Kenapa Hacker Sering Menyerang Anda?

Img: wonderhowto

Surabaya (Wowrack) – Sudah banyak kasus kejahatan dunia digital yang terjadi. Hal ini sebenarnya tidak luput dari kesalahan yang dillakukan oleh Anda sendiri yang tidak berhati-hati ketika menggunakan PC dan juga Internet Anda. Seperti contoh yang kerap menjadi korban adalah orang-orang yang membuat kesalahan dengan mengurangi security yang mereka miliki. Contohnya mematikan Firewall pada PC. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa kejadian yang bisa mejadikan Anda sebagai sasaran empuk hacker.

1. Mengklik iklan / pop up yang tidak jelas
Sering kali kita menemukan pop up iklan atau kadang pop up download yang sebenarnya pop up tersebut membawa dampak tidak baik untuk Anda. Perlu Anda ketahui, pada pop up iklan atau button download tersebut sering kali mengandung malware ataupun program jahat lainnya. Sekali klik, bisa membuat PC Anda terserang.

2. Password lemah/sudah di gunakan di banyak akun
Masalah Password adalah masalah yang sudah sangat sering menjadi penyebab seseorang menjadi korban Cyber Crime. Meskipun demikian, masih ada saja yang menggunakan password yang tidak aman dan bahkan membuat password yang sama untuk semua akun.

3.OS Yang sudah usang / jadul
Kegunaan upgrade OS adalah untuk meningkatkan performance dan juga Security. Jika Anda tidak segera memperbarui OS pada PC itu berarti Anda juga sudah siap dengan serangan hacker yang bisa saja sudah mengetahui kelemahan OS jadul yang Anda gunakan.

4. Encrypt Wi-Fi yang lemah
Jika Anda menggunakan Wi-Fi, pastikan Anda menggunakan WPA2 pada pengaturan. WPA2 memiliki keamanan yang lebih baik daripada WEP. Banyak pakar IT yang mengatakan bahwa WEP sangat mudah di bobol dan yang terjadi selanjutnya adalah data Anda bisa dibajak karena kesalahan ini.

5. Mematikan Firewall
Sering kali pemilik PC tidak dapat menggunakan software karena dihalangi oleh Firewall. Padahal, dengan menonaktifkan Firewall sama saja dengan mempersilahkan program jahat memasuki PC Anda. Sekalipun sudah ada Antivirus, bukan berarti Anda harus mematikan Firewall. Jika Anda menggunakan PC silahkan aktifkan kembali Firewall yang Anda nonaktifkan.

Itulah beberapa hal yang membuat hacker lebih mudah masuk atau bahkan mencuri data Anda. Untuk itu, kami menghimbau kepada wowfriends untuk segera memperbaiki lima poin diatas agar kemanan data Anda lebih terjamin. (Ulum/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack