Program AWS Cloud untuk Meningkatkan SDM Masyarakat Digital



Pada 16 Juli 2019, Amazon Web Services (AWS) mengadakan event bertajuk AWS Cloud Day Jakarta 2019 yang diselenggarakan di Pullman Jakarta Central Park Podomoro City, Jakarta Barat. Dan Wowrack Indonesia berkesempatan hadir dalam acara AWS tersebut. Acara AWS Cloud itu sendiri bertujuan meningkatkan keterampilan atau Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengenal serta mengaplikasikan sistem cloud computing demi membantu mewujudkan transformasi digital di Indonesia. AWS sendiri telah bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia beserta lembaga pelatihan terkait untuk mengimplementasikan rencana pelatihan penerapan sistem cloud bagi masyarakat Indonesia untuk tahun 2025. 



Faktanya, Indonesia masih membutuhkan banyak sekali SDM yang terampil dan paham mengenai teknologi, informasi, serta komunikasi. Dan di tahun 2025-2030, diharapkan cita-cita tersebut dapat dicapai dengan adanya program AWS Cloud ini. 



Img : Wowrack Indonesia

Acara AWS Cloud dihadiri dan dibuka oleh sambutan dari Gunawan Susanto, selaku Country Manager AWS Indonesia. Gunawan Santoso mengatakan bahwa AWS dapat membantu membangun SDM masyarakat Indonesia, khususnya bakat dan kemampuan di bidang teknologi dan cloud. Pada akhirnya tentunya hal ini juga dapat meningkatkan perekonomian negara. AWS akan membantu membuka skill serta mengarahkan kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia, khususnya di bidang pemanfaatan teknologi cloud untuk kebaikan yang lebih besar. 



Event AWS Cloud Jakarta 2019 ini dirancang dan ditujukan untuk para pebisnis, serta profesional dan para penggiat IT di Indonesia. Event ini menyuguhkan pembicara dari berbagai expert IT bisnis di Indonesia, case-case AWS sistem, network, teknologi dan solusi cloud terbaru, serta mitra-mitra dari AWS. Salah satu pembicara adalah Ben Cabanas, sebagai Head of Solutions Architecture for AWS APAC. Selain itu masih ada Shaun Ray sebagai Senior Manager & Developer Relations AWS, Vasanth Kumar sebagai Head & Software Engineering NTUC Link, Anton Shchekalov sebagai Vice President & Engineering of Wavecell, serta Ignatius Hardanto Subagyo sebagai CTO Kompas Gramedia.



Img : Wowrack Indonesia

Dengan adanya program dari AWS ini diharapkan SDM akan terupgarde dari sisi skill dan pengetahuannya. Dengan adanya SDM yang expert dan setidaknya siap dengan perkembangan teknologi cloud di masa-masa mendatang, maka pertumbuhan ekonomi bangsa tentunya juga akan meningkat. Selain itu, dunia tengah menyambut dan memasuki Industri 4.0, dimana ini artinya keberadaan dan pengembangan SDM sangat penting untuk menghasilkan tenaga kerja yang profesional serta mampu bersaing untuk kemajuan dan kesejahteraan sebuah negara. Dan tentunya concern ini harus menjadi sebuah prioritas bagi semua pihak, tidak hanya para penggiat IT, namun pemerintah, lembaga terkait, serta masyarakat itu sendiri. 


Inovasi serta terobosan dari AWS Cloud memang sangat menarik. Namun pada dasarnya migrasi dan memanage AWS Cloud sedikit lebih rumit. Apalagi jika harus dilakukan oleh seorang pemilik bisnis yang sibuk atau tidak memiliki tim IT yang profesional. Salah satu solusi paling tepat adalah mempercayakan kebutuhan migrasi cloud kepada perusahaan provider IT yang memiliki profesional tim serta dukungan penuh support selama 24/7. Wowrack sebagai salah satu trusted provider IT services di Indonesia dapat membantu Anda untuk migrasi cloud maupun kebutuhan IT services lainnya. Klik website Wowrack Indonesia untuk info dan detail lengkap mengenai produk dan layanan Wowrack. 



Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack