Instagram Sebagai Media Promosi, Bukan Online store

Img: wowrack

Surabaya (Wowrack) – Banyak cara pelaku bisnis memasarkan produk, salah satunya adalah dengan menggunakan Instagram. Media social yang satu ini seakan menjadi primadona baru bagi marketer untuk memasarkan produk dengan kreatifitas melalui desain maupun foto produk. Tahukah Anda, bahwa sejatinya Instagram dan media socia lainnya adalah sebuah infrastruktur untuk memasarkan produk Anda.

Lihatlah beberapa online store, mereka kebanyakan hanya menggunakan Instagram sebagai media mempromosikan produknya. Banyak yang beranggapan, mempromosikan barang di Instagram adalah sama dengan online store. Faktanya, toko online sebenarnya berbeda dengan anggapan orang-orang tersebut.

Toko online adalah sebuah website yang dapat melakukan transaksi secara langsung melalui website tersebut. Market place adalah yang menyediakan tempat bagi penjual dan customer yang menjadi perantara antara keduanya. Bagaimana dengan Instagram?

Instagram tetap tidak dapat melakukan order langsung, para penjual di Instagram hanyalah memasarkan produk. Dimana, apabila ada yang ingin memesan masih harus menghubungi penjual melalui kontak yang ada pada keterangan masing-masing gambar.

Apakah Instagram dapat disebut toko online? Jawabannya adalah tidak, hal tersebut tetap hanya disebut sebagai marketing online bukanlah toko online. Karena untuk transaksi tidak dapat langsung melalui website tersebut.

Perlukah toko online bagi pelaku bisnis yang sudah sukses melalui Instagram? Jawabannya adalah sangat diperlukan. Alasannya adalah, memiliki toko online sendiri akan memperkuat brand yang sudah dibangun melalui Instagram. Dengan adanya website, pelanggan akan lebih mudah dalam melakukan transaksi. Selain itu, jika Anda memiliki website, pelanggan juga dapat lebih mudah melihat stock-stock produk yang Anda jual.

Instagram ibarat pasar untuk toko online Anda, sedangkan website adalah tempat dimana Anda menjual. Sekalipun Anda sudah sukses berjualan di Instagram, Anda sukses seperti halnya pedagang kaki lima yang masih keliling untuk berjualan tanpa memiliki tempat. Apabila Anda sudah memiliki website toko online, maka Anda sudah memiliki tempat tetap untuk berjualan. Dengan adanya tempat tersebut, maka Anda sudah selangkah lebih profesional dalam menjalankan bisnis online Anda.(Ulum/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack