7 Alasan Migrasi Cloud, Nikmati Beragam Manfaatnya bagi Perkembangan Bisnis

Bagi bisnis yang sedang berkembang dan startup bisnis, lebih baik untuk segera mengimplementasikan teknologi cloud terhadap bisnisnya. Karena semakin awal sebuah perusahaan terintegrasi dengan cloud, maka pengelolaan data akan semakin mudah dan fleksibel, proses migrasi cloud juga akan berjalan secara cepat dan mudah karena data yang dimiliki masih belum terlalu besar.
Ada begitu banyak manfaat maupun keuntungan yang dapat diperoleh sebuah perusahaan dengan mengadopsi sistem cloud. Tentunya manfaat yang diperoleh dengan menggunakan teknologi cloud ini dapat membantu dalam kemajuan dan perkembangan bisnis itu sendiri. Pada prinsipnya, cloud bertujuan untuk menyederhanakan pekerjaan. Dan tentunya, dengan adanya beban pekerjaan yang dapat disederhanakan, maka sebuah perusahaan bisa mendapatkan benefit berupa tambahan waktu lebih banyak yang dapat dimanfaatkan untuk fokus pada perkembangan bisnis
Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa pada tahun 2020, sebesar 83% beban kerja sebuah perusahaan akan terintegrasi dengan sistem cloud. Data ini menunjukkan bahwa, lambat laun akan semakin banyak perusahaan yang melakukan migrasi data-datanya ke cloud, serta banyak yang telah merasakan manfaat dalam perusahaannya ketika melakukan migrasi ke sistem cloud ini.
Lalu apa manfaat mengimplementasikan teknologi cloud bagi sebuah perusahaan?
1. Mengubah/migrasi bisnis ke ranah digital (mendigitalkan bisnis)
Dengan memanfaatkan teknologi cloud, bisnis akan lebih cepat bersaing dengan para kompetitor. Dimana faktanya saat ini masyarakat digital lebih memilih menggunakan layanan maupun aplikasi berbasis internet/online. Perubahan trend ini terjadi karena adanya tingkat mobilitas masyarakat yang tinggi, selain itu masyarakat digital juga menuntut sesuatu dengan cepat, mudah, efisien, solutif, serta mengutamakan ketersediaannya. Dengan implementasi cloud dalam sebuah perusahaan, laju perputaran bisnis akan lebih optimal.  
2. Mengurangi pengeluaran biaya di bidang IT
Teknologi cloud dapat membantu mengurangi pengeluaran budget yang dibutuhkan untuk sistem infrastruktur komputer secara tradisional. Dengan integrasi sistem cloud, maka anggaran budget yang dikeluarkan dapat lebih disesuaikan dengan besarnya penggunaan. Cloud memungkinkan Anda untuk “membayar sesuai penggunaan”, jadi semakin semakin minim kebutuhan cloud Anda, maka semakin sedikit Anda harus membayar, dan begitu pula sebaliknya. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi biaya, karena kebutuhan untuk membeli kebutuhan hardware yang memiliki harga tinggi, tentunya dapat ditekan. Di satu sisi, sistem cloud memerlukan penanganan oleh tim profesional IT yang mampu melakukan pengelolaan sistem serta manajemen dalam cloud.
3. Lebih hemat waktu
Dengan memanfaatkan teknologi cloud, perusahaan dapat lebih banyak menghemat waktu dalam hal manajemen IT dan bisa lebih fokus untuk perkembangan serta inovasi bisnis. Seperti yang diketahui, ada banyak infrastruktur yang diperlukan dalam membangun data center, seperti misalnya server hingga tim teknis yang harus selalu ready 24/7/365 untuk mengurus aplikasi, platform, operasional, hingga keamanan data center tersebut. Tentunya hal itu sangat menyita waktu apalagi bagi sebuah startup bisnis. Maka pilihan paling bijak adalah mempercayakan kebutuhan cloud serta managed cloud kepada provider penyedia layanan IT yang trusted, reliable, dan memiliki layanan serta tim teknis yang profesional selama 24/7.
Img: Stocksnap
4. Fleksibel dalam menyesuaikan kebutuhan konsumen
Dengan integrasi sistem cloud pada sebuah perusahaan, maka bisnis dapat dengan mudah menyesuaikan kebutuhan pasar. Seperti yang kita ketahui, trend sering berubah-ubah. Dengan memanfaatkan kemajuan serta perkembangan teknologi, bukan tidak mungkin sebuah bisnis dapat mengejar dan bahkan menyesuaikan kebutuhan konsumen. Sebuah bisnis dapat menyediakan sumber daya infrastruktur baru tanpa harus memikirkan tentang perencanaan dan pengelolaan hardware.
5. Mudah dalam manajemen dokumen dan data penting
Cloud dapat membantu mempermudah akses terhadap data-data penting yang disimpan dalam server cloud. Tentunya data-data ini dapat diakses jika device yang digunakan terhubung dengan internet. Authorized user dapat mengakses data secara cepat, mudah, dimana saja, serta kapanpun data dibutuhkan. Sistem cloud juga memberikan keunggulan seperti misalnya kebutuhan untuk kolaborasi pekerjaan. Pengelolaan data juga bisa dengan mudah dilakukan melalui sistem cloud.
6. Skalabilitas
Skalabilitas merupakan tingkat pengaturan atas skala permintaan dan penggunaan bandwidth server. Tentunya kebutuhan ini sangat fluktuatif, kadang permintaannya bisa tinggi, dan terkadang juga bisa saja rendah. Dengan integrasi sistem cloud, maka Anda dapat mengatur operasional bandwidth ini. Anda dapat dengan leluasa mengatur penyesuaian kapasitas serta adaptasi kebutuhan cloud.
7. Cepat dalam Pemulihan Bencana (Disaster Recovery Plan)
Bagi pemilik bisnis, tentunya sebuah perusahaan harus memiliki rencana pemulihan bencana. Dengan menggunakan sistem cloud, Disaster Recovery Plan (DRP) akan lebih mudah untuk dilakukan. Tentunya dalam sebuah data center, terdapat backup power / UPS yang akan memastikan server tidak akan mengalami downtime sehingga data dalam sistem cloud tetap aman, dapat diakses, dan tidak hilang/rusak. Dengan solusi backup berbasis cloud, maka pemulihan dari bencana akan lebih menghemat waktu dan kerugian perusahaan dapat diminimalisir.

Img: Stocksnap



Apakah Anda masih ragu untuk mengintegrasikan bisnis Anda dengan teknologi cloud? Dengan begitu banyaknya manfaat yang diperoleh sebuah perusahaan jika mengadopsi sistem cloud, maka tentunya tidak ada alasan lagi untuk menunda migrasi cloud. Mulai migrasi cloud Anda sekarang juga. Percayakan kebutuhan cloud perusahaan Anda kepada Wowrack Indonesia yang telah terpercaya memiliki layanan serta dukungan teknis yang profesional selama 24/7/365. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan akses website www.wowrack.co.id atau hubungi Wowrack melalui email di sales@wowrack.co.id  



Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack