Security Lemah, Melalui Scam Email Bisnis Total $2,3 Miliar Berhasil Dicuri

Img: techhive

Surabaya (Wowrack) – Selama dua setengah tahun terakhir, penjahat cyber telah berhasil mencuri uang lebih dari USD 2,3 miliar. Uang tersebut didapat dari hasil mencuri uang perusahaan di seluruh dunia dengan menggunakan email penipuan.

Email ini dikenal dengan Business Email Compromise, dimana pelaku menyamar dengan menjadi kepala organisasi, eksekutif perusahaan atau manajer yang menginstruksikan karyawan melalui email untuk melakukan pengiriman uang.

Menurut laporan yang dikeluarkan oleh FBI seperti yang dikutip dari CIO, antara Oktober 2013 hingga Februari 2016, terdapat sebanyak 17.642 organisasi dari Amerika serikat dan 79 negara lainnya telah menjadi korban serangan BEC.

Penipuan yang dilakukan juga dalam bentuk yang berbeda-beda. Bukan hanya menjadi seorang eksekutif dari perusahaan, tapi juga bisa menjadi salah satu mitra terbaik dari perusahaan yang meminta pembayaran.

Untuk melancarkan serangan melalui BEC ini, pelaku biasanya meneliti perusahaan yang menjadi taget. Tak hanya itu, mereka juga meneliti siapa karyawan yang akan melakukan pembayaran nantinya.

Bahkan, para hacker yang memiliki kecerdasan dan teknologi lebih, mereka bisa menyisipkan malware pada akun email CEO perusahaan untuk mencuri data-data yang ada pada email CEO perusahaan tersebut.

Dalam kasus lain, mereka menggunakan nama domain yang mirip atau spoofing. Bahkan pelaku ada yang meneliti perusahaan untuk mengetahui alur kerja internal perusahaan dengan mengacak-acak email server perusahaan.

Pada tahun 2015 lalu, perusahaan mainan mentransfer uang sebesar USD 3 juta. Menurut keterangan karyawan yang melakukan transfer, dirinya mendapatkan email dari CEO yang baru saja diangkat untuk melakukan pembayaran kepada salah satu vendor di China. Tahun ini, salah satu bank di belgia kehilangan USD 70 juta.

Menurut statistik FBI, sejak Januari 2015 terjadi peningkatan sebesar 270 persen jumlah korban dari serangan BEC.

Tingkatkan kamanan email server perusahaan Anda dengan menggunakan layanan Email Server Wowrack Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi halaman web wowrack indonesia atau telpon sekarang juga ke layanan telepon 031 – 60002888 atau melalui email sales@wowrack.co.id.

Source

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack