Apakah itu VPS (virtual private server) ?

VPS atau sering kalinya kita mendengar sebagai Virtual Private Server adalah satu produk yang menggunakan virtualization teknologi.

Virtualization adalah satu teknologi yang membagi-bagi satu server menjadi beberapa “virtual” server.  Di setiap “virtual” server ini, kami dapat menjalankan operating system yang kami hendaki, dimana kami bisa memakai itu  seperti satu “physical” server. (bisa di reboot, di re-install OS nya, dibuat macam2 tanpa mengganggu “virtual” server yang lain didalam physical server itu).

Biasanya physical server itu dijuluk atau dipanggil sebagai “host node” dan tiap tiap “virtual” server didalam physical server itu dipanggil sebagai “guest node”.

Ada dua tipe virtualization teknologi, software dan hardware virtualization.

Software virtualization, misalkan seperti openvz atau microsoft virtual pc, itu memakai software untuk mengontrol “virtual” server didalamnya. Dan semua “guest node” OS harus mengikuti “host node” punya OS. Jadi misalkan host node punya OS adalah linux, berarti guest node nya harus linux juga, (openvz). Disini memory atau RAM biasanya dishare sama sama. Jadi oversubscription bisa terjadi.

Hardware virtualization adalah kebalikan dari Software virtualization. Dia menggunakan hardware virtualization technology yang sekarang di support ama Intel dan juga AMD. “Guest node” OS bisa memakai sembarang operating system yang kami tujukan meskipun “host node” OS nya misalkan linux atau Windows. Ini bisa terjadi karena virtualization model di processor Intel atau AMD. Disini memory atau RAM itu dedicated dan tidak dishare sama yang lainnya.  Jadi lebih secure dan juga guaranteed.

Kenapa sih adanya teknologi ini? Ya untuk memanfaatkan resource resource yang tidak kepakai di sebuah physical server. Misalkan anda ada satu server yang powerful, ada memory 8GB terus processornya Xeon yang top notch. Tapi kalau web server itu tidak menggunakan semua resource RAM dan CPU, berarti dia gak kepakai sama sekali khan? nah sayang juga khan 🙂 jadi dengan adannya teknologi ini kamu bisa membuat satu virtual server misalkan mail server didalam physical server itu. Jadi anggapannya kamu ada “dua” server (virtual server). Save money dan juga save energy. (Save energy berarti membantu bumi kita lebih hijau 🙂 ).

Wowrack menggunakan hardware virtualization untuk produk produk VPS kami. The underlying application itu kita pakai Xen technology.

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack