6 Penyebab Mengapa Online Marketing Anda Belum Berhasil

Online marketing sudah banyak digunakan oleh para pebisnis yang ingin memanfaatkan 61 juta pengguna internet di Indonesia dan lebih dari 2 Milyar di seluruh dunia. Strategi online marketing jika diterapkan dengan benar sudah banyak diakui oleh para ebisnis baik besar maupun kecil manfaatnya. Selain efisien dari segi target market, penggunaan internet marketing juga sangat efisien dari segi biaya. Bandingkan iklan yang Anda pasang di harian surat kabar nasional berukuran 3 kolom x 10 cm yang harganya sudah puluhan juta rupiah dengan social media marketing yang biayanya tidak lebih dari 10% biaya ikan di koran namun dapat menjadi lebih efektif hasilnya.

Lantas mengapa banyak pebisnis ada yang mengeluhkan bahwa strategi online marketingnya belum menghasilkan seperti yang diharapkan?

WHAT_IS_ONLINE_MARKETING1

Simak ulasan di bawah ini yang paling sering menjadikan strategi online marketing menjadi tidak efektif bagi pebisnis:

  • Pengunjung website yang terlalu sedikit. Dengan pengunjung website yang sedikit, kemungkinan Anda mendapat calon pelanggan juga menjadi kecil. Berapa banyak pengunjung website yang ideal? Pada dasarnya adalah sebanyak-banyaknya. Tetapi harus dipertimbangkan jenis bisnis Anda. Jika harga transaksi per unit produk/jasa Anda nilainya puluhan atau ratusan juta – atau bahkan miliaran, beberapa ratus pengunjung setiap bulan mungkin sudah cukup. Jika harga per unit produk/jasa Anda nilainya kecil, Anda membutuhkan pengunjung sebanyak-banyaknya, karena tidak semua pengunjung akan menjadi pelanggan Anda dan hanya ada x% akan menjadi pemakai produk/jasa Anda. Alasan mengap website Anda kurang pengunjung diulas berikut ini.
  • Tidak ada di halaman 1 Google untuk kata kunci yang mengandung nilai ekonomis adalah alasan utama mengapa website Anda sepi pengunjung. Jika Anda seorang konsultan pajak, maka sebaiknya website Anda ada di halaman pertama untuk kata kunci “konsultan pajak” di sebelah kiri halaman – atau disebut organic search. Untuk menempatkan website Anda di halaman 1, gunakan strategi Search Engine Optimization (SEO). Gunakan seorang Konsultan SEO yang sudah berpengalaman dan memiliki track record yagn dapat diandalkan.
  • Tidak Eksis di Social media adalah alasan lain mengapa pengunjung website Anda sedikit dan kurang omset dari online. Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter gratis, gunakan ini untuk mempromosikan website Anda. Pelajari bagaimana berpromosi di social media tanpa terkesan “jualan” atau pakai jasa seorang konsultan Social Media.
  • Tidak interaktif di website adalah faktor penting mengapa strategi online marketing Anda tidak jalan. Website yang terlalu lama dibuka, yang tidak pernah dijawab komen/pertanyaan dari pengunjungnya menjadikan strategi internet marketing Anda jalan di tempat. Pastikan website Anda memiliki seorang staff admin yang membuka website setiap hari dan cek apakah ada yang bertanya, meninggalkan pesan dll.
  • Customer service/admin tidak menjawab telepon yang ada di website/social media dengan profesional. Seringkali jika kita menelpon suatu bisnis, jawaban yang kita dapat adalah suara yang tidak semangat, ogah-ogahan atau bahkan kurang sopan. Apakah Anda akan berbisnis dengan bisnis seperti ini? Tentu tidak! Luangkan waktu untuk melakukan “mistery call” ke bisnis Anda sekali-sekali dan cek apakah mereka cukup profesional untuk mendatangkan omset untuk Anda.
  • Tidak ada data customer datang dari mana. Setelah Anda menginvenstasikan dana dan waktu yang tidak sedikit, yang paling buruk yang dapat Anda lakukan adalah tidak melakukan survey dari mana datangnya pelanggan/pemakai jasa Anda. Buat S.O.P yang mengharuskan setiap kali transaksi/telepon masuk berasal dari mana. Ini dapat berupa catatan tertulis atau masukan ke dalam system. Kaji ulang setiap 2 minggu atau setiap bulan hasil pencatatan ini. Seringkali terjadi sebenarnya pelanggan tau produk/jasa Anda dari online marketing, tetapi tidak ada staff Anda yang tau.

Jika semua hal diatas sudah Anda jalankan dengan benar, pasti akan terjadi peningkatan sales yang sangat signifikan – tanpa terkecuali. Salah satu saja dari hal diatas yang belum Anda lakukan, maka strategi online marketing Anda akan jalan ditempat.
Semoga bermanfaat!

Sumber

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack