Thursday, November 27, 2014

Brand Besar Tidak Memiliki Website, Sama Dengan Brand Medioker?

Img: Wowrack
Surabaya (Wowrack)
Dunia digital saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi seluruh manusia. Internet di Indonesia saat ini terus berkembang. Hampir seluruh penjuru negeri ini bisa mengakses internet. Meski dalam praktiknya kecepatan Internet di Indonesia yang cukup lambat, tapi pemilihan hosting yang terpercaya akan sedikit mengurangi lambatnya akses internet.

Banyak dikalangan pengusaha merasa cukup dengan penjualan secara offline. Namun, percaya atau tidak, sebuah perusahaan besar yang tidak memiliki website, bisa dibilang perusahaan itu enggan untuk lebih maju. Semakin baik infrastruktur dalam dunia maya yang dibangun di Indonesia, akan sangat disayangkan apabila perusahaan tidak memanfaatkan infrastruktur tersebut.

Banyak dari pengusaha di Indonesia yang tidak tahu apa itu Cloud, padahal di negara maju, perusahaan sudah lebih mengandalkan Cloud daripada penggunaan system IT tradisional. Bukan untuk merendahkan sebuah perusahaan, tapi banyak yang beranggapan sebuah Brand besar yang tidak memiliki website sama dengan tidak memiliki Brand. Kenapa demikian?

Ada banyak hal yang bisa di petik dari kata-kata tersebut. Sebuah Brand yang bagus bisa dilihat dari bagaimana perusahaan menyediakan website yang mudah diakses. Jika di ibaratkan sebuah Toko, Website sebenarnya menjadi sebuah toko yang bisa membawa Brand Anda dikenal seluruh rakyat Indonesia atau bahkan menjadikan Brand Anda dikenal oleh Negara lain.

Ada banyak contoh lain yang bisa diambil dan menjadi pembeda antara Brand yang benar-benar ingin menjadi lebih berkembang dengan Brand yang tidak ingin lebih dikenal. Jika Anda mengikuti perkembangan sebuah Internet, maka Anda mungkin akan menyesal apabila hingga detik ini tidak memiliki sebuah Website.

Kesempatan besar dalam membangun image prusahaan bisa dimulai dari sekarang. Mari sejenak kita renungkan. Bagaimana orang melihat iklan Anda di dunia nyata dengan dunia Internet. Sedikit kita jadikan contoh adalah perusahaan keripik asal Bandung yang sukses menjadi Brand besar hanya dengan bermodalkan Website dan Internet. Jika Anda tahu, produk keripik tersebut sebenarnya tidak memiliki Brand. Atau bahkan tidak dikenal diluar Bandung, namun karena penggunaan Internet, seluruh Indonesia tahu bahwa keripik tersebut selain memiliki rasa dan kualitas yang bagus, juga bisa di kirim ke seluruh Indonesia.

Bagaimana bila perusahaan Anda dengan Brand yang Anda usung sebenarnya memiliki kesempatan seperti itu? Apakah Anda tidak menyesal terus jalan ditempat mengandalkan pemasaran secara offline yang membutuhkan biaya sangat-sangat besar? Dalam praktiknya, Pemasaran melalui Internet dengan menggunakan website akan sangat menekan biaya pengeluaran untuk iklan.

Website, akan menjadi sebuah media iklan yang sangat murah, Contohnya saja pemasangan iklan di Facebook yang bisa di atur hanya dengan Rp50.000,- per satu hari. Atau dengan menggunakan Google Ads yang memiliki peluang lebih besar untuk memasarkan Brand Anda.

Anda mungkin hanya membutuhkan biaya tidak lebih dari Rp20.000.000,- untuk modal awal membangun sebuah website dan mempercayakan infrastruktur kepada penyedia jasa hosting seperti Wowrack Indonesia. Sedikit estimasi jika Anda ingin memulai membangun Website. Untuk Desain Anda mungkin bisa menafsirkan dana sebesar 2 – 4 juta per design. Dan membutuhkan biaya sekitar 5 – 10 juta untuk membuat website. Dan Dedicated Server di Wowrack Indonesia yang mulai dengan harga Rp1.000.000 per bulan. Jika di ambil dengan nominal tertinggi, maka estimasi hanya sekitar Rp15.000.000,- dan budget sekitar Rp5.000.000 yang bisa Anda manfaatkan untuk memasang iklan di facebook yang memiliki ratusan juta pengguna.

Sangat efisien bukan? Jadi, apakah Anda sudah siap mengembangkan Brand Anda lebih baik lagi? Atau hanya akan diam melihat Brand pesaing Anda yang sudah siap dengan website mereka tumbuh lebih cepat daripada Brand Anda?.

Author:

0 komentar: