Tips memilih dan membeli nama domain

Pada bahasan sebelumnya, telah dibahas pengertian domain dan hosting dan pentingnya kedua komponen tersebut untuk keberadaan suatu website agar dapat diakses oleh public via internet. Selain merupakan komponen utama dalam keberadaan website, nama domain memiliki pengaruh besar bagi website untuk unjuk gigi pada hasil pencarian search engine. Memilih nama domain yang SEO Friendly merupakan awal dari kesuksesan website yang kita bangun. Untuk mendapatkannya, berikut ada beberapa tips yang pantas untuk disimak :

  • Pilih domain yang mudah diucapkan, dimengerti, dan diingat. Terkadang anda mesti memberitahu seseorang secara verbal nama domain anda, mungkin lewat telepon atau radio. Dan nama domain yang samar-samar mirip bisa membingungkan bagi pendengar.
  • Hindari penggunaan tanda ‘dashes’ atau ‘minus’, selama komunikasi tertulis ini tidak menjadi masalah tetapi ketika dalam komunikasi verbal ini akan sangat menyulitkan.
  • Perhitungkan cara lafal dan kemungkinan mistype dari target pengunjung website anda, www.equipmentlock.com mungkin menjadi kurang tepat jika target market adalah orang indonesia.
  • Jangan lebih dari tiga (3) kata. misal : www.tokokomputerstylekita.com atau www.stylekitakomputeronline.com akan menjadi susah di ucap dan diingat bukan?
  • Sebaiknya nama yang dipilih berkaitan dengan isi dari website anda, semisal anda berjualan produk sandal, maka website anda bisa berbunyi demikian, sandalunik.com. ini merupakan nilai tambah bagi anda untuk mempromosikan situs anda dikalangan orang lain, samak seperti misal stylehosting.com merupakan website penyedia jasa hosting, domain, dsb.
  • Gunakan extensi .com (.net jika site adalah site yang mengarah pada pembentukan komunitas) tidak peduli seberapa bagus domain .net .biz .in .us untuk e-commerce tetap temukan .com, karena .com merupakan yang paling populer.

Kemudian, untuk membeli nama domain, berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  • Domain Manager, Apabila membeli nama domain pastikan pada penyedia jasa domain tersebut bahwa mereka juga menyediakan Domain Manager untuk customer mereka. Domain Manager secara tidak langsung menunjukkan kepemilikan anda dan berbagai hak akses anda terhadap domain yang telah anda beli. Sebuah domain manager yang baik, minimal memberikan hak akses berikut:

* Mengubah Name Server

* mengetahui EPP key

* melakukan Move Service

* mengganti detil akun

Pastikan fitur-fitur diatas terpenuhi karena sangatlah berpengaruh pada lifetime domain anda kedepannya. Semisal EPP key dan Move Service. Fitur ini adalah salah satu persyaratan wajib untuk melakukan pemindahan domain ke provider lain. Tentu anda ingin menempatkan domain anda pada provider terbaik kan ?

Setelah mendapat email domain aktif, segera login ke domain manager anda. Jika login berhasil dan keseluruhan fitur diatas tersedia, artinya domain tersebut telah menjadi milik anda sepenuhnya. Pastikan anda mendapat hak akses penuh terhadap domain anda dengan Domain Manager!

  • Fasilitas yang disediakan oleh penyedia jasa domain. Pastikan mereka menyediakan fasilitas-fasilitas yang kedepannya menunjang jalannya domain yang anda beli. Beberapa fasilitas yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Free DNS bagi anda yang ingin mengaktivasi fitur mail server Google Apps, mengarahkan domain ke blogspot anda, atau mengarahkan domain ke IP server pribadi anda.
  2. Free Domain Forwarding bagi anda yang bermaksud untuk melakukan pengarahan domain ke blog wordpress, dan situs-situs lain.
  3. Free Email Forwarding bagi anda yang bermaksud untuk melakukan masking terhadap akun email yahoo, hotmail atau gmail anda ke akun email custom domain-anda.com
  4. Privacy Protection, fitur ini berfungsi untuk menyembunyikan detil identitas anda di situs pencarian semacam who.is

Defaultnya suatu domain manager yang lengkap telah include keseluruhan fasilitas diatas.

Buruuuan…daftarkan nama domain perusahaan atau nama domain bidang bisnis Anda. Jangan sampai keburu dimiliki orang lain. Jika domain yang anda pilih sudah terdaftar, Anda bisa mencoba menghubungi pemilik, siapa tahu domain tersebut bisa dibeli. Namun biasanya harganya lebih mahal,lebih baik temukan nama yang lain jika pemilik meminta lebih mahal dan kelewatan. Atau lebih baik lagi jika anda memesan domain lebih awal dan belum keburu diambil orang. Ketersediaan nama domain bisa dilihat melalui www.StyleHosting.com atau site domain registar lainnya.

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack