Mengoptimalkan Penggunaan Layanan Blog Gratis


Teknologi apa yang paling mensupport seseorang dengan hobi menulis? Tentu saja solusinya adalah blog. Blog dirancang khusus bagi seseorang yang memiliki passion menulis. Saat ini telah banyak blogger yang bergerak di berbagai sektor seperti beauty blogger, fashion bloger, travel blogger, food blogger, dan lain sebagainya. Blog bisa juga dimanfaatkan untuk menulis review-review tentang buku, novel, atau bahkan film.


Dulu blog hanya digunakan sebagai sebuah hobi, namun seiring dengan perkembangan jaman, blog telah berubah fungsi menjadi sebuah sumber penghasilan. Ya, dengan blogging, seseorang juga bisa menghasilkan uang. Blog juga dapat digunakan secara profesional oleh sebuah perusahaan untuk membantu mensupport website utama perusahaan tersebut (subdomain). Tentunya penggunaan blog untuk bisnis ini seharusnya menggunakan Search Engine Optimization (SEO) agar blog dapat dengan mudah ditemukan pada mesin pencarian Google. Ketika sebuah perusahaan menggunakan blog, tentunya artikel atau tulisan yang dibahas juga tidak jauh dari ranah cakupan perusahaan tersebut. Jadi misalnya ada perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, maka blog yang digunakan juga membahas seputar teknologi itu sendiri.


Provider penyedia blog pun juga semakin beragam, ada yang menawarkan pembuatan blog secara gratis dan cuma-cuma, dan ada juga yang berbayar. Tentunya dalam pengoperasioan blog gratis ini memiliki beberapa kekurangan dan keterbatasan jika dibandingkan dengan blog yang berbayar. Namun, dengan blog gratis, sekarang semua orang bisa menulis di blog masing-masing, baik dengan memakai nama domain sendiri dengan cara blog berbayar, maupun dengan menggunakan nama domain gratis dengan tambahan nama provider penyedia layanan blog tersebut misalnya blogspot.com, wordpress.com, tumblr.com, dan lain sebagainya.


Definisi Blog
Img : StockSnap

Blog adalah tulisan berupa artikel, ulasan, review, jurnal, informasi, tutorial, dan lain sebagainya yang ditulis melalui sebuah tulisan dan diupload melalui jaringan world wide web di internet. Blog berasal dari kata web dan log yang berarti catatan online yang berada di web. Aktivitas seseorang yang aktif menulis dan mengupdate blognya disebut blogging. Sedangkan orang yang melakukan blogging, disebut sebagai blogger. Blog merupakan bagian dari website, namun sebuah website belum tentu adalah sebuah blog.


Blog bisa berisi tulisan atau teks, memuat gambar, dan juga video. Blog ini biasanya lebih mudah ditemukan oleh Google karena content-contentnya yang selalu fresh dan up-to-date, tidak seperti kebanyakan website lainnya. Seperti misalnya kita mencari sebuah informasi melalui Google, setelah mengetik keywords yang diinginkan kemudian hasil pencarian apa yang biasanya muncul? Tentu saja sebuah blog, karena blog memuat informasi yang lebih lengkap daripada sebuah website. Jika blog biasanya dikelola oleh perorangan atau individu, maka website biasanya dikelola oleh grup, komunitas, maupun lembaga dan perusahaan. Maka dari itu, jika ingin website perusahaan lebih up di internet, maka wajib bagi pemilik perusahaan tersebut untuk juga memiliki subdomain berupa blog selain website perusahaan sebagai domain utama. Hal ini akan memiliki efek dan manfaat yang cukup signifikan kepada traffic pencarian melalui Google dan sebagai salah satu media marketing online yang baik.




Menentukan Platform Blog
Img : StockSnap

Setelah memutuskan untuk memilih blog yang ingin digunakan, apakah blog yang gratis atau blog yang berbayar, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan platform blog yang digunakan. Karena adanya perkembangan trend dalam blogging dan saat ini media penyampaian informasi secara online melalui internet terus meningkat secara pesat, maka akibatnya saat ini semakin banyak hadir platform-platform untuk blogging. Pengguna diberikan kemudahan dalam memilih platform blog yang diinginkannya. Pada dasarnya paltform-platform blog ini memiliki keunggulan dan ciri khasnya tersendiri.


Tidak bisa dipungkiri, kebanyakan pengguna yang baru terjun ke dunia blogging, akan memilih platform blog gratis. Blog gratis ini menjadi favorit karena bisa menjadi trial dan error seseorang yang ingin mengembangkan bakatnya dibidang menulis dan sharing informasi dengan orang lain. Selain itu, blog gratis sangat mudah dalam pengoperasiannya, tidak memerlukan dana, memiliki beberapa tema yang bisa dicustomize, tidak perlu kesulitan dalam mengatur pengaturan hostingnya, dan lain sebagainya. Ada beberapa platform blog gratis yang menjadi favorit para blogger. Beberapa macam blog gratis tersebut antara lain adalah :


  • Blogger.com
    Salah satu platform blogging favorit ini merupakan produk dari Google. Google membuatnya menjadi platform yang sangat mudah dioperasikan oleh para blogger. Selain itu, menggunakan platform Blogger juga memungkinkan untuk mengetahui tentang traffic kunjungan ke blog dengan menggunakan Google Analythics. Maka dari itu, banyak blogger yang memilih untuk menggunakan Blogger sebagai media untuk bloggingnya. Untuk platform Blogger gratis, user bisa menggunakan domain dengan akhiran nama domain blogspot.com

  • WordPress.com
    WordPress lebih banyak digunakan untuk blogging bagi company atau suatu instansi dan lembaga. WordPress lebih banyak memiliki pilihan tema yang lebih terkesan minimalis. Untuk WordPress, user tidak dapat menyisipkan Google Analytics untuk mengetahu traffic pengunjung demi mengoptimalkan SEOnya. Banyak fitur-fitur yang bisa didapatkan dan digunakan untuk pengguna platform gratis. WordPress lebih banyak digunakan oleh bisnis-bisnis dengan skala start up maupun online shop karena WordPress telah terintegrasi langsung dengan pengaturan hosting.

  • Tumblr.com
    Tumblr lebih menonjolkan tampilan desainnya secara visual. Melalui Tumblr, blogger dapat mengunggah gambar, video, kutipan, dan audio dengan pilihan wallpaper yang lebih bervariasi yang colorful. Tumblr memang lebih identik dengan desainnya yang lebih santai dan cocok digunakan oleh para teenager sebagai jurnal. Tumblr dapat disetting menjadi private maupun publik, sehingga sangat cocok untuk menulis jurnal atau suatu informasi yang penting namun ingin tetap menjadikannya private dan tidak dapat dibaca oleh orang lain. Tumblr juga sangat mudah dalam pengoperasiannya. Tumblr juga dapat diintegrasikan dengan social media yang dimiliki, seperti misalnya Instagram. Jadi blogger juga dapat melakukan promote akun Instagramnya melalui blog Tumblr tersebut.

  • Wix.com
    Wix hadir untuk user yang menginginkan custom web maupun blog. Dengan kata lain, Wix adalah platform gratis bagi website builder. Untuk membuat websitenya, user dapat memilih template terlebih dahulu untuk kemudian menyesuaikannya dan mengaturnya sesuai dengan keinginan dan menjadikan website tersebut khusus dan unik bagi diri atau perusahaannya sendiri. Sangat mudah bagi seseorang yang tidak bisa atau tidak menginginkan coding dalam membangun website. Namun jika ingin melakukan coding, Wix juga terbuka terhadap kemungkinan tersebut. Wix juga menyediakan platform untuk coding jika pengguna tidak menyukai pilihan template yang disediakan. Wix biasanya digunakan untuk sebuah company, fotografer yang ingin menunjukkan portofolionya, online shop, bisnis yang bergerak di bidang industri kreatif, desain, dan lain sebagainya.


Di Indonesia, masih banyak macam blog lainnya seperti blog detik, mojok.co, Hipwee, IDN Times, cewekbanget.id, dan lain sebagainya yang merupakan subdomain dari domain-domain utama website tersebut atau website yang khusus berisi kumpulan blog dari berbagai macam sumber dan blogger. Salah satu kriteria utama dari platform blog gratis tersebut adalah sifat dan pengaturannya yang responsive, atau bisa menyesuaikan dengan tampilan mobile device. Saat ini hal tersebut merupakan persyaratan yang cukup penting karena generasi millenial lebih menyukai menggunakan mobile phone nya untuk berbagai keperluan termasuk dalam membaca berita dan informasi.




Memilih Penyedia Layanan Domain dan Hosting
Img : StockSnap

Blog gratis dan berbayar memiliki pangsa pasarnya sendiri-sendiri. Bagi platform yang berbayar, sebaiknya memang menggunakan platform blog yang berbayar dengan menggunakan nama doamin sendiri. Mengapa? Pertama, sebuah bisnis, lembaga, instansi, atau perusahaan tersebut akan terkesan lebih profesional dengan menggunakan blog dengan nama perusahaan / bisnis / instansinya. Selain itu, menggunakan blog dengan nama domain pribadi lebih memudahkan jika ingin melakukan hosting dan pengaturan-pengaturan lainnya.


Jika memilih menggunakan nama domain sendiri, maka pertama yang harus dilakukan adalah menentukan nama domain yang tepat dan cocok untuk instansi atau bisnis Anda. Kemudian yang kedua adalah menemukan provider penyedia layanan domain dan hosting. Saat ini mungkin telah banyak provider yang menawarkan domain dan hosting murah, namun Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih. Jangan tergiur oleh promo domain yang murah, namun tetap harus diperhatikan mengenai pengaturannya, maintenance, faktor keamanan, dan penggunaan jangka panjangnya. Karena tentu Anda menginginkan penggunaan nama domain blog secara jangka panjang dan hosting yang mudah dan aman bukan? Maka dari itu, kualitas juga penting untuk dipertimbangkan selain tentang pertimbangan harga.


Content Blog dan SEO
Img : StockSnap

Membangun dan memiliki sebuah blog sendiri memang mudah. Terlepas dari banyaknya platform gratis, saat ini juga telah banyak provider penyedia layanan yang mendukung aktifitas blogging seperti menyediakan nama domain dan hosting. Namun tantangan dalam blogging adalah tentang maintenance blog dan mempertahankan konsistensi contentnya yang memerlukan tanggung jawab dan tantangan tersendiri. Nama domain yang baik adalah nama domain yang tidak terlalu panjang, mudah diingat, tidak memiliki unsur tanda penghubung atau angka, serta berkaitan dengan bisnis atau topik bahasan yang dibahas didalam blog.


Memang yang terpenting dari sebuah blog adalah contentnya. Semua blogger ingin blognya yang pertama muncul dalam mesin pencarian Google ketika seseorang mengetikkan sebuah keyword di Google. Maka dari itu, tantangannya adalah bagaimana cara agar memiliki content yang dicari dan dibutuhkan oleh orang lain? Tentu dengan bantuan SEO. Content dengan panduan SEO menjadi lebih terarah, terperinci, informatif, dan memuat beberapa kata kunci pilihan.

Namun membuat content dengan panduan SEO tidak lantas menjadi jaminan bahwa content tersebut akan dibutuhkan oleh orang lain. Maka dari itu, pemilihan topik bahasan juga menjadi poin penting dalam penulisan blog post. Setelah menentukan topik bahasan yang ingin dibahas, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat content yang menarik dan informatif. Jika hal tersebut berupa informasi, maka bagaimana membuat informasi tersebut dapat bermanfaat bagi orang lain. Namun jika hal tersebut tips, review, tutorial, dan lain sebagainya, maka bagaimana membuat agar orang menjadi penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang penjelasan tersebut dengan cara membaca artikelnya secara menyeluruh di blog. Akan lebih baik lagi jika didalam content-content tersebut juga disisipkan link yang mengarah ke artikel dengan cakupan bahasan yang serupa atau yang masih berkaitan, agar pengunjung blog bisa lebih berlama-lama lagi berada di blog tersebut. Jika content menarik dan informatif, bukan tidak mungkin seorang pengunjung blog akan share artikel-artikel dalam blog ke akun-akun social media yang dimilikinya. Hal ini sangat menguntungkan karena tentu akan meningkatkan traffic blog tersebut.





Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack