Thursday, June 16, 2022

Apa Itu Model Layanan Cloud Computing? Simak Penjelasannya!

 

Apa Itu Model Layanan Cloud Computing? Simak Penjelasannya!

Cloud computing atau komputasi awan merupakan solusi canggih yang paling tepat di era digital ini. Saat ini proses transformasi digital juga semakin berkembang, sehingga teknologi seperti cloud computing dianggap menjadi solusi yang terbaik.

Cloud computing diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah aktivitas manusia di ranah digital. Aktivitas yang dimaksud adalah menyimpan dan memproses data, berkomunikasi, dan berkolaborasi antar individu, divisi, ataupun cabang perusahaan.

Cloud computing dapat memperlancar pekerjaan melalui support komunikasi, kolaborasi, penyimpanan, dan pengolahan data. Selain itu, cloud computing juga berguna untuk menjaga keamanan data. Keamanan data adalah hal yang utama, kehilangan data tidak hanya akan menimbulkan kerugian secara finansial tetapi juga akan mengurangi kredibilitas perusahaan.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai cloud computing, Anda perlu mengetahui mengenai layanan yang disediakan oleh cloud computing, berikut ini adalah penjelasan layanan yang diberikan:

Infrastructure as a Service (IaaS)


IaaS atau Infrastructure as a Service merupakan layanan yang diberikan suatu cloud provider berupa insfrastruktur komputasi secara virtual.

Infrastuktur non-virtual membutuhkan banyak hardware seperti CPU, storage, dan lainnya, infrastruktur tersebut disebut dengan infrastruktur on-premis. Infrastruktur on-premis ini membutuhkan banyak biaya dan tempat yang besar untuk menyimpan dan mengamankannya.

IaaS menjadi solusi yang terbaik sebagai pengolahan data perusahaan di era digital karena IaaS memberikan layanan komputasi virtual seperti server, jaringan (network), strorage, data center, bandwidth, IP, dan lainnya.

Dengan menggunakan layanan IaaS, Anda bisa lebih berhemat karena tidak memerlukan biaya tambahan seperti pemeliharaan infrastruktur, dan tidak membutuhkan banyak ruang. Yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet dan akses ke cloud Anda, sehingga Anda bisa mengaksesnya di mana pun dan kapan pun.

 

Platform as a Service (PaaS)


PaaS atau Platform as a Service adalah layanan cloud computing yang menyediakan sebuah wadah atau tools yang dipergunakan untuk mengembangkan, menjalankan, dan dimanfaatkan untuk mengelola sebuah sistem.

PaaS ini pada umumnya diperuntukkan bagi para developer yang membuat atau mengembangkan aplikasi atau website yang berbasis aplikasi. PaaS sendiri menyewakan beragam tools yang bisa disesuaikan dengan keperluan pengguna kapan saja selama ada jaringan internet.

Pengguna PaaS dapat membangun dan mengelola aplikasi secara cepat dan mudah. PaaS menawarkan tools yang lengkap dan akan sangat membantu pengembangan dari segi efisiensi waktu maupun biaya. Model layanan PaaS yang ada saat ini, yaitu:

Public, Private, Hybrid PaaS

Public PaaS adalah tipe layanan PaaS yang paling umum, user bisa mendapatkan semua keuntungan dari pelayanan PaaS dengan fleksibilitas akses melalui jaringan internet. Private PaaS lebih mengutamakan keamanan akses dan data yang ada pada jaringan cloud. Hybrid PaaS adalah gabungan dari keuntungan yang diberikan oleh public PaaS dan private PaaS.

Communication PaaS

Communication PaaS merupakan platform berbasis cloud yang memungkinkan pengembang untuk menambahkan fitur-fitur komunikasi tanpa adanya tambahan infrastruktur yang signifikan.

Mobile PaaS

Mobile PaaS ini adalah model layanan PaaS yang digunakan dalam pengembangan dan pengelolaan aplikasi seluler maupun browser.

Open PaaS

Open PaaS adalah model layanan PaaS yang berbasis open-source, di mana setiap orang bisa berkontribusi pada pengembangan aplikasi.

 

Software as a Service (SaaS)


SaaS atau Software as a Service merupakan sebuah layanan berupa software yang terkoneksi dengan internet, penyedia layanan ini biasanya menyewakan satu perangkat lunak atau software yang bertujuan spesifik dan berfungsi sebagai penyimpanan data secara digital.

Salah satu contoh SaaS yang sering digunakan sehari-hari adalah Google Document. Google Document ini tidak mengharuskan pengguna menginstall software pada perangkat, melainkan Anda dapat mengaksesnya secara online langsung melalui browser web.

Layanan SaaS ini bisa digunakan oleh siapa saja, bukan hanya untuk developer atau pebisnis saja, melainkan dapat digunakan juga oleh masyarakat umum. Keuntungan menggunakan layanan ini adalah Anda tidak perlu repot terus menginstall ulang untuk mendapatkan update terbaru. SaaS juga dapat menghemat penggunaan storage, karena semua catatan atau perubahan data akan disimpan pada Google Document.

Data-Storage as a Servise (DaaS)


DaaS atau disebut juga Data-Storage as a Service merupakan layanan yang banyak digunakan oleh masyarakat. DaaS dikenal juga dengan sebutan StaaS atau Storage as a Service. Layanan cloud dasar dari DaaS ini diperlukan tidak hanya oleh sebuah organisasi atau perusahaan, melainkan diperlukan juga oleh individu. Salah satu contoh DaaS adalah Google Drive.

Google Drive merupakan platform cloud storage gratis bagi setiap pemilik akun Gmail, namun Google Drive hanya menyediakan 15GB free storage untuk setiap user. Storage sebesar 15GB sangat cukup digunakan untuk pengguna personal. Namun, seorang pemilik perusahaan memerlukan space yang lebih besar, sehingga Anda berlangganan berbayar untuk mengupgrade storage pada Google Drive Anda.

Layanan DaaS memberikan keuntungan bagi Anda, salah satunya adalah Anda tidak perlu membeli perangkat keras untuk menyimpan setiap data perusahaan Anda. Dengan menggunakan DaaS, Anda akan lebih menghemat biaya pembelian device baru, perawatan, hingga menghemat tempat untuk penyimpanan device. Yang Anda perlukan hanya mencari penyedia layanan DaaS dengan fasilitas yang lengkap dan sesaui dengan kebutuhan perusahaan.

Selain itu, dengan menggunakan layanan DaaS, Anda juga bisa meningkatkan fleksibilitas dan skalabitilas perusahaan Anda. Karena Anda dapat mengakses data Anda kapan saja dan di mana saja selama Anda tetap terkoneksi dengan internet dan mempunyai akses atas akn Anda. Anda juga bisa dengan bebas menambah space atau storage sesuai dengan pertumbuhan dan kebutuhan perusahaan, kapan pun diperlukan.

 

Communication as a Service (CaaS)


CaaS adalah singkatan dari Communication as a Service, yang merupakan layanan cloud computing yang menyediakan infrastruktur komunikasi untuk sebuah perusahaan. Infrastruktur komunikasi tersebut sudah termasuk keperluan hardware dan software serta manajemannya.

Infrastruktur komunikasi dalam layanan CaaS biasanya termasuk sistem keamanan seperti enkripsi dan keamanan akun, dedicated bandwidth untuk memastikan kelancara komunikasi dan menghindari permasalahan delay serta pemantauan jaringan.

VoIP atau Voice Over Internet Protocol biasanya dibutuhkan dalam layanan komunikasi. VoIP merupakan teknologi komunikassi jarak jauh yang menggunakan jaringan internet. VoIP dapat membantu para penggunanya untuk berkomunikasi jarak jauh lintas kota, pulau, bahkan lintas negara dengan harga yang lebih murah. Contoh-contoh VoIP adalah aplikasi WhatsApp, Microsoft Teams, atau aplikasi video conference.

Pada umumnya layanan CaaS ini digunakan oleh perusahaan besar yang memiliki cabang lintas negara, dan bahkan perusahaan kecil yang sedang menjalankan sistem kerja remote working. Ini adalah contoh perusahaan yang menyediakan layanan CaaS, yaitu Microsoft Connected Service Framework (CSF) 3.0 dan IBM converged Communication Services.

 

Itulah beberapa layanan yang disediakan oleh cloud computing. Anda bisa memilih menggunakan layanan-layanan tersebut dengan menyesuaikan kebutuhan pribadi Anda dan perusahaan Anda.

0 komentar: