Cloud Sebagai Formula Kesuksesan UKM

img: Lerablog

Surabaya (Wowrack) – Cloud sudah hampir menjadi salah satu teknologi yang harus di terapkan disemua perusahaan. Baik perusahaan kecil ataupun dalam UKM. Cloud sendiri sangat cocok untuk UKM karena banyak keuntungan yang didapat dengan menggunakan cloud.

Di Indonesia, UKM masih sangat asing dengan Cloud, padahal jika pelaku usaha kecil. Sebagai contohnya adalah online shop yang memiliki 10 Reseller misalkan. Dalam hal ini Public Cloud seperti Google Speedsheet bisa digunakan untuk mengumpulkan stok barang. Selain menyimpan untuk data stock barang, dengan spreadsheet yang di share dengan reseller otomatis akan memberikan update ketika Anda sebagai pemilik merubah data.

Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi menjawab pertanyaa reseller semisal “produk ini ada ga mas/mbak atau ini size apa saja yang ready” cukup share dengan akun Google mereka, maka mereka bisa melihat data yang Anda ubah.

Cloud juga menekan pengeluaran, menurut VP Fabeics & Virtual Infrastructure Avaya, penggunaan cloud dapat menekan biaya hingga 20-30%. Dengan demikian, bertambah lagi keuntungan yang didapat perbulannya.

Cloud yang sangat fleksibel juga memudahkan para pelaku bisnis dalam melakukan upgrade. Jika menggunakan hardware, maka sudah pasti akan membutuhkan biaya yang mahal. Sementara cloud semua system di upgrade dengan mudah dan murah yaitu melalui sektor software.

Menurut Garry E Bannett, Cloud adalah salah satu formula untuk membawa pelaku UKM bangkit dan menjadi sukses. (Ulum/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack