Installasi Virtualmin

Virtualmin adalahweb server administration tool untuk system Linux dan Unix berbasis Open Source yang terkenal dengan manajemen system Web GUI, Webmin. Virtualmin memungkinkan kita untuk mengelola virtual domain, mailbox, database, aplication, dan semua server dengan interface yang mudah dimengerti. Virtualmin menawarkan empat metode dalam mengelola server yaitu: Web, mobile device, command line, dan remote API.

Untuk Installasi, Virtualmin dapat diinstall dengan beberapa cara, yaitu dengan cara otomatis dan manual. Installasi secara manual membutuhkan waktu dan pengalaman teknis yang memadai. Oleh karena itu,installasi yang paling mudah dan direkomendasikan adalah menggunakan automated install script. Dengan cara ini, proses installasi menggunakan standard paket OS, dan software repositories yang berisi software package formats virtualmin yang asli.

Untuk catatan kali ini sebelum menjalankan installasi Virtualmin, diasumsikan :

  1. Sudah ada OS yang berjalan dengan baik pada server/vps yang akan diinstall Virtualmin, pada kesempatan kali ini saya menggunakan vps CentOS 5.6 x86_64. (cek OS yang support Virtualmin),
  2. Ada koneksi inet yang memadai dan bisa terkoneksi ke software.virtualmin.com
  3. Package Management Tool, seperti (up2date, yum, yast, apt-get, etc.) dapat berkerja dengan baik.
  4. System telah diupdate.
  5. Pastikan Perl sudah terinstall dalam system.download automated install script dari http://software.virtualmin.com/gpl/scripts/install.sh

[root@server01 ~]# wget http://software.virtualmin.com/gpl/scripts/install.sh

ubah permission file install.sh agar dapat dieksekusi

[root@server01 ~]# chmod +x install.sh

jalankan file install.sh

[root@server01 ~]# sh ./install.sh

Installer Virtualmin sekarang mulai me-download, install, dan meng-konfigurasi beberapa paket. Tunggu hingga proses selesai. Lama waktu yang dibutuhkan tergantung dari kecepatan koneksi jaringan. Setelah selesai proses installasi, bisa dikases di https://ipaddress:10000 dan login menggunakan info login root server anda.

Blog Wowrack Indonesia

2 responses to “Installasi Virtualmin”

  1. Unknown says:

    #ASK
    kalau pas recheck configuration error "Suexec is enabled in the default template, but the Apache module mod_suexec is not installed or not enabled" saya install secara manual..
    minta solusinya

  2. Mas Ulum says:

    Selamat pagi,
    mengenai kendala tersebut, Modulde su_exec harus di Enable. Ubuntu/Debian enable menggunakan a2enmod suexec. dan untu redhat based di symbolic link ke directory Mod-enable.

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack