Juara Nokia DevStart Competition 2011

JW Marriot Hotel Surabaya, Jalan Embong Malang –  Surabaya menjadi saksi kemeriahan acara suWec 2nd Anniversary dan Final Nokia Dev Start Competition 2011. Acara yang diselenggarakan pada hari Kamis, 15 September 2011 kemaren dihadiri oleh perwakilan berbagai komunitas yang ada di Surabaya. Mereka ikut merayakan ulang tahun suWec yang ke-2. Meetup suWec kali ini tidak hanya merayakan syukuran ulang tahunnya, melainkan dibarengi dengan Grand Final Nokia DevStart Competition 2011.

Setelah pemotongan tumpeng dan diberikan secara simbolis kepada setiap perwakilan komunitas Surabaya yang hadir, acara dilanjutkan dengan Grand Final Nokia DevStart Competition 2011. Seperti yang diberitakan oleh DailySocial beberapa waktu yang lalu, ada 10 finalis yang terpilih untuk masuk ke babak grand final dan memperebutkan dua pemenang utama yaitu Best Local App dan Best NFC App.

Pada grand final kemarin 10 finalis yang terdiri dari Intip Buku NFC, Manaya (augmented reality), Movreak, Pemandu Wisata NFC (informasi wisata), Plantix (informasi tiket pesawat), Resep Nusantara (game), RTMC App (info lalu lintas), Sajian Sedap NFC (data base resep), Siap Bencana (informasi tentang bencana), Toresto NFC (katalog kuliner) mempresentasikan aplikasi mereka di hadapan juri yang terdiri dari Rama Mamuaya dan Aulia Masna dari DailySocial serta Narenda Wicaksono dari Nokia.

Para finalis yang berasal dari berbagai kota, seperti Surabaya, Yogyakarta, Bandung dan Jakarta menjelaskan aplikasi mereka serta sebagian besar peserta memberikan demo aplikasinya. Setelah melakukan presentasi, mendapatkan saran, kritik dan masukan dari para juri, akhirnya diputuskan bahwa pemenang untuk Nokia DevStart Competition adalah Manaya – Astria Nur Irfansyah untuk kategori Best Local App serta Sajian Sedap NFCAndri Yadi (Dycode) untuk kategori Best NFC App.

Dari presentasinya, Manaya merupakan aplikasi augmented reality yang bisa digunakan untuk mencari berbagai informasi dengan menggunakan kamera ponsel. Jadi kita bisa mengarahkan kamera, nantinya ada titik-titik tertentu yang memberikan informasi atas kategori tertentu yang kita dipilih.

Sedangkan Sajian Sedap adalah aplikasi data base resep (lebih dari 20.000 resep) atau yang disebutkan Andri sebagai social cooking. Aplikasi yang dikembangkan dengan Gramedia ini telah tersedia di berbagai platfrom, dan kali ini pengembangannya ditujukan untuk MeeGo. Yang menarik adalah penerapan NFC dari aplikasi yang diikutkan untuk lomba ini.

Pengguna bisa melakukan tap atas tag NFC yang kemudian terkoneksi dengan aplikasi, pengembangan lain adalah bisa terintegrasi dengan tag NFC yang disedikan sebagai program promo di mini/supermarket atau toko lain, misalnya menu apa yang ada di aplikasi Sajian Sedap yang menggunakan bahan-bahan yang sedang promo. Meski Andri juga menjelaskan bahwa penerapan teknologi ini mungkin baru bisa dalam beberapa tahun ke depan namun menarik untuk melihat perkembangannya.

Tentunya pengembangan dan penyempurnaan dari masing-masing aplikasi akan tetap diteruskan, semoga saja nanti jika perangkat N9 – MeeGo telah diluncurkan, aplikasi dari pemenang DevStart ini telah siap untuk dinikmati oleh pengguna.

Aplikasi Manaya, pemenang untuk ketegori Best Local App mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 75 juta rupiah sedangkan Sajian Sedap NFC – Andri (Dycode) mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 50 juta rupiah.

Selamat pada pemenang, dan bagi para pengembang lain (finalis serta peserta lain) semoga juga tetap mengembangkan aplikasinya dan menyempurnakan dari pengembangan yang telah dilakukan. Serta tidak lupa, selamat ulang tahun suWec, semoga semakin eksis aja dan membernya semakin kompak, aktif serta kreatif.

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack