Tuesday, December 9, 2014

Teknologi Dan Universitas Dalam e-University

Img: ideasandlogics
Surabaya (Wowrack)
- Berkembangnya IT (information technology) memberikan banyak peluang serta kemudahan di hampir semua bidang salah satunya yaitu bidang pendidikan. Di zaman modern seperti ini sangatlah penting untuk kita dapat memanfaatkan teknologi internet untuk belajar, karena segala informasi yang kita butuhkan dapat dicari dengan internet, hanya dengan meng-klik saja kita sudah dapat mengakses jendela dunia.

Pesatnya perkembangan informasi di bidang internet memungkinkan pengembangan layanan informasi yang lebih baik dalam suatu institusi pendidikan. Banyak sekali institusi yang memanfaatkan kesempatan ini untuk memberikan layanan belajar secara online atau yang sering di dengar dengan sebutan e-learning.

Kini di lingkungan perguruan tinggi juga banyak yang mengadopsi pembelajaran secara online yang diwujudkan dalam suatu sistem yang disebut dengan electronic university (e-University). Pengembangan ini bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga perguruan tinggi dapat menyediakan layanan terbaik dalam komunitasnya. Hal ini juga memudahkan para pelajar sehingga mereka dapat menuntut ilmu dan meraih gelar sarjana di mana saja tanpa harus selalu menghadiri pertemuan di kampus. Materi kuliah disediakan secara online sehingga materi tersebut dapat di akses oleh siapa saja yang membutuhkannya.

Pada jaman dulu, seseorang harus melakukan proses tatap muka dengan menempuh ruang dan waktu untuk melakukan pembelajaran atau pun mendiskusikan sesuatu. Kini dengan adanya teknologi seperti ini, pembelajaran atau pun pendiskusian dapat dilakukan dengan menggunakan email. Bayangkan apabila seorang mahasiswa yang berada di pulau Makasar dapat melakukan diskusi penelitian dengan seorang pakar di universitas terkemuka di Jakarta. Atau seorang dosen Perancis yang sedang berada di negaranya harus memberikan pembelajaran di Jakarta. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas internet dengan menggunakan video call atau email. Kini batasan geografis tidak lagi menjadi penghambat atau masalah lagi.

Hampir semua universitas di dunia sudah menerapkan sistem e-University, selain lebih efisien namun juga lebih produktif, bagi mahasiswa maupun instutisi itu sendiri. Mahasiswa dapat menuntut ilmu sambal bekerja, dan bagi instutisi, mereka dapat lebih menghemat biaya ruang dan mengoptimalkan di bagian lain.

Bila di rangkum secara keseluruhan, e-University memberikan banyak sekali manfaat, seperti ; perpustakaan online, akses langsung ke pakar atau ahli, melaksanakan kegiatan kuliah secara online, penyediaan fasilitas pencarian data, dan lain-lain.

Untuk instutisi pendidikan yang menyelenggarakan e-University membutuhkan keamanan yang ekstra, sehingga data yang disimpan dapat tetap terjaga. Misanya sebuah makalah atau penelitian yang dibuat oleh mahasiswa, jangan sampai bocor sehingga menjadi bahan contekan orang lain. Karena makalah penelitian atau skripsi bersifat confidential. Data - data materi kuliah dalam bentuk video atau tulisan yang merupakan peran penting dalam berjalannya pembelajaran online membutuhkan perhatian khusus agar selalu tetap terjaga.

IT dapat menjadi alasan yang kuat untuk menjadikan internet sebagai infrastruktur pendidikan, dan begitupula Wowrack dapat menjadi untuk penyedia infrastrukur yang kuat untuk pelayanan pendidikan yang aman.(Hardi/wwrk)

Author:

0 komentar: