Faktor Pertimbangan Untuk Memilih Cloud

Faktor Pertimbangan Cloud
Img: Wowrack

Surabaya (Wowrack) –  2015 akan menjadi tahun yang semakin menjadikan Cloud Services sebagai primadona untuk menyimpan data perusahaan. Apalagi bagi perusahaan-perusahaan baru yang mungkin belum bisa membeli penyimpanan dalam jumlah besar. Adanya Cloud ini semakin mempermudah sebuah perusahaan dalam mengelola data. Penggunaan yang fleksible dan kecepatan menjadi alasan kenapa perusahaan lebih memilih Cloud.

Cloud ada beberapa tipe yang pertema adalah Public Cloud. Public Cloud sebenarnya penggunaannya hampir sama dengan Shared Hosting, dimana dalam 1 server ada banyak pengguna.

Yang kedua adalah Private Cloud, sesuai dengan namanya yaitu Private cloud tipe ini memberikan kenyamanan bagi perusahaan karena hanya ada 1 pengguna dalam server tersebut.

Yang ketiga adalah Hybrid Cloud dimana tipe ini bisa digunakan untuk public ataupun untuk private.

Dan yang terakhir adalah Community Cloud yang diperuntukkan bagi pengguna yang perlu membuka dengan banyak orang dalam satu grup.

Mari sejenak kita melihat infografi tentang cloud berikut ini:

what is cloud computing
Img: Microsoft

Nah pertanyaannya adalah bagaimana untuk mempertimbangankan memilih antara Public Cloud atau Private Cloud yang paling banyak diminati oleh perusahaan. Berikut adalah beberapa tipsnya.

1. Anggaran
Anggaran adalah hal penting yang harus Anda pikirkan. Pilihlah jasa cloud yang baik, dan jangan pernah terpesona dengan harga “Super Murah” namun lebih memilihlah tentang kualitas dan pelayanan. Terlebih lagi tentang security dan privacy data Anda.

2. Komitmen Dalam Kerja Sama
Cloud memiliki banyak tipe, Anda bisa menyewa Cloud Per-Jam, Per-Hari atau sesuai keinginan Anda yang lebih panjang. Dan bagi Anda yang sudah menentukan penyedia cloud, maka Anda harus memastikan bahwa perusahaan tersebut memiliki komitmen yang baik. Selain untuk data Anda, tapi juga untuk kerja sama jangka panjang.

3. Keamanan Dan Lokasi
Bagaimana provider memberikan keamanan untuk data Anda. Anda juga harus bisa membagi mana data untuk public cloud dan mana data untuk private cloud. Jika data itu penting maka Anda harus tahu bahwa data itu akan disimpan dalam private cloud. Serta lokasi server itu berada, Anda harus mencari provider Lokal jika memungkinkan, namun jika tidak memungkinkan Anda bisa mencari provider luar.

4. Fleksibilitas
Seberapa cepat data Anda bisa di akses setelah tersimpan di Cloud? Adalah prtanyaan yang harus Anda miliki jawabannya. Tidak bagus juga bila kita ingin data sekarang juga, ternyata penyimpanan di Cloud baru selesai 4 jam lagi. Selain itu, bagaimana tim penyedia cloud apakah tersedia dalam 24 jam selama seminggu atau tidak. Karena ketersediaan tim sangat penting saat sewaktu-waktu Anda memiliki masalah.

Ada banyak faktor lain yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda, Dan hal penting adalah jangan hanya melihat dari harga murah. Namun, perhatikan pelayanan maksimal yang akan Anda dapatkan meskipun harus membayar lebih tinggi. (Ulum/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack