Blog Wowrack

Turnkey Linux : Membangun Virtual Server Dalam Hitungan Menit

Yosia     24 July 2012     Blog Teknikal     0 Comments

Virtualisasi dan Cloud Computing adalah kata yang sedang populer saat ini di dunia IT, dan bukan hanya karena sedang tren, tapi karena Virtualisasi dan Cloud Computing membuat banyak hal menjadi lebih mudah, dan murah.

Untuk pengguna rumahan, virtualisasi umumnya digunakan untuk mencoba distro-distro Linux terbaru tanpa harus mengganggu sistem operasi utama yang dipakai.

Di kalangan perusahaan kecil dan menengah, virtualisasi sangat berguna untuk menjalankan software-software lama yang seharusnya tidak bisa berjalan di komputer masa kini. Punya software akunting berbasis DOS tapi ingin dijalankan di komputer berbasis Windows 7? Gunakan Dosbox untuk mem-virtualisasi DOS di Windows.

Tapi, kekuatan utama Virtualisasi tentu saja di bidang server dan hosting. Sebelum adanya virtualisasi, solusi untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan sebuah server sangat terbatas. Untuk membeli sebuah server dan koneksi internet yang dibutuhkan tentu tidak murah, hanya perusahaan-perusahaan besar yang sanggup memiliki server sendiri. Untuk perusahaan kelas menengah, mereka bisa menyewa Dedicated Server. Tapi untuk perusahaan kecil dan pribadi, pilihan yang tersedia hanya web hosting. Virtualisasi lewat VPS ( irtual Private Server) memberikan solusi bagi konsumen yang membutuhkan fleksibilitas dan security yang lebih baik dari web hosting tapi dengan biaya yang lebih terjangkau daripada menyewa Dedicated Server.

Dengan VPS, kita bisa menginstall sistem operasi yang kita inginkan dan software-software yang kita inginkan seolah-olah kita memiliki server sendiri. Umumnya, VPS provider menyediakan sistem operasi Windows atau Linux. Untuk Linux, distro yang biasanya digunakan adalah distro populer seperti Ubuntu atau CentOS. Proses membangun server dimulai dari memilih sistem operasi yang kita inginkan. Sesudah menginstall sistem operasi yang kita inginkan, tahap berikutnya tentu saja menginstall software-software tambahan sesuai dengan fungsi server yang kita inginkan. Jika kita ingin menjalankan server LAMP misalnya, tentu saja kita harus menginstall Apache, MySQL dan PHP. Sesudah semua komponen tambahan terinstall, tahap berikutnya tentu saja mengkonfigurasi server sesuai keinginan kita.

Proses di atas selain membutuhkan waktu, juga belum tentu terbebas dari masalah. Terkadang, setelah semua komponen diinstall, server tidak berjalan dengan semestinya karena kesalahan konfigurasi yang tentu saja harus ditelusuri lagi semua settingan yang ada untuk mengetahui dimana letak kesalahannya.

Bagaimana jika seandainya ada solusi dimana kita cukup hanya menginstall sistem operasi dan hanya dalam beberapa menit server langsung berjalan tanpa harus melalui proses menginstall komponen tambahan dan konfigurasi komponen? Turnkey Linux adalah salah satu distro linux yang dikembangkan untuk mengatasi masalah ini. Berbasis Ubuntu, Turnkey Linux mempunyai perbedaan yang sangat mendasar dengan Ubuntu. Jika Ubuntu bersifat umum maka Turnkey Linux sangat spesifik. Turnkey Linux mempunyai lebih dari 40 macam variasi yang mana setiap variasi itu mendukung secara spesifik untuk 1 fungsi server.

Berdasarkan contoh sebelumnya, jika kita ingin membangun server LAMP, kita harus menginstall Ubuntu terlebih dulu kemudian menginstall Apache,MySQL dan PHP. Pada Turnkey Linux, yang dibutuhkan hanya Turnkey LAMP. Semua komponen LAMP sudah diintegrasikan ke dalam Turnkey LAMP, cukup hanya sekali install dan server langsung berfungsi.

Ingin membuat file server, tinggal pilih Turnkey File Server, Samba sudah terinstall dan terkonfigurasi.

Ingin membuat online learning, pilh Turnkey Moodle. Install dan langsung pakai.

Perlu email server, ada Turnkey Zimbra.

Tentu saja, Turnkey WordPress pun tersedia.

Tinggal pilih fungsi server yang kita inginkan, download image VM atau ISO, install dan tanpa perlu repot menginstall komponen tambahan dan konfigurasi, server langsung berjalan.

Bagi pengguna rumahan, Turnkey Linux punya beberapa fungsi yang menarik. Cukup dengan komputer pentium 4 yang selama ini berdebu di gudang, kita bisa mempunyai Network Attached Storage yang handal. Caranya? Cukup download dan install Turnkey File Server.

Suka menonton film seri? Gunakan Turnkey Torrent Server untuk mendownload torrent secara otomatis dan hubungkan dengan HDTV.

VPS membuat segalanya mudah, Turnkey menjadikannya sangat mudah.

Blog Wowrack Indonesia

Tinggalkan komentar



Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Bisnis Anda
Logo Wowrack Horizontal breathing space-02
Surabaya (Kantor Pusat)
Jl. Genteng Kali No. 8, Kel. Genteng,
Surabaya, Jawa Timur 60275
Indonesia

Jakarta (Kantor Penjualan)
Menara BCA Lt. 50 Unit 4546,
Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310
Indonesia

© 2024 Wowrack dan afiliasinya. Hak cipta dilindungi undang-undang.