Friday, January 6, 2023

Cara Backup and Restore pada Zimbra Mail Server, Cek Selengkapnya di Sini!

 

Cara Backup and Restore pada Zimbra Mail Server, Cek Selengkapnya di Sini!

Anda mungkin masih bingung bagaimana cara backup, restore, dan moving pada Zimbra Mail Server. Seperti yang Anda ketahui, Zimbra merupakan perangkat lunak open source yang dapat digunakan untuk email dan kolaborasi. Software ini menyediakan solusi email server yang powerfull, penjadwalan, kalender grup, kontak, bahkan manajemen penyimpanan melalui web.

Zimbra juga menyertakan pengelolaan pencadangan yang dapat dikonfigurasikan pada setiap servernya. Dengan begitu, Anda tidak perlu menghentikan server Zimbra untuk menjalankan proses pencadangan ini. Hal ini karena konfigurasi pada setiap server tersebut dapat menjalankan fungsinya untuk melakukan pencadangan dan pemulihan.

Lantas, bagaimana menjalankan fungsi konfigurasi untuk melakukan fungsi pencadangan dan pemulihan tersebut? Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai cara mencadangkan dan memulihkan data pada Zimbra Mail Server. Pastikan Anda menyimaknya hingga akhir, ya!

Mencadangkan Mail Server

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Zimbra memberikan solusi pencadangan yang bisa dikonfigurasikan pada setiap servernya. Konfigurasi ini dapat dijalankan untuk melakukan pencadangan dan pemulihan.

Dengan begitu, Anda tidak perlu menghentikan server untuk melakukan pencadangan. Pengaturan pencadangan ini dapat digunakan untuk memulihkan satu pengguna. Ini lebih baik daripada harus memulihkan seluruh sistem ketika satu pengguna email mengalami kerusakan.

Adapun pencadangan penuh dan secara inkremental disimpan dalam file / opt / zimbra / backup.

Redo Log

Penting diketahui bahwa Zimbra Mail menghasilkan Redo Log yang berisi pertukaran data. Data tersebut diarsipkan dan diproses melalui server penyimpanan pesan sejak pencadangan inkremental terakhir.

Begitu server dipulihkan dan file dicadangkan serta dipulihkan sepenuhnya, redo log akan masuk ke arsip. Penggunaan redo log akan diputar ulang untuk membawa sistem ke titik sebelum mengalami kegagalan.

File redo log yang mencapai 100MB akan dialihkan ke direktori arsip. Saat itulah server memulai redo log baru. Semua pemindahan file yang tidak terikat dengan redo log sebelumnya akan dipertahankan.

Jika terjadi crash, saat server dimulai ulang, redo log akan mendeteksi untuk kembali melakukan pemindahan file yang tidak terikat tersebut. Begitu cadangan inkremental dijalankan, redo log dipindahkan dari arsip ke direktori cadangan.

Metode Pencadangan


Ada dua metode pencadangan yang dapat dilakukan, yakni Standard Backup Method dan Auto-Grouped Backup Method. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasannya berikut ini.

Metode Pencadangan Standar

Disebut juga sebagai Standar Backup Method, dimana proses pencadangan penuh akan dijalankan secara mingguan dan pencadangan inkremental harian. Proses pencadangan ini mencakup semua informasi yang diperlukan untuk memulihkan email. Termasuk juga server direktori LDAP, database, direktori indeks, dan direktori pesan pada setiap email.

Metode pencadangan standar ini juga dapat diterapkan pada perusahaan yang menjalankan pencadangan penuh selama bukan hari kerja.

Metode Pencadangan Grup secara Otomatis

Auto-Grouped Backup Method merupakan metode pencadangan otomatis yang direkomendasikan untuk kolaborasi Zimbra. Metode ini memungkinkan pencadangan secara penuh untuk semua akun sekaligus.

Metode juga dapat mencadangkan secara penuh untuk Mail Group yang berbeda pada setiap pencadangan terjadwal. Metode pencadangan grup secara otomatis ini dirancang untuk lingkungan kolaborasi Zimbra di mana pencadangan akun dapat memakan waktu yang lama.

Proses yang lama tersebut karena pencadangan dilakukan secara sekaligus antara pencadangan penuh dan inkremental. Setiap sesi yang dikelompokkan secara otomatis melakukan pencadangan penuh dari grup email yang ditargetkan.

Struktur Direktori untuk File Cadangan


Struktur direktori cadangan yang dibuat melalui proses pencadangan standar dapat Anda lihat melalui tabel di bawah ini. Anda dapat menjalankan pencadangan terjadwal secara rutin ke area target yang sama tanpa menimpa sesi pencadangan sebelumnya.

Pada file account.xml tercantum semua akun yang terdapat pada semua cadangan gabungan. Setiap akun tersebut menampilkan ID, alamat email, dan label pencadangan lengkap terbaru.

Jika Anda menyimpan sesi pencadangan ke lokasi lain, Anda harus menyimpan file account.xml terbaru ke lokasi tersebut untuk akun selama pemulihan. Jika file tersebut tidak ada, Anda harus menentukan label cadangan untuk dapat dipulihkan.

Sementara redo log terletak di / opt / zimbra / redolog / redo.log. Begitu ukuran file redo log mencapai 100MB, redo log akan bergulir ke direktori arsip / opt / zimbra / redolog / archive. Pemindahan yang dijalankan melalui redo log ini hanya dapat dilakukan jika jalur sumber dan tujuan berada pada volume sistem file yang sama.

Dengan kata lain, redo log dan redo-archive log harus berada pada volume sistem file yang sama karena file arsip merupakan subdirektori dari sistem redo log. Sementara semua sesi pencadangan tambahan dan pengelompokkan otomatis harus disimpan ke direktori yang sama, karena redo log harus ditemukan pada target pencadangan yang sama. Sedangkan sesi pencadangan penuh secara standar dapat menggunakan direktori target yang berbeda.

Di bawah ini merupakan tabel Struktur Direktori untuk File Cadangan.

/opt/zimbra/backup

Rooting pencadangan default

accounts.xml/

Daftar semua akun dengan alamat email, ID Zimbra, dan label cadangan lengkap terbaru. Account.xml mempertahankan pemetaan alamat email ke ID Zimbra dan juga pencadangan lengkap terbaru pada setiap akun

sessions/

Rooting sesi pencadangan

full-<timestamp>/

Direktori cadangan lengkap. Label waktu untuk sesi, waktu mulai pencadangan dalam GMT, termasuk milidetik. GMT menggunakan waktu setempat untuk mempertahankan urutan visual seluruh transisi

session.xml

Metadata tentang label pencadangan untuk sesi penuh atau tambahan, misalnya waktu mulai dan berhenti

shared_blobs/

Berisi file pesan yang dibagikan di antara akun berada di dalam cadangan ini

sys/

Tabel database global dan localconfig

db_schema.xml

Informasi skema database untuk tabel global. Setiap file dump tabel memiliki format .csv

localconfig.xml

Salin /opt/zimbra/conf/localconfig.xml saat melakukan backup

<table name>.dat

Lokasi pembuangan data tabel database

LDAP/ldap.bak

Pembuangan LDAP

accounts/

Setiap data akun disimpan di subdirektori ini

<…​/zimbraId>/

Rooting untuk setiap akun

meta.xml

Metadata cadangan akun

ldap.xml

Informasi LDAP akun, ID, sumber data, daftar distribusi, dan lain sebagainya

ldap_latest.xml

Jika ada, file ini tertaut ke ldap.xml cadangan inkremental terbaru

db/

Dump tabel database khusus akun

db_schema.xml

Informasi skema database untuk tabel akun

<table name>.dat

Lokasi pembuangan data tabel database

blobs/

File gumpalan

index/

File indeks Lucene

incr-<timestamp>

Direktori cadangan tambahan, mirip dengan skema direktori cadangan lengkap dan menyertakan metafile.

session.xml


sys/db_schema.xml


accounts/…​/<zimbraID>/ldap.xml

incr-<timestamp> tidak termasuk accounts/…/<zimbraID>/db/db_schema.xml karena cadangan inkremental membuang tabel akun.


Backup and Restore Menggunakan Konsol Administrasi

Berbagai prosedur backup and restore dapat dijalankan langsung melalui konsol administrasi. Pada panel navigasi, Monitoring > Backup mencantumkan masing-masing server.

Konfigurasi Pencadangan dari Konsol Admin

Cadangan dapat dikonfigurasi melalui konsol admin sebagai konfigurasi pengaturan global dan konfigurasi khusus server. Pengaturan server mengesampingkan pengaturan global.

Sementara pada pengaturan global, Anda dapat mengkonfigurasi alamat email untuk menerima pemberitahuan hasil pencadangan. Standarnya adalah mengirim notifikasi ke akun admin. Untuk Auto-Grouped, Anda dapat mengatur jumlah grup untuk membagi cadangan.

Sedangkan pencadangan standar adalah default dan dijadwalkan secara otomatis. Anda tidak perlu melakukan perubahan tambahan. Akan tetapi, saat menjalankan pencadangan yang dikelompokkan secara otomatis, Anda harus mengkonfigurasi jadwal pencadangan secara manual.

Untuk melakukannya, Anda dapat mengakses CLI dan lakukan pengaturan penjadwalan Auto-Grouped Backup pada zmschedulebackup-D guna mengatur jadwal default dan melakukan pencadangan grup secara otomatis.

Opsi Throttling dengan cadangan yang dikelompokkan secara otomatis. Metode ini mencadangkan email yang belum pernah dicadangkan saat pencadangan berikutnya dijadwalkan. Ini bukan opsi terbaik setiap kali pencadangan penuh diperlukan pada semua email.

Mengaktifkan Throttle Automatic Backups akan membatasi jumlah email dalam pencadangan harian ke T/N. Ini memecahkan batasan untuk mencadangkan semua email dan N secara harian, akan tetapi membantu pencadangan selesai selama jam istirahat.

Semua email dicadangkan setidaknya sekali, nonaktifkan throttle: zmprov mcf zimbraBackupAutoGroupedThrottled TRUE

Backup and Restore Menggunakan Perintah Baris Antarmuka

Prosedur pencadangan dan pemulihan Zimbra dapat dijalankan sebagai perintah CLI. Berikut ini utilitas untuk membuat jadwal pencadangan, melakukan pencadangan penuh dan bertahap, memulihkan server email atau server LDAP.
  • zmschedulebackup - Perintah ini digunakan untuk menjadwalkan pencadangan penuh, inkremental atau bertahap, dan penghapusan pencadangan lama.
  • zmbackup - Perintah ini menjalankan pencadangan penuh atau bertahap dari server email kolaborasi Zimbra. Dijalankan server secara langsung, sementara proses mailboxd dan server email sedang berjalan. Perintah ini juga mempunyai opsi untuk menghapus cadangan lama secara manual saat tidak lagi diperlukan.
  • zmbackupabort - Perintah ini menghentikan pencadangan penuh yang sedang dalam proses.
  • zmbackupabor -r - Perintah ini menghentikan pemulihan yang sedang berlangsung.
  • zmbackupquery - Perintah ini mencantumkan informasi tentang pencadangan yang berlangsung dan telah selesai, termasuk label dan tanggal.
  • zmrestore - Perintah untuk memulihkan cadangan ke server email kolaborasi Zimbra yang sedang berjalan.
  • zmrestoreoffline - Perintah ini memulihkan server email kolaborasi Zimbra saat proses mailboxd dihentikan.
  • zmrestoreldap - Perintah untuk memulihkan server direktori LDAP lengkap, termasuk akun, domain, server, COS, dan berbagai data lainnya.

Backup Menggunakan Metode Standar


Saat Anda memulai pencadangan, Anda dapat membuat perintah dari server yang sama. Anda juga bisa menjalankan perintah jarak jauh dan menentukan server target pada baris perintah tersebut. Anda dapat menjalankannya melalui konsol administrasi untuk memulai pencadangan ini.

Penjadwalan Backup Standar

Begitu Zimbra kolaborasi diinstal, jadwal pencadangan untuk metode standar backup penuh dan bertahap ditambahkan ke crontab. Di bawah jadwal default, pencadangan penuh ini dijadwalkan pukul 01.00 setiap hari Sabtu.

Sementara pencadangan tambahan dijadwalkan pukul 01.00 pada Minggu hingga Jumat. Secara default cadangan yang lebih dari sebulan akan terhapus setiap malam pada pukul 00.00 dini hari. Anda dapat mengubah jadwal backup menggunakan perintah zmschedulebackup.

Anda bisa menentukan bidang sebagai berikut. Pastikan setiap bidang dipisah dengan spasi kosong.
  • Menit - 0 hingga 59
  • Jam - 0 hingga 23
  • Hari dalam sebulan - 1 sampai 31
  • Bulan - 1 sampai 12
  • Hari dalam seminggu - 0 sampai 8 (0 atau 7 merupakan hari Minggu. Anda bisa menggunakan nama hari tersebut)

Ketik tanda bintang (*) pada bidang yang tidak Anda gunakan.

Jadwal Backup Standar Default

Jadwal pencadangan default ditampilkan sesuai dengan contoh berikut:

0 1 * * 6 /opt/zimbra/bin/zmbackup -f - all
0 1* * 0-5 /opt/zimbra/bin/zmbackup -i
0 0 * * * /opt/zimbra/bin/zmbackup -del 1m

Keterangan:
Pencadangan penuh berjalan pada 1 pagi di hari Sabtu
0 1 * * 6 /opt/zimbra/bin/zmbackup -f - all

Pencadangan tambahan berjalan pada pukul 1 pagi di hari Minggu hingga Jumat
0 1* * 0-5 /opt/zimbra/bin/zmbackup -i

Sesi pencadangan dihapus tengah malam 1 bulan setelah dibuat
0 0 * * * /opt/zimbra/bin/zmbackup -del 1m

Jika pencadangan dilakukan melalui konsol admin, Anda dapat membuka Beranda > Konfigurasi > Pengaturan Global > Cadangkan/Pulihkan. Anda dapat menambahkan alamat penerima tambahan atau mengubah alamat email pemberitahuan di konsol administrasi tersebut.

Proses Backup Penuh

Proses pencadangan penuh dapat ditempuh melalui langkah-langkah berikut. Proses ini untuk backup email, database, indeks, dan direktori LDAP:

  1. Mencadangkan data sistem global termasuk tabel sistem dan file localconfig.xml.
  2. Berulang melalui setiap akun untuk dicadangkan dan mencadangkan entri LDAP untuk akun tersebut.
  3. Menempatkan akun email dalam mode pemeliharaan untuk sementara memblokir pengiriman email dan akses pengguna ke email tersebut.
  4. Mencadangkan email:
    • Membuat dump MariaDB untuk semua data yang terkait dengan email tersebut.
    • Mencadangkan direktori pesan untuk email tersebut.
    • Membuat cadangan direktori indeks untuk email tersebut.
  5. Mengembalikan akun email ke mode aktif dan beralih ke berikutnya.
  6. Mencadangkan direktori LDAP.
Pencadangan penuh biasanya dijalankan secara tidak sinkron. Begitu Anda memulai pencadangan ini, label proses pencadangan sedang berlangsung dan akan segera ditampilkan. Pencadang berlanjut di latar belakang.

Anda dapat menggunakan zmbackupquery untuk memeriksa status cadangan yang sedang berjalan kapan saja.

Proses Backup Inkremental

Pencadangan tambahan dijalankan menggunakan perintah CLI, zmbackup. Proses untuk pencadangan ini adalah sebagai berikut:

  1. Mencadangkan data sistem global termasuk tabel sistem dan file localconfig.xml.
  2. Berulang melalui setiap akun untuk dicadangkan dan mencadangkan entri LDAP untuk akun tersebut.
  3. Memindahkan arsip redo log yang dibuat sejak pencadangan terakhir ke folder <backup_target>/redologs. Log yang diarsipkan berumur kurang dari sejam pada saat cadangan inkremental disalin ke cadangan dan tidak dihapus. Redolog ini dihapus satu jam setelah pencadangan. Interval diatur oleh localconfig key backup_archiverd_redolog_keep_time. Standarnya adalah 3600 detik.
  4. Mencadangkan direktori LDAP.

Menemukan Backup Tertentu

Setiap pencadangan penh dan inkremental merupakan sesi backup. Setiap sesi ini diberi label dengan tanggal dan waktu. Misalnya, label full-2021-712.155951.123, artinya cadangan tersebut diproses pada 12 Juli 2021 pukul 3:59:51.123.

Gunakan zmbackupquery untuk menemukan sesi pencadangan penuh. Berikut beberapa perintah yang dapat Anda ketahui.

  • Untuk menemukan sesi pencadangan penuh tertentu: zmbackupquery -lb penuh-20210712.155951.123
  • Untuk menemukan semua sesi cadangan lengkap di direktori cadangan: zmbackupquery --ketik full
  • Untuk menemukan sesi pencadangan penuh sejak tanggal tertentu: zmbackupquery --ketik full --dari "01/01/2021 12:45:45"
  • Untuk menemukan titik waktu terbaik memulihkan akun, tentukan jendela waktu: zmbackupquery -a user1@example.com --ketik full --dari "05/07/2021 12:01:15" --ke "12/07/2021 17:01:45"

Demikianlah cara backup and restore pada Zimbra Mail Server. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memproses pencadangan melalui Zimbra Mail Server.

0 komentar: