Tuesday, March 9, 2021

Tips Mengamankan Data dengan Backup di 2021

Tips Mengamankan Data Dengan Backup di 2021

Perkembangan pesat teknologi membawa banyak dampak positif di berbagai sektor, terutama pada sektor bisnis. Sebuah perusahaan dapat memaksimalkan efisiensi waktu dan sumber dayanya dengan memiliki teknologi yang tepat.

Sayangnya, meskipun teknologi canggih dapat meningkatkan produktivitas, namun tantangan sebenarnya adalah menjaga hasil kerja keras itu sendiri.

Benar, menjaga keamanan data adalah hal yang paling penting dilakukan terutama di tahun 2021 ini. Mengapa demikian?

Tercatat sejak terjadinya pandemic di tahun 2020, terdapat lebih dari 1000 perusahaan di dunia yang mengalami kehilangan data. Angka tersebut diprediksi akan semakin meningkat di tahun 2021 ini.

Setelah banyak hal yang terjadi di tahun 2020, sebagai pemilik bisnis tentu Anda tidak menginginkan kerugian lain di tahun ini. Untuk itu, memiliki backup data merupakan suatu keharusan.

Apa Saja yang Harus dibackup?

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara memilih dan melakukan backup secara tepat, mari kita bahas apa saja sebenarnya yang perlu dibackup.

Dalam kehidupan sehari-hari sebagai individu tentu kita sudah akrab dengan yang namanya backup. Beberapa orang secara rutin membackup data pribadi mereka seperti pesan, foto, video, lagu, dokumen, dan lain sebagainya.

Namun bagaimana dengan perusahaan? Data yang perlu dibackup oleh sebuah perusahaan lebih bervariasi. Mulai dari data berupa dokumen atau file penting seperti catatan finansial, informasi pribadi klien dan karyawan, legalitas, hingga membackup sistem, OS, VM, dan sebagainya.

Kedua jenis data tersebut sama-sama penting untuk dibackup. Kehilangan dokumen dan rusaknya OS maupun sistem yang digunakan bisa sangat merugikan perusahaan.

Untuk mengamankan data-data tersebut ada beberapa opsi yang bisa dipertimbangkan sesuai kebutuhan perusahaan. Anda bisa memilih untuk melakukan backup data secara gratis maupun berbayar.

Free Backup atau Paid Backup?

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai metode-metode backupTapi, apa Anda sudah menentukan akan menggunakan free backup storage atau layanan backup berbayar?

Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan masing-masing backup.

Free Backup

Telah banyak situs yang menyediakan storage yang dapat digunakan secara cuma-cuma. Contoh dari situs gratis ini seperti Google Drive, iCloud, OneDrive, pCloud, dan masih banyak lagi.

Kelebihan utama free backup tentu saja pada tidak adanya biaya yang harus dikeluarkan perusahaan Anda. Selain itu, Anda tidak hanya dapat menggunakannya sebagai wadah data backup Anda saja tapi juga sebagai tempat berbagi file. File yang telah disimpan di dalam situs free backup dapat dengan mudah diakses kapan saja tanpa memakan waktu yang lama.

Namun, free backup mempunyai banyak kelemahan yang perlu dipertimbangkan kembali. Free backup umumnya diperuntukan untuk individu bukan suatu perusahaan. Data yang disimpan di dalamnya juga terbatas pada data berbentuk file atau dokumen. Jadi jika Anda berniat untuk membackup data selain file seperti OS, VM dan lainnya, maka free backup bukan jawabannya.

Selain itu free backup juga mempunyai besaran file maksimal yang dapat di simpan didalamnya. Contohnya Google Drive hanya dapat menampung 15GB secara gratis. Lebih dari itu akan ada paket khusus berbayar dengan storage lebih besar.

Dan yang paling penting untuk dipertimbangkan, free backup tidak dapat memberikan jaminan keamanan data. Sedangkan, tujuan dari melakukan backup adalah melindungi data sensitif agar tidak hilang atau rusak. Untuk itu, Anda harus memproritaskan keamanan di mana Anda menyimpan backup data Anda.

Paid Backup

Opsi lain selain free backup ialah paid backup. Sekarang ini banyak sekali penyedia layanan backup yang menyediakan solusi backup sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Kekurangan dari paid backup sendiri sudah pasti adalah adanya biaya yang harus dikeluarkan. Perusahaan perlu berinvestasi lebih untuk memakai layanan ini. Hal ini lah yang sering membuat pemilik usaha berpikir dua kali untuk menggunakan layanan backup berbayar.

Namun jika dipikirkan kembali, investasi ini sangat sepadan dengan layanan dan jaminan keamanan yang diberikan. Banyak kelebihan yang dapat didapatkan dari paid backup, diantaranya ialah keamanan.

Mengingat tujuan utama membackup adalah untuk menyimpan data dengan aman agar dapat mengembalikan data yang hilang atau rusak. Layanan backup dapat memberikan jaminan keamanan mulai dari adanya sistem keamanan cloud, keamanan data center, hingga pendampingan oleh expert IT jika terjadi masalah saat proses backup berlangsung.

Anda juga dapat membackup data yang berupa dokumen maupun berupa sistem, OS, VM dan lainnya yang tidak kalah penting. Kapasitas storage, metode backup dan apa saja yang perlu dibackup dapat diatur sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Biasanya, layanan backup juga menyediakan konsultasi kebutuhan perusahaan Anda sebelum menggunakan layanan mereka.

Selain itu, penyedia layanan backup juga memberikan fasilitas berupa support yang dapat membantu proses backup maupun recovery data Anda.

Semua keuntungan dan fasilitas tersebut dapat Anda dapatkan pada layanan backup berbayar. Tapi, pastikan juga Anda memilih backup service provider yang baik.

baca juga artikel kami Mengenali Backup Data dan Metodenya untuk tips memilih penyedia layanan backup yang baik.

Kemudahan Backup Data dengan Wowrack Indonesia

Di tahun 2021 ini, efisiensi waktu dan tenaga adalah hal yang wajib dilakukan. Oleh karena itu, memilih layanan backup yang dapat memberikan keamanan dan kemudahan dalam proses backup maupun recoverynya merupakan hal penting.

Selain itu, wowrack Indonesia juga menawarkan 

Wowrack Indonesia dapat memberikan kemudahan tersebut dalam layanan backupnya. Anda hanya perlu mengikuti langkah mudah seperti:

Sign in  

Wowrack Backup

Pertama buka link https://sg-cloud.acronis.com/login dan sign in menggunakan username dan password yang Anda miliki. 

Tambahkan Device

Wowrack Backup

setelah memasuki panel, Anda perlu menambahkan device yang ingin dibackup. Device yang dapat Anda backup sangat beragam, mulai dari workstation seperti windows, dan mac, server windows dan linux, hingga mobile devices hingga virtualisasi host.

Dalam langkah ini, Anda mungkin butuh mendownload backup agent installer dan melakukan sedikit pengaturan saat menginstallnya. Setelah itu, Anda dapat memilih komputer maupun mobile device yang ingin dibackup.

Mengatur Backup Plan Sesuai dengan Kebutuhan

Backup Wowrack

Dalam langkah ini, Anda dapat mengatur kebutuhan backup perusahaan Anda. Seperti mengatur data mana yang harus dibackup, metode apa yang digunakan, jadwal backup, dan lain sebagainya.

Jika sudah sesuai dengan yang dibutuhkan, Anda bisa klik Run Now untuk mulai memulai proses backup.

Dalam panel tersebut, tidak hanya Anda bisa melakukan backup namun juga recovery. Terdapat menu recovery yang menunjukan file apa saja yang telah dibackup, dan Anda bisa melakukan proses recovery kapan saja Anda membutuhkan.

untuk tutorial lebih jelasnya, dapat diakses di akun youtube kami dengan judul Wowrack Indonesia - How to backup in 3 minutes.

Nah, itu dia cara mengamankan data dengan backup di tahun 2021 ini. Selain perlu memutuskan di mana Anda harus menyimpan backup file, Anda juga harus memilih layanan backup yang menawarkan keamanan serta kemudahan dalam prosesnya.

Jika Anda mempunyai pertanyaan lebih lanjut mengenai solusi backup apa yang Anda butuhkan, segera konsultasikan dengan tim kamiKami akan siap membantu menemukan solusi tepat untuk Anda.

0 komentar: