Thursday, July 15, 2021

Layanan Cloud Computing: Apa itu Daas dan CaaS?


Komputasi awan atau cloud computing menjadi solusi paling tepat ditengah terjadinya perubahan sistem kerja dan bisnis di era digital.

Terlebih lagi di masa pandemic seperti sekarang, di mana proses transformasi digital dipercepat. Hasilnya, teknologi seperti cloud computing menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa dilewatkan. Tapi, kenapa cloud computing dianggap menjadi solusi terbaik percepatan transformasi digital di masa pandemic?

Tujuan dari diciptakannya cloud computing sendiri adalah untuk mempermudah aktivitas manusia dalam ranah digital. Aktivitas yang dimaksut adalah seperti menyimpan dan memproses data, berkomunikasi, berkolaborasi antar individu, divisi, ataupun cabang perusahaan.

Aktivitas tersebut adalah aktivitas dasar yang wajib dipenuhi kebutuhannya. Pasalnya, semasa pandemi ini sistem WFH atau Work From Home marak dilakukan. Hal itu dilakukan untuk mengurangi aktivitas yang melibatkan interaksi fisik yang dapat meningkatkan kemungkinan penularan virus.

Dengan semua keuntungan yang diberikan cloud computing, sebuah perusahaan atau bisnis tetap dapat berjalan dengan lancar dan minim hambatan meskipun sedang menerapkan WFH.

Baca juga: Manfaat Cloud Computing Selama WFH PPKM 

Selain memperlancar pekerjaan melalui support komunikasi, kolaborasi, penyimpanan dan pengolahan data, cloud computing juga bisa menjaga keamanan data. Bagi sebuah perusahaan keamanan data adalah hal utama. Kehilangan data tidak hanya menimbulkan kerugian finansial tapi juga dapat mengurangi kredibilitas perusahaan di mata customers.

Sepenting itu peran cloud computing untuk membantu aktivitas berbisnis di masa pandemic ini.

Jika berbicara mengenai layanan cloud computing, maka penting untuk paham apa saja layanan yang biasanya ditawarkan cloud provider.

Mengenali Layanan Cloud Computing DaaS, dan CaaS

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa cloud computing memiliki beberapa layanan yang berbeda seperti PaaS, SaaS, dan IaaS. Untuk mengetahui Apa itu PaaS, SaaS, dan IaaS silahkan baca artikel kami sebelumnya dengan judul Pengertian dan Perbedaan IaaS, PaaS, dan SaaS. 

Namun, seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan cloud, layanan cloud pun semakin berkembang dan muncul layanan lain seperti DaaS dan CaaS.

Data-Storage as a Service (DaaS)

Tanpa disadari, DaaS atau Data-Storage as a Service adalah layanan paling umum yang banyak digunakan oleh masyarakat. DaaS juga dikenal dengan sebutan StaaS atau Storage as a Service, jadi jika ada yang menyebutnya dengan StaaS Anda tidak perlu bingung.

DaaS ini adalah layanan cloud dasar yang pasti diperlukan tidak hanya oleh organisasi atau perusahaan tapi juga individu. Contoh DaaS paling mudah yang sering kita temui adalah Google Drive. Benar, Google Drive adalah platform cloud storage gratis bagi setiap pemilik akun gmail. Namun, Google Drive hanya menyediakan 15GB free storage untuk setiap user.

15GB akan sangat cukup untuk personal use, namun jika Anda adalah pemilik perusahaan maka Anda memerlukan space lebih besar. Disitulah Anda bisa menggunakan layanan DaaS dari Google. Anda dapat mulai berlangganan berbayar untuk mengupgrade storage pada google drive Anda.

Keuntungan dari menggunakan layanan DaaS adalah Anda tidak perlu membeli perangkat keras untuk menyimpan setiap data perusahaan Anda. Sehingga DaaS dapat membantu Anda untuk menghemat biaya pembelian device baru, perawatan, hingga tenpat. Anda hanya perlu mencari penyedia layanan DaaS dengan fasilitas lengkap dan sesuai kebutuhan perusahaan.

Selain itu, menggunakan layanan DaaS juga dapat meningkatkan fleksibilitas dan skalabilitas perusahaan Anda. Maksud dari meningkatkan fleksibilitas adalah Anda dapat mengakses data Anda kapan saja dan di mana saja selama Anda mempunyai akses atas akun Anda dan akses internet. Sedangkan meningkatkan skalabilitas artinya Anda bisa dengan bebas menambah space atau storage sesuai pertumbuhan dan kebutuhan perusahaan kapanpun diperlukan.

Communication as a Service (CaaS)

Communication as a service adalah layanan cloud computing yang menyediakan infrastruktur komunikasi untuk sebuah perusahaan. Infrastruktur tersebut termasuk keperluan hardware dan software serta manajementnya.

Infrastruktur komunikasi layanan CaaS biasanya melingkupi sistem keamanan seperti enkripsi dan keamanan akun, dedicated bandwidth untuk memastikan kelancaran komunikasi dan menghindari delay, serta pemantauan jaringan.

Layanan komunikasi yang biasanya diperlukan seperti VoIP atau Voice Over Internet Protocol, yaitu sebuah teknologi komunikasi jarak jauh yang menggunakan jaringan internet. VoIP dapat membantu penggunanya untuk berkomunikasi jarak jauh lintas kota, pulau, bahkan negara dengan harga yang lebih murah. Contoh dari VoIP seperti aplikasi WhatsApp, Microsoft Teams, atau aplikaso video conference.

Siapa saja yang perlu menggunakan layanan CaaS ini? Umumnya layanan CaaS digunakan oleh perusahaan dengan berbagai ukuran. Mulai dari perusahaan besar yang memiliki banyak cabang lintas negara, atau perusahaan kecil yang sedang menjalankan sistem kerja remote working.

Contoh perusahaan yang menyediakan layanan CaaS adalah seperti Microsoft Connected Service Framework (CSF) 3.0 dan IBM converged Communication Services.

Itu dia pengertian, dan keuntungan dari layanan cloud computing DaaS, dan CaaS. Anda hanya perlu memahami fungsi dari masing-masing layanan dan memastikan apakah perusahaan Anda memerlukan layanan-layanan tersebut.

Jika Anda masih memiliki keraguan dan memerlukan assessment dan konsultasi yang lebih terkhususkan untuk perusahaan Anda, silahkan hubungi kami melalui sales@wowrack.com.

x

0 komentar: