Web Desain : Provider / Self Manage?
Img : Pixabay
 
Dalam membuat website dan web manajemen, apakah seharusnya mempercayakan kepada orang lain dengan menggunakan web desain provider atau lebih baik jika dihandle sendiri? Semuanya tergantung dari sumber daya yang Anda miliki. Jika perusahaan Anda memiliki teknisi yang mampu menghadle semua hal teknis website perusahaan, maka tidak ada salahnya untuk mengatur dan memanage hosting serta web manajemen sendiri.

 

Namun apabila Anda kekurangan tenaga yang ahli di bidang IT untuk mengurus dan memanage website perusahaan, maka jasa provider penyedia layanan web manajemen mutlak diperlukan. Jangan terlalu memandang negatif provider penyedia layanan IT solutions. Karena pada dasarnya, perusahaan tersebut beranggotakan tenaga-tenaga IT yang cukup handal dan berkompeten, selain itu tenaga ahli IT tersebut dijamin oleh perusahaan provider sehingga website perusahaan Anda pasti aman dan akan terhandle dengan baik.

 

Namun tidak semua perusahaan yang merasa mampu menghandle dan mengurus web manajemen mereka akan terhindar dari segala resiko yang mungkin saja dapat terjadi. Itulah manfaatnya menggunakan kerjasama dengan provider penyedia layanan web manajemen. Banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan, seperti tidak perlu pusing-pusing memikirkan manajemen website, keamanan, pengaturan, serta maintenance website. Anda dan team lainnya dapat lebih fokus memikirkan tentang bisnis seperti pengembangan produk, marketing, manajemen after sales, dan lain sebagainya.

 

Web Developer, Web Designer, Web Master
Didalam pengaturan website, terdapat tiga team yang berperan penting dalam pembuatan, manajemen, serta pengembangan website. Ketiga team tersebut adalah web developer, web designer, serta web master. Web developer bertugas membuat segala jenis aplikasi melalui bahasa pemrograman komputer. Tugas web developer adalah bagaimana membangun sebuah rumah atau kerangka dari website, agar website tersebut dapat dioperasikan dengan baik. Dioperasikan disini bukan hanya dari sudut padang secara segi teknis, melainkan dapat pula dioperasikan oleh para pengguna website misalnya tombol contact, comment, search, hingga link icon-icon social media yang terdapat pada website. Namun web developer tidak mengurus tentang pengaturan desain website, karena desain merupakan tanggung jawab dari web designer.

 

Web designer bertugas untuk membuat tampilan visual dari sebuah website menjadi semakin menarik dan eye catching. Hal ini bisa diwujudkan melalui kombinasi gambar, teks, dan video yang menarik. Juga tidak lupa mengenai pemilihan warna untuk ditampilkan pada halaman website. Kemdian jenis font yang digunakan, dan lain sebagainya yang bersifat visual. Tugas web designer tergolong penting untuk menarik perhatian pengunjung website. Karena tentu setiap orang yang membuka website, pasti yang akan dilihat pertama adalah tampilan awal website itu sendiri.

 

Img : Pixabay




Web master memiliki tugas untuk mengatur isi atau konten yang ada pada website. Seperti didalamnya termasuk update content-content, SEO friendly, dan juga mencari strategi dalam memarketingkan website tersebut. Selain itu web master juga bertugas untuk menghandle web manajemen. Jangan sampai aplikasi-aplikasi dalam website tiba-tiba error dan tidak diketahui oleh developer namun oleh pengunjung website. Aplikasi dan software dalam website harus terus dimonitor dan dijaga oleh webmaster agar website selalu accessible.

 

 

Tips Manajemen Website dan Web Hosting
Dalam melakukan web manajemen, memang diperlukan ketelitian yang dilakukan secara rutin. Namun ketika kepentingan berseberangan dengan waktu dan sumber daya manusia yang dimiliki, maka pilihan terbaik adalah mempercayakan web manajemen beserta web hosting kepada perusahaan penyedia layanan tersebut. Tidak akan ada kerugian melainkan hanya manfaat yang diperoleh. Namun ada beberapa cara dalam memilih perusahaan penyedia layanan web manajemen dan web hosting. Pertama, harus dipertimbangkan tentang bagaimana support yang diberikan. Kebutuhan utama adalah jika support dapat responsive dan mampu membantu selama 24/7. Profesionalitas layanan benar-benar harus dipertanyakan, karena tentu Anda tidak ingin jika website Anda mengalami down dengan waktu yang cukup lama bukan?

 

Img : Pixabay




Kedua, adalah memilih provider yang terpercaya, dan tentu saja profesional dalam bidangnya, memiliki nama yang cukup baik atau tidak memiliki track record yang kurang baik, brand yang kuat, serta sistem support IT yang berkompeten. Hal ketiga adalah kualitas. Jangan pernah tertipu dengan iming-iming harga yang murah dengan segala hal yang bersifat unlimited. Ketika provider menawarkan harga yang cukup murah hingga hampir tidak lazim, maka hal tersebut yang justru perlu dipertanyakan. Jangan-jangan harganya memang murah, namun nanti dalam pengoperasiannya sulit, banyak tombol panel yang tidak berfungsi, dan lain sebagainya. Begitu pula dengan hal-hal yang bersifat unlimited, karena pada dasarnya tidak ada hal yang benar-benar murni 100% bisa unlimited karena selalu ada batasan-batasan teknis.

 

Selain tentang manajemen hosting, web manajemen juga mencakupi beberapa unsur-unsur sebagai berikut :

 

  1. Technical Support. Dimana orang/team ini bertugas mengatur dan memastikan website dapat tetap diakses walaupun traffic kunjungan sedang tinggi. Memastikan website tidak down dan memeriksa koneksi server serta keamanan website adalah tugas dari technical support untuk web manajemen.
  2. Customer Service. Bertugas untuk menanggapi pertanyaan maupun komplain dari pengunjung website. Bentuknya bisa bermacam-macam, bisa melalui email, live chat, dan lain sebagainya.
  3. Marketing. Sebuah website tentu memerlukan media promosi agar dapat dikenal oleh masyarakat. Disini peran dari marketing sangat penting, maka dari itu website bisa dihubungkan ke Google Adwords, atau iklan melalui social media seperti Facebook dan Instagram.
 
 
 
 
 
 
Blog Wowrack Indonesia

Tinggalkan komentar



Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Bisnis Anda
Logo Wowrack Horizontal breathing space-02
Surabaya (Kantor Pusat)
Jl. Genteng Kali No. 8, Kel. Genteng,
Surabaya, Jawa Timur 60275
Indonesia

Jakarta (Kantor Penjualan)
Menara BCA Lt. 50 Unit 4546,
Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310
Indonesia

© 2024 Wowrack dan afiliasinya. Hak cipta dilindungi undang-undang.