Friday, January 9, 2015

Pilih VPS Hosting Atau Cloud Hosting Untuk eCommerce?

e-Commerce Vps
Img: Wowrack
Surabaya (Wowrack)
- eCommerce mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Bukan hanya dalam bentuk Forum Jual Beli saja, namun banyak retailer online yang kini menyiapkan situs khusus untuk tempat mereka berjualan. Dari situs-situs yang ada saat ini, mereka bukan hanya bersaing dalam produknya saja, namun juga bersaing dalam hal kecepatan situs.

Sebagai pelaku bisnis Online, kita jangan pernah memikirkan hosting murah seperti halnya Shared Hosting, karena Share Hosting sangat rentan dengan yang namanya down server. Hal ini karena pembagian server yang dengan banyak situs lain.

Untuk itu, Wowrack Indonesia menyarankan Anda menggunakan VPS Hosting atau Cloud. Namun, sebelum menentukan pilihan akan memilih yang mana, berikut kami berikan ikhtisar tentang VPS dan Cloud yang mungkin bisa menjadi panduan untuk Anda.

1. VPS Hosting
VPS Hosting sebenarnya baik untuk website Anda. Meski dalam kenyataannya VPS hampir sama dengan Shared Hosting, Namun VPS memiliki keunggulan lebih baik. Untuk itu pemilihan VPS hosting jauh lebih baik daripada Anda menggunakan Shared Hosting.
Selain itu, VPS Hosting juga memiliki keunggulan dari sisi keamanan, dan dengan VPS Anda bisa melakukan BackUp data sesuai dengan keinginan Anda.

2. Cloud
Cloud sebenarnya adalah VPS versi modern, akan tetapi Cloud memiliki keunggulan 99,99% uptime untuk situs web. Apalagi untuk eCommerce yang bisa menarik pembeli dalam waktu 24 jam. Selain itu, Anda mengeluarkan biaya sesuai dengan kemauan Anda. Maksudnya, Anda bisa memilih paket yang sekiranya cocok untuk Anda dengan lebih mudah, misal pemilihan paket satu hari, seminggu dan seterusnya. Berbeda dengan VPS dipakai atau tidak, Anda tetap harus membayar sesuai kontrak.
Kesimpulannya, Penggunaan dari VPS Anda harus membayar sesuai kontrak, misal Rp1.000.000,- per bulan, sedangkan Cloud bisa menggunakan sesuai kebutuhan misal menggunakan satu Minggu, Anda cukup membayar 1 Minggu.

Dalam eCommerce yang masih baru sangat cocok menggunakan VPS, karena masih belum memiliki traffic yang tinggi. Namun, Jika website sudah memiliki traffic yang padat, pemilihan Cloud adalah keputusan yang sangat-sangat baik.

Namun, Anda juga harus memiliki rencana membangun data Center sendiri jika kunjungan situs Anda sudah sangat padat. Akan tetapi jika membuat Data Center sendiri, itu akan sangat membebani Anda. Mulai dari Gedung, Tehnisi maupun fisik dari server.

Selanjutnya, Anda bisa memutuskan mana yang akan Anda pilih.(Ulum/wwrk)

Author:

0 komentar: