Peran Perempuan dalam Teknologi

Apakah Anda masih ingat sejarah tentang R.A Kartini yang berjuang untuk mendapatkan hak emansipasi wanita? Cerita tersebut memiliki makna atau pesan bahwa emansipasi wanita berperan sangat penting bagi perubahan di Indonesia. Dahulu seorang wanita dianggap tabu ketika melakukan pekerjaan yang biasa dilakukan oleh laki-laki. Namun dengan seiring berkembangnya zaman, wanita di era modern seperti saat ini sudah tidak dapat dianggap sebelah mata lagi. Telah banyak kontribusi yang bisa diberikan oleh perempuan untuk bangsa, bahkan dalam era digital seperti saat ini. Inovasi dari tokoh-tokoh terkemuka kemudian mulai bermunculan satu per satu dari berbagai background. Dan salah satu bentuk perubahan yang mampu dibawa oleh perempuan adalah perubahan dan kemajuan di bidang teknologi.
Teknologi merupakan sebuah hal yang unik. Mengapa? Karena dari teknologi masyarakat bisa mengetahui informasi secara cepat dan real time. Selain itu, teknologi juga selalu mengalami perubahan dan perkembangan, sehingga trend juga sangat mudah sekali berubah. Teknologi membuat suatu hal yang sebelumnya tidak ada atau tidak terpikirkan, menjadi mungkin dan bisa jadi sebuah terobosan baru. Pengembangan teknologi diawali dari pengolahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana dan peralatan yang canggih. Tujuannya tentu untuk memudahkan manusia melakukan kegiatan dan pekerjaannya sehari-hari. 
Dengan adanya revolusi industri, modernisasi menuntut semua orang untuk terus berinovasi dan melakukan perubahan. Tidak terkecuali untuk perempuan. Wanita dapat  menunjukan eksistensinya dengan turut serta berperan penting di bidang teknologi. 
Img: Pixabay
Hal lain yang perlu diketahui adalah, fakta bahwa ketertarikan dan minat perempuan di bidang teknologi masih tergolong rendah, hal ini bisa dipengaruhi oleh faktor sosial dan lingkungan yang menganggap bahwa pekerjaan atau jurusan-jurusan pendidikan tentang teknologi dirasa belum bisa diwakili oleh seorang wanita. Bahkan terkadang masih ada anggapan bahwa wanita memiliki kapasitas yang berbeda dari laki-laki. Hal ini tentunya berpengaruh, namun seharusnya tidak menjadikan sebuah penghalang wanita untuk masuk kedalam bidang pekerjaan teknologi. Namun anggapan ini dipatahkan oleh opini Co-Managing Director Girl In Tech Indonesia, Anantya Van Bronckhorst. Anantya mengatakan bahwa, “Wanita sekarang banyak menjalankan bisnis online sebagai pekerjaan sampingan, bahkan pekerjaan utamanya. Banyak pula wanita yang sukses dengan bisnisnya itu kemudian berhasil menarik orang di lingkungannya untuk bergerak bersama. Wanita itu diharapkan dapat menjadi programmer dan ahli di bidang teknologi. Namun sebelumnya, wanita harus didekatkan dulu dengan teknologi itu.” Dengan pandangan demikian, tentunya wanita dapat menjalankan perannya sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.
Jadi apa pengaruh dan keunggulan wanita di bidang teknologi ?
1.    Kepekaan
Tidak dapat dipungkiri bahwa wanita memiliki perasaan yang lebih sensitif dibandingkan dengan laki-laki. Dan terkadang wanita memiliki insting yang cukup akurat. Dengan fakta ini, tentunya peran perempuan sangat diperlukan dalam sebuah proses analisa sebuah masalah.
Di bidang teknologi, wanita memiliki peran dalam pengembangan produk serta after sales, yaitu untuk memberikan kesan produk yang bermanfaat terhadap penggunanya.
2.    Rasa Percaya Diri
Pernah dengar anggapan bahwa wanita adalah sumber keceriaan?
Ya, wanita kebanyakan memiliki sikap berani menunjukan kelebihan-kelebihannya kepada orang lain. Memberikan hal positif dan bisa dibilang lebih unggul dari laki-laki dalam hal ini. Pada dasarnya, sifat wanita sangat menyukai jika dirinya mempunyai banyak perhatian dan dukungan dari orang lain. Sehingga sikap kepercayaan diri itu muncul dengan sendirinya agar mendapatkan hal yang mereka inginkan. Tentunya sifat ini sangat menguntungkan di bidang teknologi. Karena pada dasarnya teknologi menuntut semua orang agar dapat mengembangkan potensi dirinya dan tanpa ragu atau malu, mampu memberikan pendapat, inovasi, serta argumennya didepan banyak orang. 
Img: Pixabay

3.
    Kreatif
Wanita mempunyai sifat alamiah untuk bersaing dan pastinya menumbuhkan pemikiran yang kreatif. Mampu menemukan jalan dan cara agar dirinya dapat berkembang. Sama halnya dengan teknologi. Di mata wanita, teknologi mengacu pada pertumbuhan dan ide-ide kreatif sebagai dasar pengembangan ilmu, sehingga menuntut orang yang terlibat didalamnya untuk cekatan dan aktif membuat karya yang terbaru, inovatif, dan solutif.
4.    Ulet
Keuletan, kesabaran dan ketelatenan seorang wanita dalam menangani sebuah masalah dianggap lebih unggul dibandingkan laki-laki. Wanita cenderung bisa menyelesaikan pekerjaan lebih rapi dan terstruktur. Tidak hanya pada sebuah pekerjaan, bahkan di bidang teknologi, ketekunan wanita dianggap sangat menguntungkan.
Karena tidak semua ilmu dan penerapan teknologi diketahui dan dimengerti oleh masyarakat, maka peranan wanita yang memiliki sifat ulet ini sangat cocok untuk memperkenalkan inovasi teknologi yang sangat cepat berkembang. Terutama bagi orang awam atau masyarakat yang masih dalam tahap mempelajari tentang penerapan teknologi.
5.    Pandai Memanaged
Sifat sistematis yang dimiliki wanita dalam memanage sesuatu tentu tidak bisa diragukan lagi. Wanita dinilai memiliki kecermatan, ketelitian dan fokus yang tinggi. Bahkan ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa, “Wanita itu suka ngatur-ngatur.” Memang dapat diartikan negatif, namun juga bisa diartikan sebagai suatu hal yang positif jika sikap seperti itu diterapkan untuk teamwork, pekerjaan, serta lingkungan.
Sifat wanita yang satu ini sangat memudahkan sebuah kelompok agar lebih terstruktur, terencana, dan dapat mencapai tujuan dengan lebih baik, rapi, dan fokus.
Img: Pixabay

6.  Filter Moral

Inilah peranan terpenting wanita di bidang teknologi. Pada suatu ketika, wanita akan menjadi seorang ibu untuk anak-anaknya. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, akses keluar masuk dari sebuah akun atau platform teknologi akan semakin mudah. Sebagai contoh umum adalah akses ke social media. Jejaring sosial merupakan jendela informasi yang lengkap, update, dan real time. Peran wanita diperlukan untuk mengendalikan dampak penggunaannya. Karena di media online, cara menyampaikan dan mendapatkan informasi cukup cepat. Namun terkadang, ada beberapa konten yang dapat berdampak buruk bagi masyarakat.  Untuk itulah peranan wanita sebagai ‘gerbang awal’ pendidikan moral bagi generasi bangsa sangat diperlukan. Wanita dituntut dapat mempelajari perkembangan teknologi dan memfilter bebasnya informasi negatif dan positif yang ada. Wanita diharapkan peranannya agar dapat mengendalikan sisi negatif dari pesatnya kemajuan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
 
Itulah beberapa peran wanita di bidang teknologi dilihat dari sifat dan sikap yang dimilikinya. Tentunya apa yang dimiliki dan menjadi ciri khas wanita ini merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan dalam kemajuan teknologi dan era digital seperti saat ini. Saat ini kesetaraan pekerjaan, jabatan, peran, serta kedudukan antara wanita dan laki-laki telah hampir sama dan bahkan seimbang. Jadi gender issue dibidang teknologi sudah bukan merupakan sebuah hambatan atau sesuatu yang dianggap tabu lagi. 
Ada beberapa tokoh wanita di bidang teknologi yang memiliki peran penting dan positif, serta prestasi yang cukup membanggakan, diantaranya adalah Melinda Gates sebagai Co-Founder The Bill & Melinda Gates Foundation, Sheryl Sandberg sebagai Chief Operating Officer of Facebook, Meg Whitman sebagai President and CEO of Hewlett Packard, Marissa Mayer sebagai Google VP of Location and Local Services, Susan Wojcicki sebagai Google SVP of Advertising, Ursula Burns sebagai CEO Xerox, Safra Catz sebagai President of Oracle, Cher Wang sebagai Co-Founder and Chairperson HTC, Virginia Rometty sebagai CEO and President of IBM, Ellen Kullman sebagai CEO of Dupont, serta masih banyak yang lainnya. 
Jika Anda adalah seorang wanita, kira-kira peran apa yang ingin Anda ambil dan lakukan dalam bidang teknologi? 







Penulis: Zahira, Wowrack Indonesia
Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack