Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Dengan Cloud Wowrack

Surabaya (Wowrack) – Sistem Informasi Akademik atau biasa didengar dengan sebutan SIAKAD ini sering menjadi salah satu hal yang menjadi masalah serius bagi universitas yang bisa dibilang masih baru atau yang belum memiliki banyak mahasiswa didalamnya. Keluhan utama ialah biaya dan maintenance untuk server. Namun hal ini sudah ada solusinya dari Wowrack pada beberapa waktu lalu, Wowrack meluncurkan Wowrack Cloud untuk Edukasi. Dengan adanya Cloud Edukasi hasil kerjasama dengan PT. Sentra Vidya Utama (SEVIMA) yang mengembangkan SIAKAD berbasis Cloud, Wowrack dan SEVIMA berharap dapat memajukan kinerja akademis universitas baik disisi komite akademiknya maupun dari sisi mahasiswanya.

Kira-kira bagaimana sih cara kerjanya SIAKAD berbasis Cloud ini? Sedikit gambaran mengenai fitur lebih server cloud dibanding pendahulunya. Cloud adalah sebuah server generasi baru yang memberikan benefit bagi pengguna dan pengaksesnya mengakses data dimanapun dan kapanpun. Namun, perbedaanya adalah disisi tata infrastrukturnya, sekiranya dahulu sebuah Cloud Traditional diibarat sebagai sebuah rumah dengan kamar-kamar yang sudah dipetak-petakkan, maka  Cloud Modern yang di Wowrack kami pakai memberikan fasilitas yaitu tiap kamar bisa digabungkan, atau diperbesar komponennya tanpa memakan banyak waktu dan tenaga yang lebih. Sedangkan SIAKAD adalah program akademis yang dirancang untuk dapat memberikan Informasi baik dari Dikti maupun sebagai input data dari universitas masing-masing yang membutuhkan kapasitas flexible dan data komputasi yang kuat, sehingga baik Wowrack Cloud maupun SIAKAD saling bersinergi untuk pekerjaan akademis yang dibutuhkan.

Untuk mengenal lebih tentang Cloud, Cloud Modern juga sudah dirancang agar dalam penggunaanya lebih aman, apabila kita sudah terbiasa merakit PC dengan single Harddrive, dan apabila  Anda  tidak sengaja mendapati harddisk atau tempat penyimpanan data  Anda  rusak, maka tidak ada yang bisa  Anda  lakukan. sebaliknya dengan server cloud sudah dirancang dengan skema rancangan yang saling mendukung hardwarenya untuk mengkompensasi kerusakan, dimana sudah ada drive cadangan dalam jumlah yang tidak menentu (sesuai kebutuhan) tetapi tetap effisien dalam fungsinya. Sehingga pada hasilnya jika  Anda  mendapati ada kerusakan dalam hardware harddisk  Anda  yang pertama sudah dinetralkan kerusakannya dengan harddisk kedua.

Dengan perihal pengertian cloud diatas terlihat mudah juga dalam membuat cloud.  Perbedaan menyimpan data pada cloud pribadi di tempat  Anda  bekerja dengan Cloud dari Wowrack dapat  Anda  lihat jika  Anda  sudah mulai membandingkan listrik di kantor  Anda  dengan listrik yang ada di datacenter yang tentu lebih mumpuni. Supply di Datacenter dirancang dengan asas saling mentoleransi kegagalan atau di istilah aslinya kita bisa sebut dengan redundancy. Caranya adalah mereka mendistribusikan listrik dengan tepat dan sesuai pada tiap server, dicadangkan oleh sumber listrik lain atau jika tidak ada beberapa UPS dengan skala besar dan mampu menahan daya dari jumlah total server akan menyuplai daya listrik untuk beberapa waktu dan setelah itu, mereka biasa menyiapkan listrik cadangan lagi dengan generator atau satu daya lain. Untuk faktor keamanan jelas beda, karena untuk masuk ke datacenter, tidak semua orang diijinkan, namun harus dengan perijinan tertulis dan identitas yang jelas.

Dengan fasilitas tersebut amankah data  Anda? Jika  Anda  menaruhnya pada komputer yang sudah sangat terfasilitasi dengan baik dan dengan supplai listrik maupun internet yang dicadangkan juga,  Anda  bisa mengakses cloud Wowrack selama  Anda  bisa menggunakannya melalui VPN maupun internet. Untuk keamanan koneksi,  Anda  tidak perlu kuatir, dengan jalur VPN dan firewall yang dibantu dan disetting oleh para ahli teknis Wowrack,  Anda  tidak perlu takut apabila pada malam hari  Anda  harus membereskan masalah. Tidurlah dan Wowrack yang akan bekerja 24/7 untuk menyelesaikan masalah keamanannya.

Selanjutnya tentang akses, seberapa mudah akses dengan menggunakan cloud,  Anda  cukup mencobanya dan merasakan betapa mudahnya  Anda  bekerja dan menginput maupun mengunduh data-data pekerjaan di program  Anda  bekerja dimanapun. Tentu dengan menggunakan Cloud ini. Dengan Cloud, komputer  Anda  bekerja kini sudah dapat  Anda  bawa di smartphone, di tablet, di laptop, maupun dimanapun  Anda  bisa mengakses data  Anda  melewati internet. Seperti halnya dengan namanya Cloud yaitu awan. Komputasi dimanapun  Anda  selama  Anda  masih dibawah awan internet.

Jadi, kesimpulannya, penggunaan cloud untuk Sistem Informasi Akademik atau SIAKAD ini adalah sangat penting guna menunjang pendidikan yang lebih baik lagi. Masih belum yakin? Kami siap meluangkan waktu lebih panjang untuk menjelaskan tentang cloud ini dengan mengirimkan email ke sales@wowrack.co.id untuk penjelasan cloud yang lebih baik.

Dapatkan Cloud Education in partnership with SEVIMA mulai dari IDR 500K dan dapatkan manfaat akademisnya untuk perkembangan akademismu. (Nehemia/Ulum/Wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack