Private Cloud: Its Cloud, Just Private

Halo WowFriends, kita sudah masuk di bulan baru, dengan semangat baru, dan tantangan yang baru tentunya. Pada bulan ini kita akan membahas mengenai Private Cloud, sebuah pengembangan lagi dari teknologi cloud yang mungkin sangat cocok bagi bisnis anda. Pada artikel pertama di bulan ini, saya mau sedikit berbagi tentang apa sih sebeneranya Private Cloud itu yang siapa tahu, ini adalah solusi yang anda cari untuk perusahaan anda.

Sebelum kita mulai mengenai Private Cloud, ada baiknya kalau kita sedikit mengulang tentang apa sebenarnya Cloud Computing itu. Meng-quote ulang dari apa yang pernah di utarakan dalam blog post kita berjudul “Apa itu Cloud Computing” beberapa waktu yang lalu, “Cloud computing adalah sebuah ungkapan yang memiliki arti perkata Cloud (Awan) dalam hal ini yang dimaksud adalah Internet, Computing (Komputasi). Dan untuk pengertian yang sebenarnya dari cloud computing adalah gabungan dari kedua kata tersebut, yaitu proses komputerisasi yang terjadi di dalam internet”. Komputasi cloud adalah suatu hal yang sangat marak di bahas sekarang ini di Indonesia, bukan hal baru di negara barat, tapi merupakan sesuatu yang baru saja kita kembangkan lebih jauh di Indonesia. Saat ini sudah banyak sekali penyedia layanan Cloud yang ternama, sebut saja AWS, HostGator, dan lainnya. Tentunya, Wowrack Indonesia juga salah satu penyedia layanan Cloud yang ada di Indonesia.

Nah berangkat ke topik bulan ini, apa sih sebenarnya Private Cloud itu? Pada akhirnya, sebuah cloud system adalah sebuah network besar yang dibentuk dari sejumlah server, yang dimana network ini dapat digunakan khayalak ramai dengan biaya tertentu pastinya. Hal yang membedakan sebuah Private Cloud dengan Public Cloud adalah dari privasi penggunaan network. Kalau network yang dibentuk oleh Public Cloud ini digunakan oleh banyak instansi, network yang dibentuk oleh Private Cloud ini didedikasikan untuk satu instansi saja. Mungkin beberapa dari WowFriends bertanya, lalu apa bedanya? Kenapa kita butuh network itu menjadi Private? Apakah harga yang lebih mahal untuk sebuah sistem Private Cloud itu worth the money? Jawabannya adalah ya. Mengapa? Karena Private Cloud itu ibarat penggabungan dari teknologi cloud dengan dedicated server, pengguna dapat memiliki keuntungan dari kedua belah sisi, baik dari cloud maupun dedicated server. Kalau dari sisi dedicated itu dikarenakan kapasitas yang disediakan akan 100% milik instansi yang menggunakannya; maka pengguna juga tidak perlu khawatir adanya kebocoran data karena seluruh network hanya akan digunakan oleh satu instansi. Sedangkan dari sisi cloud, pengguna juga dapat dengan mudah dan cepat memperbesar/memperkecil kapasitas yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan, menarik bukan? Pada dasarnya Private Cloud adalah sebuah sekumpulan server yang membentuk satu network yang didedikasikan untuk satu instansi saja. Tentunya selain privasi, redundancy atau ketahanan menjadi salah satu yang paling menarik dari Private Cloud. Dengan keberadaan sejumlah server yang selalu on-standby, pengguna tidak lagi perlu khawatir akan kegagalan server yang mengakibatkan website atau datanya tidak dapat di akses karena setiap server tersebut memiliki kapasitas dan data yang sama dan siap diakses kapan saja. Ketika satu server bermasalah, sistem Private Cloud akan langsung mengakses server lain yang tersedia dan pengguna dapat melanjutkan aktivitas seperti biasa, mudah, praktis, dan efisien.

Kalau mau dibicarakan lebih lanjut, ada banyak sekali yang dapat dibahas mengenai Private Cloud ini, dan kita janji akan memberikan ulasan-ulasan menarik mengenai Private Cloud buat WowFriends semua. Penasaran untuk tahu lebih lanjur mengenai Private Cloud? Subscribe dan ikutin terus blog Wowrack untuk tahu lebih lanjut ya. Selamat beraktivitas WowFriends!

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack