Blog Wowrack

Bagaimana Mencegah Kehilangan Data di Cloud Storage?

Yosia     13 March 2015     Infrastruktur Cloud / Pencadangan & Pemulihan Data     0 Comments

Surabaya (Wowrack) - Cloud Storage menawarkan data yang aman dan mudah di akses kapanpun dan dimanapun selama masih bisa mengakses internet. Namun, penggunaan Cloud Storage juga tidak menutup kemungkinan data yang Anda miliki akan hilang. Hal ini terjadi karena banyak faktor, misalnya karena peretasan, system error ataupun akibat human error.

Sedangkan semua ancaman terhadap Cloud tidak bisa ditebak dan bahkan ada yang terjadi tiba-tiba. Nah, kali ini Wowrack akan memberikan tips bagaimana mencegah agar data Anda yang berada di Cloud tidak hilang. Berikut langkah-langkahnya:

1. Menggunakan password yang unik
Cloud Storage membutuhkan akun untuk bisa mengakses data yang Anda simpan, untuk itu buatlah password yang unik dan yang tidak mudah di tebak oleh orang lain. Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah tipe password yang Anda gunakan harus berbeda dengan tiap-tiap akun. Jika Anda membuat password yang sama dengan akun-akun lainnya, maka bersiaplah menerima resiko kehilangan semua akses yang Anda di Internet.

2. Jika tersedia, aktifkan  Two-Factor Authentication
Provider Cloud juga mengetahui bagaimana agar data Anda aman. Dengan  two-factor authentication semua akses Anda akan dikirmkan melalui Smartphone atau tablet Anda. Sistem ini berbasic aplikasi baik iOS ataupun Android. Ketika Anda mengaktifkan layanan ini, maka setiap Anda login, maka Andaakan diminta memasukan kode yang dikirmkan melalui aplikasi  two-factor authentication di smartphone / tablet Anda.

3. Encrypt File Sebelum Di Upload
Anda akan menyimpan data penting di Cloud? Pastikan file yang akan Anda upload sudah di enkripsi terlebih dahulu. Bagaimana cara mengenkripsi file? Anda bisa menggunakan Boxcrypt yang bisa Anda gunakan secara gratis untuk versi standart. Atau Anda bisa menanyakan kepada provider apakah layanan yang mereka tawarkan sudah termasuk Encryp file yang dimiliki oleh seluruh cliennya.

4. Backup Di Provider/Tempat lain.
Sistem Clodu sama dengan harddisk Anda. Jadi, agar file ang Anda simpan tidak hilang, Anda bisa membackup ke tempat lain. Tujuannya adalah, ketika kita melakukan kesalah misal kesalah hapus file atau hal lainnya kita masih memilki data yang sama

5. Jangan mudah melakukan otentikasi dengan pihak ketiga.
Hindari share data dengan pihak ketiga, pastikan jika akun Anda terhubung dengan pihak ketiga memiliki keamanan yang mumpuni. Namun, sebaiknya Anda harus pandai memilih. Ada beberapa aplikasi yang nakal, dan itu berbahaya apabila ada proram jahat yang di selipkan. (Ulum/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Tinggalkan komentar



Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Bisnis Anda
Logo Wowrack Horizontal breathing space-02
Surabaya (Kantor Pusat)
Jl. Genteng Kali No. 8, Kel. Genteng,
Surabaya, Jawa Timur 60275
Indonesia

Jakarta (Kantor Penjualan)
Menara BCA Lt. 50 Unit 4546,
Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310
Indonesia

© 2024 Wowrack dan afiliasinya. Hak cipta dilindungi undang-undang.