Perkuat Personal Branding Melalui Media Sosial

Bisnis dibangun berdasarkan kepercayaan yang
didasari oleh banyak hal, salah satunya adalah terkait personal branding sang
pemilik bisnis itu sendiri. Membangun personal branding dan menumbuhkan
personal branding tersebut akan menambah kepercayaan pelanggan tidak hanya
citra diri yang semakin baik, namun jaringan dan keuntungan bisnis anda pun
akan meningkat secara tajam. 

Di era saat ini, media sosial menjadi sebuah
fenomena yang tidak bisa disepelekan atau dianggap biasa karena keberadaanya
yang lekat dengan diri kita saat ini. Menggunakan media sosial saat ini menjadi
jejak digital individu yang bisa menentukan banyak hal di masa depannya nanti.
Maka penting sekali merawat personal branding bagi setiap individu di media sosial.
Reputasi bisnis yang anda bangun dipengaruhi
juga oleh personal branding di media sosial. Semakin baik
personal branding akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terkait brand
bisnis. Sebuah penelitian oleh Weber Shandwick menunjukkan bahwa 77% reputasi
CEO menentukan karyawan yang ingin bekerja di perusahaan tersebut. Hal ini bisa
diasumsikan bahwa dari personal branding memiliki pengaruh yang kuat terhadap
apa yang mereka kerjakan dan bagaimana seseorang percaya dengan anda. Sedangkan
media sosial memiliki peranan penting dalam membangun personal branding
seseorang di era saat ini. Lalu bagaimana media sosial membantu memperkuat
personal branding anda? Atau bagaimana anda membangun personal branding anda di
media sosial?
Personal
Branding
Personal branding adalah proses memasarkan
diri dan karier melalui suatu citra yang dibentuk untuk khalayak umum. Citra ini
kemudian dapat dipresentasikan lewat berbagai jalur, seperti media sosial,
blog, situs web pribadi, hingga perilaku di depan umum. Layaknya produk atau
jasa, brand personal memberikan gambaran tentang pengalaman yang akan didapat
konsumen ketika berinteraksi dengan pemilik brand.
Brand personal seperti hal lain di dunia, juga
memiliki dua sisi yang berkebalikan seperti 2 sisi koin. Ketika pribadi
seseorang diasosiasikan dengan suatu produk/perusahaan, maka citra baik dan
buruk perusahaan akan turut meningkat seiring semakin dikenalnya pribadi
tersebut. Sebagai contoh, sebagai pengguna teknologi dan pengguna media sosial,
tentu anda mengenal sosok Steve Jobs selalu dikaitkan dengan keberhasilan
Apple, atau sosok Wishnutama yang akhir -akhir ini sukses menyuguhkan upacara
pembukaan dan penutupan Asian Games  2018
yang historik dan megah. personal brandingnya meningkat karena banyak yang
memuji kehebatannya di media sosial hingga semua orang tidak akan pernah ragu
membeli tiket untuk menonton setiap pertunjukan yang ia arahkan. Sisi yang
lain, brand yang gagal akan membuat pendiri brand tersebut selalu disangkutkan
dengan kegagalan brand tersebut. Contohnya adalah sosok Keiji Inafune yang akan
selalu dikaitkan dengan kegagalan Comcept sebuah perusahaan pengembang video
game asal Jepang.


Media
Sosial untuk Personal Branding
Setelah mengetahui pentingnya personal
branding dan peran media sosial saat ini, berikut adalah beberapa kiat untuk
anda tentang bagaimana anda membangun brand yang baik bagi diri anda di media
sosial:

Tentukan ingin dikenal
seperti apa
Hal penting dan mendasar sebelum anda
membangun sebuah brand adalah menentukan ingin seperti apa anda dikenal
nantinya dan mencari hubungan yang tepat tentang bisnis anda. Semakin unik dan
semakin spesifik karakter yang anda tunjukkan akan semakin baik. Personal
Branding yang baik adalah bagaimana mendeskripsikan keotentikan anda yang
berbeda dengan orang lain dan lebih mempercayai anda sebagai seorang yang
konsisten dan ahli di bidang yang anda tekuni. Sebagai contoh, apakah anda
ingin sebagai vlogger atau content creator yang baik? Atau seorang kritikus
makanan yang handal? Tunjukkan hal spesifik tersebut kepada publik melalui
content yang anda unggah di media sosial
Hal penting dalam membangun sebuah personal
branding adalah menyusun tersebut dengan terencana dan terpercaya dan jangan
pernah meremehkan personal branding yang anda buat di media sosial anda.
Membangun personal branding tidak bisa dengan “be yourself” yang justru akan
menunjukkan banyak kelemahan dan citra negatif yang ikut ditunjukkan. Citra
positif didepan publik dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan pasar kepada
anda dan bisnis anda.
Kembangkan Pribadi yang berkarakter dan Positif
Membangun personal branding bagi diri sendiri
menjadikan anda seperti public figure  yang harus menjaga apa yang anda tunjukkan ke
ruang public. Bagaimana anda berinteraksi dan bagaimana anda mengkomunikasikan
ide anda di media sosial adalah cerminan kepribadian anda. Jadikan pribadi
positif sebagai jati diri anda yang tak perlu dipaksa untuk diperlihatkan.
Bagaimana caranya? Bertemu lebih banyak orang dan bacalah banyak buku yang
lebih banyak akan menambah wawasan anda dan membuat pikiran anda lebih terbuka.
Dengan menjadi seorang yang berpikiran
terbuka, mereka akan memandang anda sebagai orang yang solutif dan berfokus
pada pemecahan masalah,  bukan
menyalahkan. Di media sosial juga harus dimaknai sebagai ruang public yang
menentukan personal  branding dari diri
anda. Bagaimana anda menulis postingan, berkomentar maupun mengunggah foto akan
dilihat oleh banyak orang dan direkam sebagai jejak digital. Sebagai pemimpin
perusahaan, anda bisa kehilangan kepercayaan pasar atas jejak digital yang
pernah anda buat. Sebagai karyawan, anda bisa kehilangan pekerjaan anda karena
perusahaan menemukan sebuah unggahan negatif anda di masa lalu.
Jadilah orang yang berpenampilan layak
Sebagai orang yang melakukan kegiatan di media
sosial yang mana adalah sebuah ruang publik, cepat atau lambat masyarakat
selaku pemegang kendali pasar akan melihat anda. Meski anda belum dikenal oleh
banyak orang, cerminkan pribadi yang baik dan positif anda dengan berpenampilan
yang layak. Berpenampilan layak tidaklah harus formal, namun layak dipandang
dan menonjolkan sisi pribadi unik anda sendiri.
Penampilan yang layak ini juga perlu
ditampilkan di media sosial anda sebagai bagian dari proses personal branding.
Mungkin anda bisa mengelak dengan “don’t judge a book by its cover”, namun
siapa yang akan membeli sebuah produk dengan bungkus yang tidak menarik pula?
Meski rasanya sangat lezat, namun anda juga akan berpikir beberapa kali untuk
membelinya bukan? Jadilah menarik dengan merawat diri anda.
Gunakan Ads dan jangkau lebih banyak orang
Postingan anda bagus, menarik dan penuh cerita
di dalamnya. Namun, tak ada yang melihat karena selain follower anda sedikit
memiliki efek pada jumlah orang yang menyukai foto anda juga sedikit pula.
Selain rajin melakukan posting di media sosial secara berkala, anda harus
memikirkan fitur ads yang pasti ada di setiap media sosial seperti facebook,
Instagram, twitter atau LinkedIn. Ads ini berbayar dan akan menjangkau lebih
banyak orang, semakin banyak orang yang melihat akan semakin banyak orang yang
mengetahui dan sadar siapa anda dan mulai percaya dengan “nama” anda.
Ads sangat cocok untuk proses personal
branding yang anda sedang lakukan, namun sebelum anda menjangkau banyak orang
lebih banyak. Pastikan anda membuat content yang menarik dan layak untuk disukai
banyak orang dengan menunjukkan keunikan diri anda.
Buat
Website pribadi dan daftarkan domain anda
Membuat sebuah postingan yang baik di media
sosial memang diperlukan. Namun jika anda sudah menjadi seorang yang
profesional, gunakan website pribadi sebagai tempat utama anda dalam melakukan
proses personal branding dibanding media sosial. Segera daftarkan brand dan
pilih domain yang cocok bagi anda. Anda bisa menghubungi hosting provider untuk
segera mendaftarkan domain yang tepat untuk diri anda. Dalam memilih domain
juga perlu diperhatikan, apakah anda akan menggunakan .com, .net, .org, .gov
dll. Jika untuk keperluan pribadi dan komersial sangat disarankan .com, namun
agar seseorang lebih mudah mengidentifikasi anda berada di negara mana, jangan
lupa memilih .co.id untuk Indonesia.
Konsisten
Dalam membangun kepercayaan dan keyakinan
pasar, konsisten adalah kunci utama dari personal branding. Layaknya brand yang
sudah sangat kuat dan mengakar di masyarakat. Fokus akan filosofi, prinsip dan
pesan yang akan disampaikan oleh sebuah perusahaan kepada pasar menjadikan
sebuah brand tersebut bertahan lama dan selalu diingat. Kita ambil contoh
produk pompa air, dalam benak kita pasti adalah sanyo, atau kebab dalam ingatan
kita selalu tertuju pada Baba Rafi atau individu seperti Mary Riana yang
terkenal dengan buku mimpi sejuta dolarnya dan motivasinya.
Konsisten juga harus diaplikasikan antara
personal branding maupun bisnis branding yang dibangun. Anda tidak perlu setiap
hari memasarkan produk anda secara masif dan terang-terangan, perbanyak
postingan dan jaringan yang konsisten di media sosial atau memposting ulang
hal- hal yang terkait dan konsisten dengan prinsip anda merupakan hal yang
dapat anda lakukan untuk melakukan personal branding.
Jangan
malu mengakui kesalahan.
Bagian penting dari sebuah proses personal
branding adalah attitude, sebuah sikap yang tidak dianugerahkan tapi kita harus
terus belajar. Dalam melakukan proses personal branding di media sosial,
mungkin anda membuat sebuah kesalahan yang bisa jadi mengecewakan pengikut
anda, ketika menyadari hal tersebut segera lakukan introspeksi dan evaluasi.
Setelah itu lakukan permohonan maaf tanpa tendensi membenarkan apa yang telah
anda lakukan. Anda mungkin tidak akan membuat semua orang senang dengan
pernyataan anda, namun meminta maaf bukan hanya untuk mengakui kesalahan namun
juga menunjukkan betapa bijaksananya anda sebagai orang yang tepat untuk
sukses.
Personal branding di Media Sosial membutuhkan
waktu dan tenaga yang cukup lama dalam menggapainya, jangan cepat putus asa
atau menyerah dengan apa yang anda telah capai saat ini. Pencapaian yang
sedikit ini lebih baik dibanding tidak ada pencapaian sama sekali, terus
konsisten untuk membuat posisi tawar anda semakin naik hingga anda tak perlu
memperkenalkan siapa anda. 
Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack