[Infografi] Digital Enterprise: Optimize Your E-vestment and Social Responsiblity

Img: Wowrack

Surabaya (Wowrack) – Memasuki liburan akhir tahun, apa salahnya bila kita sharing sedikit tentang benefits CIT pada corporate yang anda bangun atau pimpin. Siapa tahu selepas liburan, sembari menatap dan menentukan arah pada 2015, anda memiliki paradigma baru dalam membawa corporates anda lebih maju kearah digital entreprise.

Jujur saja boleh dikatakan, digital entreprise atau dalam bahasa simplenya corporate yang memiliki awareness tentang vitalnya peran CIT dalam perkembangan corporates bukanlah topik bahasan yang baru. Toh, Awareness doesn’t equal to preparedness. Ibaratnya, tahu musuh dan tantangan sudah dekat, tapi cuma sekedar iya-iya tahu dan sadar.. tapi belum berbuat apa-apa?

Paradigma baru, survey AIIA, sebuah perusahaan yang bergerak dalam  bidang IT dari Australia, menyatakan pada 2016 potensi ekonomi berbasis internet di negara G20 ditafsir sekitar 4,2 T USD, sedangkan untuk negera berkembang seperti Indonesia pertumbuhan internet sekitar 20%. Angka ini tentunya lebih tinggi dibanding angka pertumbuhan nasional kita yang masih dibawah 10% bukan? Angka tersebut bukanlah tanpa dasar. Menurut AIIA, dalam dua tahun terakhir dunia telah memproduksi 90% jumlah data yang mana ditunjang oleh lonjakan aplikasi mobil web sebesar 8x lipat.

Lonjakan yang cukup tinggi bukan? Hal ini sama halnya potensi dan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan dunia saat ini. Dunia sudah ke arah digital, mau tak mau corporates tak hanya sadar melainkan sudah harus mempersiapkan diri kearah digital enterprise.

Tak heran, bagi pebisnis dan entrepreneur yang peka pada perkembangan jaman, menganggap CIT merupakan sebuah investasi yang menguntungkan. Salah satu bos pemilik salah satu surat kabar di Surabaya sendiri tak hentinya mengatakan pentingnya investasi dibidang ini. Bos tadi beralasan dengan IT dan Online yang kuat surat kabarnya tentunya diperhitungankan alias memiliki branding yang kuat baik di kancah lokal maupun nasional. Syukur-syukur dunia luar. Baginya, masa depan dunia akan banyak diranah internet dan online.

Tak dipungkiri dengan go online, branding dan image sebuah corporate akan terangkat. Apalagi bila web sebagai bentuk representatif digital entreprise mereka dikelola secara pro. Secara tak langsung mereka akan mendapatkan berbagai benefits. Apa saja diantaranya? Cost Effective advertising alias biaya iklan dan promosi yang lebih efisien dan efektif. Ada juga keuntungan round the clock availabilty. Dengan kata lain, dengan web, kantor selalu melayani kebutuhan informasi yang dibutuhkan karyawan atau customer.  Lantas, dengan dilengkapi akses customer feedback and interactive, corporate secara langsung bisa berinteraksi dengan customer dan melakukan analisa kebutuhan customer.

Lantas apakah CIT hanya diperuntukkan sekedar untuk web semata? Tak juga. Dunia sedang “demam” sosial media. Bila anda perhatikan, pengunjung sosmed lebih aktif dibanding pengunjung website. Tak heran banyak perusahaan dan corporate yang memberdayakan sosmed mulai dari sekedar branding, selling produk, mencari feedback, menggelar survey entah itu customer satisfaction atau sekedar mengetahui customer behavior, dan juga untuk memperkenalkan events. Nah, untuk itu corporate juga tak bisa tidak untuk tak melengkapi diri dengan seabrek akun sosmed.  Fakta berbicara, 23% corporate yang termasuk 500 besar dunia melengkapi dengan blog selain website. Sedangkan, 62% corporate tersebut memiliki akun twitter. So, sudah pasti, staff CIT tak bisa kerja santai. Staff CIT tak hanya mengurusi web saja melainkan harus bisa mengoptimalkan data tersebut. Bukannya apa, selain monitoring, data yang masuk melalui akun sosmed tak ubahnya golden data bila digarap secara optimal.

Tentunya hal diatas memberikan tantangan tersendiri bagi para CIT staff untuk memenuhi ekspektasi tersebut. Dengan hanya mengandalkan kekuatan corporate sendiri, apakah kira-kira mampu meng-handle? Belum lagi munculnya beberapa tantangan yang mungkin kerap muncul seperti ketersediaan power reliable alias daya listrik yang memadai dan guarenteed 24×7 available. Bukannya apa, dinegara kita masih saja ada pemadaman berkala. Lalu, lihat juga tantangan dari segi maintainance perangkat CIT yang kadangkala harus ditebus dengan harga mahal. Jangan lupakan skill para staff IT yang “maaf” terkadang tak selalu ontime update. Belum lagi security breach yang masih menjadi momok bagi perusahaan yang ingin go online. Tak heran, beberapa pebisnis dan corporate decision maker maju mundur untuk total masuk ke digital entreprise lantaran investasi yang kelewat mahal untuk membangun IT centre sendiri. Tentunya kalangan entreprise tak mau khan sudah mengelontorkan budget yang kelewat tinggi namun CIT kurang optimal?

Nah, solusi yang layak dipertimbangkan yakni menjalin partnership dengan perusahaan penyedia CIT infrastruktur sekaligus tenaga CIT yang kompeten. Lantas kira-kira apa yang keuntungan mengandeng perusahaan penyedia layanan CIT?





1. Reducing CIT Budget
Dengan mengandeng mereka, secara tak langsung mampu me-reduce anggaran CIT sekitar 20-40% dari budget. Bukan rahasia lagi kalau biaya CIT banyak terbuang sia-sia seperti pada outdate infrastructure dan inefficient CIT system. Belum lagi maintainance cost yang tak bisa dilewatkan.


2. Operational Efficiencies
Berpartner dengan penyedia layanan CIT, sudah tentu perusahaan anda bisa lebih efisien dalam mengambil kebijakan kedepan. Didukung oleh staff CIT yang lebih kredible dalam membuat project-project, anda tinggal menunggu hasil. Time is so valuable, don’t waste it..

3. Optimalization Portofolio
Dengan laporan berkala yang diolah dari berbagai data dari berbagai sumber bisa menjadi referensi dan analisis yang mampu memberikan solusi dan arah baik dalam hal langkah efisiensi hingga terobosan yang lebih optimal.

4. Emerging Technology Modernisation
Dengan perkembangan dunia IT yang terkenal rapid, para profesional CIT staff dari perusahaan penyedia layanan sudah tentu melek dan aware akan update-update infrastructure dan software termasuk serangan malware yang kerap menghantui.

Well, wowfreind, semoga sharing diatas bisa menjadi bahan to be considered untuk kebijakan enterprise anda di tahun 2015. Just not to forget, awareness doesn’t equal to preparedness..

Happy Holiday, Hope your corporate will get even advance in the upcoming year. (Josh/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack