Monday, June 13, 2022

7 Contoh Kejahatan Dunia Maya (Cyber Crime)

 

13 Contoh Kejahatan Dunia Maya (Cyber Crime)

Kemudahan teknologi digital rupanya mampu memberikan celah atau peluang dari berbagai jenis tindak kejahatan dunia maya atau cyber crime. Cyber crime merupakan tindakan ilegal yang dilakukan para pelaku kejahatan dengan memanfaatkan akses jaringan internet melalui perangkat komputer untuk menyerang sistem informasi korban. Tindakan cyber crime tidak hanya terbatas pada aktivitas hacking atau peretasan saja, tetapi juga meliputi berbagai tindakan kriminal seperti pencurian informasi maupun data-data pribadi. Artikel berikut akan membahas beberapa contoh kejahatan dunia maya (cyber crime). Apa saja contoh-contoh dari tindak kejahatan cyber crime? Simak penjelasannya sebagai berikut.

1.      Kejahatan Phishing

Phishing merupakan kejahatan cyber crime yang dilakukan dengan cara menipu atau mengelabuhi korban. Aksi kejahatan ini umumnya dilancarkan dengan menggunakan email, maupun tautan berbagai situs web, atau media sosial, dan sebagainya. Tujuan dari tindak kejahatan ini adalah untuk mencuri berbagai data penting korban, khususnya informasi peribadi dan akun-akun keuangan seperti dompet digital, internet banking, mobile banking, hingga kartu kredit.

 


 

2.      Kejahatan Carding

Carding merupakan jenis kejahatan dunia maya yang dilakukan dengan cara transaksi menggunakan kartu kredit orang lain atau membajak kartu milik orang lain. Nomor kartu kredit yang digunakan diperoleh atau dicuri dari situs website yang tidak aman atau diperoleh dengan membeli jaringan spammer (pencuri data).

 


3.      Serangan Ransomware

Ransomware merupakan malware atau sejenis software jahat yang dapat menginfeksi komputer dan mencuri data-data maupun informasi penting di dalamnya. Tindak kejahatan ini dapat menimbulkan kerugian besar karena umumnya pelaku akan meminta tebusan berupa sejumlah uang kepada korban agar ransomware dapat dihapus atau dimusnahkan. Tidak jarang tindak kejahatan ini juga disertai dengan berbagai jenis ancaman terhadap korban.

 


 

4.      Penipuan online

Penipuan digital merupakan modus kejahatan yang semakin banyak dilakukan oleh berbagai oknum tidak bertanggung jawab. Beberapa contoh kasus diantaranya adalah penipuan data diri atau identitas diri. Informasi yang diperoleh oleh pelaku kejahatan tersebut kemudian dapat digunakan untuk berbagai jenis aktivitas ilegal seperti pinjaman online ilegal, pencucian uang, dijual di pasar gelap, dan lain sebagainya.

 

 

5.      SIM Swap

SIM Swap merupakan salah satu jenis modus penipuan yang dilakukan dengan cara mengambil alih nomor ponsel maupun kartu SIM seseorang. Tujuan dari tindakan ini adalah untuk meretas akun perbankan seseorang. Sehingga kartu SIM ponsel korban tidak lagi aktif atau dapat digunakan. Untuk dapat mencegah jenis kejahatan ini, Anda dapat menggunting atau mematahkan kartu SIM yang sudah tidak digunakan agar tidak disalahgunakan orang lain.

 


6.      Peretasan situs dan email

Kejahatan ini juga dikenal dengan istilah deface website dan email. Jenis kejahatan ini dilakukan dengan cara meretas sebuah situs maupun email korban dan mengubah tampilanya. Perubahan tampilan pada situs website tersebut meliputi perubahan jenis huruf, banyak munculnya iklan yang tidak jelas, hingga pencurian data.

 

7.      Kejahatan Skimming

Kejahatan skimming merupakan salah satu kejahatan digital atau cyber crime yang perlu diwaspadai. Skimming merupakan kejahatan perbankan yang dilakukan dengan cara mencuri data kartu debit atau kartu kredit untuk menarik dana dari rekening korban.

 

Demikian penjelasan dan pembahasan mengenai contoh kasus cyber crime atau kejahatan dunia maya. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai jenis aktivitas digital khususnya demi keamanan data dan perangkat Anda.


0 komentar: