Friday, April 16, 2021

Prediksi Meningkatnya Penggunaan Hybrid Cloud di Tahun 2021


Selama pandemi berlangsung, bisnis dituntut agar tetap beroperasi dengan interaksi fisik yang terbatas. Hasilnya sebanyak 52% persen perusahaan di Indonesia menerapkan (Work From Home) terhitung sejak awal masuknya virus Covid-19 di Indonesia.

Hal ini mempercepat terjadinya transformasi digital di dunia bisnis. Desakan keadaan akibat pandemi berkepanjangan seperti ini, perusahaan memerlukan teknologi yang dapat diandalkan. 

Teknologi yang dimaksud adalah yang dapat memberikan kemudahan dalam efisiensi waktu, tenaga, dan biaya. Semua kebutuhan tersebut bisa didapatkan di teknologi berbasis cloud.

Teknologi cloud sendiri bukanlah hal baru di dunia teknologi. Banyak perusahaan yang telah mengadopsinya jauh sebelum pandemi terjadi. Namun, penggunaan cloud komputasi banyak mengalami peningkatan selama pandemi yaitu sebanyak 50%.

Yang menjadi perhatian lainnya adalah peningkatan penggunaan hybrid cloud yang meningkat sebanyak 60,3% sejak 2020. Tidak berhenti di sana, penggunaan hybrid cloud diprediksi akan terus meningkat di tahun 2021.

Peningkatan Penggunaan Hybrid Cloud di Tahun 2021

Perusahaan berlomba dalam akuisisi teknologi untuk produktivitas. Para pemilik usaha telah menyadari bahwa teknologi yang tepat adalah salah satu kunci keberhasilan bisnis modern. Namun terdapat beberapa tantangan seperti biaya investasi, kecepatan pemanfaatan keuntungan, kesiapan tenaga kerja, dan pemanfaatan legacy software. 

Solusi paling tepat saat ini adalag hybrid cloud, salah satu model cloud computing yang paling diminati di tahun 2020. Hybrid cloud menawarkan banyak keuntungan bagi penggunanya. Untuk itu, penggunaan hybrid cloud diprediksi akan semakin meningkat di tahun 2021.

Berikut adalah Keuntungan-keuntungan yang ditawarkan oleh hybrid cloud yang dianggap sangat dibutuhkan di tahun 2021 ini:

Mendukung Remote Working 

Remote working atau bekerja jarak jauh menjadi khas gaya kerja digital sekarang ini. Terlebih lagi banyak perusahaan yang menerapkan sistem BYOD atau Bring Your Own Device sebagai upaya efisiensi biaya.

Adapun hal yang paling dibutuhkan untuk melancarkan remote working adalah kelancaran komunikasi, proses pertukaran data, dan keamanan data. Oleh karena itu banyak aplikasi atau software yang digunakan perusahaan sebagai platform komunikasi dan bertukar data.

Namun, aplikasi dan software saja tidak cukup untuk menjamin kelancaran proses kerja. Di sanalah hybrid cloud akan berperan. Dengan adanya hybrid cloud yang berperforma baik, aplikasi maupun software dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, hyrbid cloud juga dapat menciptakan working environment yang aman. Hybrid cloud yang merupakan gabungan dari dua jenis cloud memiliki infrastruktur yang unik dan dapat dibuat berdasarkan kebutuhan perusahaan. 

Fleksiblitas dalam Pemilihan Fungsi Privat dan Publik Cloud.

Dalam membangun infrastruktur cloud, Anda perlu mengenali user terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar dapat memudahkan langkah selanjutnya yaitu memilih akses server dan jenis cloud yang akan digunakan.

Berbagai industri seperti industri keuangan, kesehatan, pendidikan, dan lainnya mempunyai beragam user. Artinya mereka membutuhkan cloud yang dapat memberikan berbagai keuntungan yang dapat difungsikan sesuai user dan tujuan perusahaan.

Dengan memiliki hybrid cloud Anda dapat mendapatkan banyak keuntungan yang berasal dari public cloud maupun private cloud. Sehingga Anda dapat dengan mudah mengatur penggunaannya sesuai dengan kebutuhan user dan perusahaan. 

Hal ini memberikan kontrol penuh pada pemilik hybrid cloud untuk memaksimalkan keuntungan yang ditawarkan. Anda dapat melakukan pengaturan ulang kapan saja dibutuhkan. Dengan fleksibilitas yang tinggi seperti ini, tentu akan memudahkan perusahaan Anda untuk mengontrol kelancaran proses kerja yang sedang berlangsung.

Efisiensi Biaya

Keuntungan yang ditawarkan oleh hybrid cloud membuat banyak orang menduga-duga banyaknya modal yang harus dikeluarkan. Banyak diantaranya yang mengira hybrid cloud sangat mahal dan akan merepotkan dalam integrasinya.

Padahal, dengan Anda menggunakan layanan hybrid cloud Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai banyak hal seperti kualitas server, data center, maupun hardware yang dipakai. Semua fasilitas tersebut dapat Anda dapatkan dari penyedia layanan hybrid cloud.

Terlebih lagi, penyedia layanan hybrid cloud mempunyai tim solid yang terdiri dari experts dalam bidang cloud. Mereka akan memberikan pelayanan yang sesuai dengan standard kompliansi seperti ISO27001, SOC2, PCI DSS dan lain sebagainya untuk memastikan bahwa cloud dapat diimplementasikan dengan aman.

Jika dibandingkan hanya menggunakan private atau public cloud saja, hybrid cloud tentu butuh lebih banyak biaya. Namun, dengan banyaknya manfaat yang dapat diterima maka harga tersebut terbilang murah dibandingkan harus mengelola, dan menyediakan segala tools sendiri.

Mulai tertarik mengikuti tren pasar untuk menggunakan hybrid cloud? Perhatikan beberapa hal dibawah ini sebelum memilih layanan penyedia hybrid cloud.

Tips Memilih Hybrid Cloud Provider

Penggunaan hybrid cloud memang dapat sangat menguntungkan perusahaan Anda. Namun, keuntungan tersebut dapat Anda dapatkan dengan maksimal jika Anda memilih layanan penyedia hybrid cloud yang tepat.

Berikut beberapa hal yang wajib Anda perhatikan sebelum memilih layanan hybrid cloud.

Performa Server & Bandwidth

Fungsi utama penggunaan cloud adalah untuk mempercepat proses bekerja terutama saat maraknya dilakukan WFH atau remote working. Salah satu hal yag mendukung terjadinya kecepatan tersebut adalah server dengan performa baik dan bandwidth yang cukup besar.

Untuk itu, pastikan penyedia layanan hybrid cloud Anda mempunyai riwayat performa server yang tinggi dan menawarkan bandwidth yang cukup besar. Dengan begitu, Anda dapat melakukan pekerjaan Anda dengan lancar tanpa adanya delay dalam berkomunikasi maupun pertukaran data.

Planning

Sebelum mengimplementasikan hybrid cloud, sangat penting untuk membuat planning matang agar semua dapat terlaksana dengan tepat dan sesuai goal. Karenanya, memilih hybrid cloud provider yang menyediakan layanan planning akan sangat membantu Anda untuk menentukan setiap step dengan matang.

Beberapa hybrid cloud provider menyediakan fasilitas planning kepada cutomersnya. Anda dapat mengkonsultasikan keadaan riil perusahaan Anda dan apa yang akan dicapai dengan penerapannya. Dari sana, tim cloud provider akan membantu untuk membuatkan design arsitektur yang sesuai dengan keadaan dan tujuan perusahaan Anda.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir tentang kemungkinan terjadinya ketidaksesuaian dalam pengimplementasian cloud.

Dapat Diandalkan

Hybrid cloud terkenal dengan arsitektur infrastrukturnya yang kompleks. Jika perusahaan Anda tidak memiliki tim expert terkait cloud, maka Anda akan kerepotan jika menemukan masalah dalam pengimplementasian cloud serta migrasinya. Anda memerlukan orang yang paham dan berpengalaman mengenai infrastruktur berbagai macam jenis cloud.  

Dalam operasionalnya hybrid cloud memerlukan tim teknis yang dapat siap siaga secara 24 jam, karena dengan fokus lebih dari satu lokasi infrastruktur memerlukan koordinasi dan pengalaman yang tinggi dalam menjamin ketersediaan aksesnya. 

Menyediakan fasilitas berupa support merupakan hal yang sangat umum diantara cloud provider. Namun, tidak semua fasilitas support memiliki kuwalitas yang sama. Beberapa cloud provider hanya menyiapkan chat bot di jam-jam tertentu. Di mana seperti yang kita tahu chat bot tidak bisa membantu banyak terutama pada situasi genting.

Dengan mengimplementasikan hybrid cloud, maka kualitas tenaga ahli support sangat menjadi penentu keberhasilan operasional baik dari segi maintenance operational, model keamanan, sensitivitas perubahan dan pengembangan, serta optimasi performa dengan aplikasi dan software yang di host didalamnya.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan hybrid cloud diprediksi akan semakin meningkat di tahun 2021. Solusi yang diberikan hybrid cloud pada perusahaan dianggap sebagai solusi yang paling dibutuhkan di tahun 2021 ini seperti mendukung remote working, fleksibilitas dalam pemilihan fungsi privat atau publik cloud, dan efisiensi biaya.

Jika Anda mempunyai pertanyaan lebih lanjut terkait hybrid cloud, Anda dapat langsung menghubungi tim kami di sini.


0 komentar: