Apa itu cPanel ?

cPanel merupakan salah satu aplikasi control panel yang umum digunakan untuk pengaturan web hosting. Atau ada yang berpendapat, cPanel merupakan serangkaian menu pada hosting yang digunakan untuk mengatur segala aktivitas utama untuk meng-onlinekan website. cPanel ini berbasis web, sehinga tampilannya user friendly. Berbeda dengan server/vps tanpa cPanel/tanpa menggunakan interface management lainnya, tentu menggunakan cPanel akan lebih mudah. Dengan adanya cPanel ini, kita sebagai owner website/ web administrator sangat diuntungkan. Karena kita akan lebih mudah dalam menjalankan fungsi-fungsi yang diperlukan untuk managemen website.

Fungsi Cpanel antara lain untuk pengaturan domain (meliputi addon domain, sub-domain, parked domain dll), pengaturan file-file website (upload, edit, delete dsb),pengaturan email accounts, monitoring pengunjung website, error logging, monitoring penggunaan space, pengaturan database, dan masih banyak lagi fungsi-fungsi dari cPabel. Pada intinya, cPanel ini adalah suatu halaman website “pribadi” yang digunakan untuk mengatur segalanya, berkenaan dengan website kita.

Siapa saja yang bisa mengakses cPanel? Biasanya setiap orang yang memiliki/menyewa webHosting, mereka memiliki akses cPanel, karena sebagian besar provider hosting menggunakan cPanel untuk customer mereka. Alasannya ya user interface yang friendly untuk digunakan customer mereka. Sebenarnya cPanel bukan satu-satunya user interface untuk pengaturan hosting, namun di Indonesia yang umum digunakan dan dikenal oleh pengguna hosting adalah cPanel.

Begitu juga dengan StyleHosting, salah satu provider hosting Indonesia ini juga menyediakan cPanel untuk managemen web hosting customer mereka. Jika ada pelanggan yang menggunakan jasa StyleHosting, pelanggan akan di kasih info login untuk mengakses cPanel. Agar setiap customer merasakan kenyamanan dan kemudahan dalam mengatur website yang mereka miliki.

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack