Tips Agar Tidak Tertipu Bisnis Online Abal-Abal

img: josephponnou

Surabaya (Wowrack) – Meski pelaku sudah banyak yang ditangkap, bukan berarti penipuan yang mengatas namakan penjual “jujur” di dunia maya sudah usai. Hal ini bisa dibuktikan dengan masih adanya kasus-kasus serupa yang di alami oleh netizen. Banyak pembeli yang barangnya tidak sampai, ada yang kecewa karena produknya berbeda dengan apa yang dipesan serta keluhan-keluhan lain yang merugikan pembeli.

Pertumbuhan onlineshop di Indonesia begitu cepat merayap. Bukan hanya dari kota-kota besar saja, penjual dari pelosok pun ada yang memulai bisnis ini. Nah, dengan banyaknya penjual ini, bagaimana agar kita yakin kalau barang yang di jual adalah benar-benar ada dan tidak membuat kita tertipu? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

1. Pilih transaksi melalui market place.
Market place di Indonesia sudah bekerja dengan baik, sistem yang semakin aman akan sangat membantu pembeli mengamankan uang serta pesanan. Dari market place kita bias memilih penjual yang sudah memiliki reputasi baik agar lebih meyakinkan bahwa barang yang dibeli juga bagus.

2. Menggunakan Rekber
Rekber (Rekeneing bersama) ini memiliki sistem yang sama dengan market place, bedanya dengan market place, rekber disini bis aberupa Individual ataupun perusahaan. Kebanyakan transaksi melalui rekber ini terkenal melalui forum terbesar di Indonesia yaitu Kaskus.

3. Cash on Delivery
Meminta penjual untuk mengirimkan paket yang menerima COD adalah salah satu cara yang sangat aman bagi para pembeli. COD disini bukan hanya karena satu kota saja, akan tetapi bisa dilakukan antar kota dengan menggunakan jasa ekspedisi yang menerima COD. Sistemnya sama seperti kita mengambil barang dari penjual langsung. Anda sebagai pembeli akan menitipkan uang kepada kurir yang datang membawakan barang yang Anda pesan dari penjual.

Itulah beberapa tips agar Anda tidak menjadi korban penipuan bisnis online abal-abal. Selain tips-tips diatas masih banyak hal yang Anda lakukan agar Anda tidak menjadi korban penipuan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk WowFriends. (ulum/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack