Thursday, May 19, 2022

3 Alasan Bisnis Membutuhkan Integrasi Backup and Security

 

3 Alasan Bisnis Membutuhkan Integrasi Backup and Security

Digitalisasi kegiatan bisnis menjadi sebuah target yang harus di capai oleh sebuah bisnis saat ini. Terdapat banyak unsur yang harus diperhatikan dalam proses migrasi ke dunia digital, salah satunya adalah unsur backup and security.

Bisnis kecil dan menengah merupakan target yang sangat mudah bagi para hackers untuk diserang.

Selain kurangnya staff IT yang memadai, pengusaha bisnis kecil dan menengah juga terkadang tidak memiliki ilmu yang dibutuhkan dalam menjaga infrastruktur IT mereka sendiri.

Hal ini kemudian menghasilkan perilaku menggunakan beberapa sistem maupun program keamanan secara bersamaan dalam menjaga infrastruktur IT bisnis tersebut.

Perusahaan besar pun tidak luput dari masalah yang sama, dimana setiap terjadi pergantian tim IT, program yang digunakan akan ikut bertambah.

Selain tidak efektif, aksi ini juga dapat memberikan hasil yang terbalik dari keinginkan kita, yakni memberikan celah kepada para hackers untuk menyerang infrastruktur digital kita.

Hackers Mencari Kelemahan Pada Infrastruktur IT Kita

Usaha bisnis dalam mengamankan infrastruktur IT mereka dengan menggunakan berbagai macam produk keamanan membuat sebuah kerumitan sendiri bagi tim IT dalam bidang pengelolaan dan juga keamanan.

Di kutip dari Acronis, 80% bisnis saat ini bergantung kepada 10 produk untuk melakukan unsur backup dan security infrastruktur IT mereka.

Jika kita lihat secara sekilas, bisnis yang menggunakan sistem keamanan seperti ini tidaklah salah. Dimana tujuan utama mereka adalah mengamankan infrastruktur IT mereka dengan produk spesifik yang dapat mengatasi masalah yang dihadapi.

Namun jika kita bandingkan dengan data serangan siber oleh hacker, pada tahun 2021 terjadi kenaikan jumlah serangan hingga 50% dari tahun sebelumnya, menurut Forbes.

Salah satu alasan mengapa ini bisa terjadi adalah karena kompleksitas sistem keamanan infrastruktru IT bisnis yang terlalu rumit.

Baca juga: Pentingnya Sistem Keamanan Jaringan Bagi Bisnis di Era Digital

Integrasi Backup and Security

Memiliki sebuah sistem keamanan yang terlalu rumit bukan hanya membuat tim IT bisnis kewalahan, namun juga memberi peluang masuk bagi para hackers.

Integrasi sistem backup and security yang dimiliki oleh perusahaan menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk menyelesaikan masalah kerumitan ini. Semakin banyak program yang bisa diintegrasikan ke dalam satu program akan semakin baik.

Selain menghilangkan unsur kerumitan pengelolaan dan penggunaan sistem, terdapat 3 alasan lain mengapa bisnis membutuhkan integrasi backup and security.

1. Menghemat Biaya

Mengintegrasai sistem yang digunakan dalam mengamankan infrastruktur IT bisnis dapat berujung kepada penghematan pengeluaran, baik dari segi pembayaran di muka hingga biaya langganan sistem tersebut.

Bisnis dapat menghemat hingga puluhan juta dengan mengkonsolidasi sistem keamanan yang digunakan.

Tentunya nominal yang dihemat berbeda sesuai dengan jumlah, tipe, dan skala sistem yang digunakan oleh bisnis tersebut.

Selain menghemat biaya secara langsung, integrasi juga dapat menghemat biaya secara tidak langsung. Contoh yang paling jelas adalah dari segi pelatihan anggota atau anggota baru tim IT.

Sebelum terintegrasi, tim IT akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempelajari sistem keamanan yang digunakan.

Sedangkan setelah integrasi, tim IT dapat mengakses kemampuan keamanan infrastruktur IT bisnis melalui satu platform yang mempermudah dan memperpendek waktu yang dibutuhkan dalam pelatihan.

2. Mengurangi Resiko Kesalahan Manusia

Studi yang dilakukan oleh Standford University melaporkan bahwa 88% incident pencurian data terjadi karena adanya faktor kesalahan manusia.

Hasil dari studi ini dikuatkan dengan trend kejahatan siber saat ini, di mana kebanyakan serangan malware, virus dan ransomware, terjadi melalui perantara email atau phishing.

Walaupun terdapat langkah-langkah dan pelatihan yang bisa kita terapkan di lingkungan kerja, hal ini hanya dapat mengurangi frekuensi terjadinya kesalahan manusia yang merugikan bisnis.

Kerumitan sistem keamanan infrastruktur IT bisnis tidak akan membantu menyelesaikan faktro ini. Sebaliknya, faktor kesalahan manusia akan menjadi semakin sering terjadi.

Dengan melakukan integrasi sistem backup and security, bisnis dapat dengan mudah mengurangi resiko kesalahan manusia dan meningkatkan produktifitas dari tim IT yang ada.

3. Menawarkan Keamanan yang Menyeluruh

Jika dibandingkan, sistem yang tidak terintegrasi memiliki satu kelemahan utama jika dibandingkan dengan sistem yang terintegrasi, yakni dari segi komunikasi dan solusi yang diberikan antar sistem.

Sistem yang tidak terintegrasi bisa dikatakan berdiri sendiri dalam menangani setiap serangan yang terjadi pada infrastruktur IT bisnis.

Hal ini menyebabkan kurang maksimalnya solusi yang diberikan oleh sistem keamanan, terlebih jika setiap sistem memiliki keahlian khusus masing-masing.

Di sisi lain, sistem backup and security yang terintegrasi satu dengan yang lainnya akan lebih efisien dalam menangkal serangan-serangan yang diarahkan pada infrastruktur IT bisnis.

Wowrack x Acronis

Wowrack memahami mengenai pentingnya keamanan bagi bisnis yang ingin terjun ke dalam dunia digital. Maka dari itu, Wowrack bekerja sama dengan Acronis berusaha memberikan sistem keamanan backup and security terbaik yang ada di Indonesia.

Acronis Cyber Protect merupakan sistem keamanan yang mencakup seluruh kebutuhan keamanan infrastruktur IT yang di kemas dalam satu platform.

Fitur-fitur keamanan yang sebelumnya tersebar ke dalam berbagai sistem sekarang bisa dinikmati dalam satu paket yang mudah untuk digunakan.

Dapatkan pertahanan infrastruktur IT terbaik bagi bisnis Anda dengan Acronis Cyber Protect. Hubungi Wowrack melalui email di sales@wowrack.co.id atau melalui live chat website www.wowrack.com.

0 komentar: