Blog Wowrack

Bagaimana mentransfer file dari dan ke VPS

Yosia     30 July 2012     Infrastruktur Cloud     0 Comments

Cara paling mudah dan cepat melakukan transfer file dari dan ke VPS adalah melalui DROPBOX.Apa itu Dropbox?

  • Dropbox merupakan program yang jalan dilingkungan windows (ada juga versi yg jalan dilingkungan blackberry, ipod, android, dll). Dropbox mensimulasikan sebuah folder (folder layaknya folder/media penyimpanan di windows) dengan sebuah folder virtual (yg ada diluar sana).
  • Ketika Anda memasukkan (drag and drop) atau copy file-file ke folder Dropbox tersebut, maka seketika itu pula folder virtual diluar sana tersebut juga akan terisi file-file yang sama. Disinkronkan.
  • Jadi seandainya Anda menginstall Dropbox dikomputer desktop Anda, lalu menginstall Dropbox di VPS Anda. Maka isi folder Dropbox VPS dengan komputer folder Dropbox di dekstop Anda akan sama. Mudah sekali bukan?
  • Apapun yang ingin Anda upload/transfer ke VPS, tinggal letakkan difolder Dropbox komputer desktop Anda, atau sebaliknya jika Anda ingin membackup files dari VPS Anda tinggal letakkan file-file tersebut di folder Dropbox VPS Anda.

Step by Step Upload/Transfer Files ke VPS

  1. Pastikan file2 yang mau "ditaruh" di VPS, sudah berada rapih dilaptop/pc/flashdisk kita. Cukup kumpulkan di satu folder (misal di folder bernama: MT4-backup)
  2. Jalankan / klik 2x file terminal.exe (di folder MT4-backup tersebut) untuk test apakah MT4 sudah jalan, dan pastikan seluruh setting yang kita mau (berikut file2 EA) juga sudah ada disitu.
  3. Zip/Compress (dengan winzip atau winrar) folder tersebut menjadi 1 buah file (masih pada laptop/komputer kita).
  4. Gunakan Dropbox sebagai perantara, bisa juga gunakan email (sebagai attachment) untuk mengupload file hasil Zip/Compress tersebut. Login ke dropbox (jangan lupa 'create account' dulu di dropbox tentu) lalu upload file tersebut (masih pada laptop/komputer kita). Atau jika ingin mudah, tinggal download dan install dropbox di laptop kita saja.
  5. Buka/login ke VPS, buka IE dan ketik www.dropbox.com, >> login menggunakan email / account yg sama (dengan yang digunakan di komputer/laptop kita sebeulmnya), dan download file zip/compress yang kita upload (yang dimaksud) pada nomor 4 diatas.
  6. Extract / Uncrmpress file zip tersebut (di VPS) berupa 1 folder di desktop (atau disembarang tempat yang kita inginkan), buat shortcut terminal.exe di desktop (atau ditempat yang mudah di klik). dan jalankan......nah jadi deh... (Catatan: MT4 tidak butuh diiinstall, hanya jalankan terminal.exe dan metatrader akan berjalan dengan baik)

Tambahan Lain (kelemahan jika install dropbox di VPS):
Iya tentu saja, setiap kemudahan, pasti ada kelemahannya (ada pengorbanan begitu).
Karena Dropbox ini adalah sebuah program, apalagi di VPS kita dengan memori pas-pasan, tentu saja sebuah program sekecil apapun (apalagi Dropbox) tentunya akan menghabiskan (memakan) resource memori yang ujung-ujungnya menurunkan performance (kinerja) dari VPS kita.

Jadi gimana mengatasi kelemahan tersebut donk?
Ikuti petunjuk Step by Step Transfer Files ke VPS di atas. Selanjutnya di VPS, kita hanya perlu membuka web browser (IE atau Firefox atau yg lainnya) dan login dengan username dan password yang sudah kita buat di http://www.dropbox.com dan langsung unduh saja file-file yang sudah kita 'upload' tadi. Jadikan DROPBOX dan/atau lainnya, sebagai media perantara saja. Mudah bukan? Selamat bereksperimen !!!

Panduan Instalasi dan Penggunaan Dropbox
http://www.youtube.com/watch?v=gZRo-D3paHs

Blog Wowrack Indonesia

Tinggalkan komentar



Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Bisnis Anda
Logo Wowrack Horizontal breathing space-02
Surabaya (Kantor Pusat)
Jl. Genteng Kali No. 8, Kel. Genteng,
Surabaya, Jawa Timur 60275
Indonesia

Jakarta (Kantor Penjualan)
Menara BCA Lt. 50 Unit 4546,
Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310
Indonesia

© 2024 Wowrack dan afiliasinya. Hak cipta dilindungi undang-undang.