Bagaimana Mengoptimalkan Budget Digital Marketing

Img: huffpost

Surabaya (Wowrack) – Banyak perusahaan yang rela menghabiskan dana yang cukup besar untuk mengalokasikan pemasaran. Namun meskipun demikian, keuntungan perusahaan tersebut tidak sepadan dengan apa yang mereka keluarkan. Ada pula beberapa perusahaan yang mengalokasikan dan pemasaran untuk Digital Marketing dengan dana yang relative lebih kecil, namun menguntungkan perusahaan hingga 2x lipat.

Bagaimana bisa? Berikut adalah tips bagaimana mengoptimalkan budget Digital Marketing agar bisa mendatangkan keuntungan.

1. Fokus pada pemasaran yang baik.
Anda bisa melihat statistik yang terdapat pada Google Analytics. Lihatlah seberapa banyak pengunjung yang masuk ke website Anda dengan cara melihat hasil Online Campaign yang Anda lakukan. Dan, apabila Anda sudah mengetahui hal itu, fokuslah untuk memasarkan di tempat yang sama,

Contoh Anda memasang iklan di Web Portal mendatangkan pelanggan sebanyak 80%, namun dari Google Ads Anda hanya mendatangkan pelanggan 20%, maka Anda bisa melanjutkan pemasangan iklan di Web Portal sebelumnya.Cara ini bisa Anda lakukan hingga terjadi penurunan signifikan, untuk kemudian Anda berpindah tempat pemasaran.

2. Mengendalikan Target dan Anggaran
Ada banyak pemasaran online besar yang bisa Anda coba, namun Anda juga harus bisa mengontrol target pemasaran. Percuma apabila Anda pasang iklan dengan anggaran tinggi, akan tetapi tidak fokus pada target. Karena itulah, pandai-pandailah menentukan target pemasaran Anda.

Contoh sederhana adalah pada Facebook Ads, pada Facebook Ads Anda bisa mengontrol target misal “jenis kelamin, usia, Minat, Hobi” dan lain sebagainya. Kontrol target inilah yang akan membantu mengoptimalkan pemasaran Anda.

3. Mulailah dari pemasaran skala kecil
Anda jangan terlalu berambisi dalam pemasaran online, hal ini bisa menjadi boomerang bagi bisnis Anda. Anda bisa bereksperimen dalam pemasaran skala kecil ini. Dengan demikian Anda bisa memiliki data bagaimana memasarkan produk Anda dengan target yang benar. Mulailah iklan melalui akun-akun sosial media yang memiliki harga cukup murah, atau mulailah dengan Facebook ads yang bisa Anda setting minimal Rp30.000 ,- per hari.

Setelah eksperimen inilah Anda juga harus bisa mempertimbangkan Relevansi dari hasil pemasaran sebelumnya. Dan buatlah keputusan untuk memilih tempat melakukan pemasaran yang menguntungkan dan juga bisa memulai untuk meningkatkan budget agar mendatangkan keuntungan lebih.

4. Cross-Channel Remarketing
Penerapan cara ini adalah untuk memperbaiki penjajakan yang sudah dilakukan sebelumnya. Contohnya, Anda memiliki link target agar pengunjung melihat produk Anda. Dalam hal ini Anda bisa memasang link yang sama namun dengan tampilan yang berbeda. Hal inilah yang disebut Cross-Channel Remarketing. Semisal Anda membuat iklan di Google dengan topik A, Topik B untuk iklan di Facebook dan juga Topik C di iklan twitter. Dari semua iklan yang Anda pasang, pada akhirnya masuk di link yang sama.

Cross-Channel adalah cara yang paling banyak dilakukan dalam Digital Marketing, karena dengan penerapan sistem ini, iklan yang dipasangkan akan lebih efektif. Sebenarnya masih ada banyak cara agar Digital Marketing yang Anda lakukan lebih optimal. Wowrack akan memberikan tips lainnya di postingan yang akan datang. (Ulum/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack