Monday, October 6, 2014

Apache Hadoop Dan Big Data Untuk Retail



Big Data Management atau BDM sudah pernah kita bahas sebelumnya. Dan untuk kesempatan kali ini bagaimana jika Big Data dikolaborasikan dengan Apache Hadoop. Mungkin, sebelumnya Anda tidak pernah memiliki pemikirfan untuk mencoba melakukan dua hal ini dalam satu tempat.

Setelah Anda mencoba untuk melakukan kedua system yang berbeda ini menjadi satu, maka manfaat besar akan Anda dapatkan. Lalu, apa saja? Berikut adalah manfaat Big Data dan Apache Hadoop untuk retail.

1. Komprehensif View.
Ada banyak retailer yang  bertransaksi dengan pelanggan baik melalui social media, toko online dan lain sebagainya) tapi, perilaku pelanggan hampir tidak terduga sepenuhnya. Dengan Hadoop yang mampu menyimpan dan mengkorelasikan data transaksi dan perilaku browsing memungkinkan retailer mengidentifikasi fase siklus pelanggan.

2. Personalisai dan lokasi promosi
Hadoop adalah platform yang dapat menggabungkan history penyimpanan dan data real time. Dengan demikian retailer dapat melokalisasi dan personalisasi target promosi mereka. Dengan cara menentukan letak geografis riawayat browsing pelanggan.

3. Optimasi Website
Dengan kemampuannya, Hadoop dapat mengoptimalkan penyimpanan website Anda. Bahkan, hadoop dapat menyimpan semua log pada website dan data yang ada selama bertahun-tahun. Dengan demikian, anda bisa melakukan A/B testing untuk mengukur apa yang diinginkan oleh pelanggan Anda.



Author:

0 komentar: