Monday, April 6, 2015

Pertimbangan Kinerja Pada Bare Metal Cloud

Img: Wowrack
Surabaya (Wowrack)
- Terkadang banyak dari kita yang takut untuk mencoba teknologi terbaru untuk bisnis, experiment, atau research. Sehingga, ketika pesaing-pesaing sudah menunjukan perkembangan signifikan, kita terlambat untuk ikut mencoba teknologi terbaru tersebut guna menunjang inovatif usaha kita. Begitu halnya pula dalam pemilihan Server, banyak yang takut untuk berpindah menggunakan teknologi terbaru karena takut akan resiko rusaknya data, waktu yang memakan banyak biaya dan tenaga, atau hal-hal lain yang merugikan bisnis dan ancaman downtime server.

Dalam kesempatan ini, Wowrack akan memberikan informasi tentang produk terbaru yang Wow Technology tawarkan untuk WowFriends yaitu Bare Metal Clouds by Virpus Indonesia. Sebelumnya Wowrack sudah memberikan penjelasan tentang apa itu Bare Metal Cloud yang bisa WowFriends Cek disini.

Berdasarkan artikel sebelumnya bagaimana manfaat Bare Metal bagi anda. Banyak sekali keuntungan yang akan WowFriends bisa manfaatkan ketika menggunakan Bare Metal sebgai alternative. Namun sebagai kalangan IT, rasanya belum lengkap kalau Anda belum melakukan pertimbangan terhadap performa dan kinerja suatu device atau technology dari Bare Metal ini.

Apa saja sih manfaat dan kinerja Bare Metal ini? Jika dilihat dari segi Deterministic Performance pada Bare metal, Anda akan memiliki keleluasaan dalam mengolah server maupun data. Hal ini tidak lepas karena Bare Metal memiliki sifat selayaknya Dedicated Server pada umumnya. Jadi, Anda bisa mengolah data dan menggunakan Server sesuka hati Anda tanpa takut ada benturan masalah dari pengguna lainnya (noisy neighbor) – hal ini sering kita dengar dan lihat dengan istilah lain single-tenant environment. Tujuannya adalah  keamanan dan keleluasaan layaknya Pure Dedicated Server, contoh penerapannya adalah apabila suatu perusahaan membutuhkan Server test untuk backup, DRC – kebutuhan akan keamanan dan fleksibilitas.
Berikutnya adalah Tingkat Latency yang sangat rendah membuat kinerja server semakin cepat. Latency pada Bare Metal adalah faktor dimana Bare Metal Cloud untuk menawarkan alternative yang berbeda. Hal ini dimotori oleh ringannya kebutuhan untuk akses Bare Metal Cloud dan architecturenya dibanding dengan Pure Dedicated Server.

Dalam kondisi yang tepat, Single Bare Metal bisa memproses kinerja lebih banyak daripada kinerja VPS. Bahkan ketika memiliki agregat yang sama (normal).

Namun, pertanyaannya adalah kenapa menggunakan Bare Metal jika sudah menjalankan semua pekerjaan dengan menggunakan Dedicated Server Fisik? Pada dasarnya, Bare Metal mendorong beban kinerja Virtual Cloud yang dalam hal ini didominasi oleh 2 faktor yaitu Agility dan Network Data Locality.

Lalu, apa yang dimaksud dengan beban kinerja? Seperti yang sudah Anda ketahui, dalam hal ini beban kinerja bukan hanya dalam bentuk traffic. Namun aktivitas-aktivitas lain yang terjadi dalam server Anda. Sebagai contoh adalah seberapa sering transaksi yang terjadi. Seberapa sering server Anda memvalidasi kartu kredit, atau aktivitas-aktivitas tinggi lainnya yang terjadi dalam website Anda.

Dan satu hal dalam kelebihan Bare Metal adalah Teknologi Cloudnya yang bisa diupgrade dan downgrade dengan mudah, karena pada dasarnya Bare Metal Server sudah disetting dalam wujud Virtual Machine, sehingga keindahan dalam restore dan migrasi data dapat dilakukan dengan teknik on the fly. Tanpa perlu install ulang OS tanpa perlu downtime.

Dengan dasar Cloud, Bare Metal akan menjaga konsistensi Server Anda baik dalam sistem backup ataupun recovery data yang sangat cepat. Masih ingat dengan Disaster Recovery Plan? Tentu hal ini adalah salah satu kebutuhan untuk Anda dan juga menjadi salah satu kebutuhan untuk bisnis Anda.

Jadi,Apakah Anda sudah siap untuk mencoba menggunakan Bare Metal? Rasakan bedanya, Keistimewaan single-tenant environment dan juga kecanggihan cloud dalam satu solusi! WowFriends siap kah anda untuk mencoba kecanggihan Bare Metal Server Technology? Cek sekarang juga pada www.virpus.id
(Ulum/wwrk)

Author:

0 komentar: