Tuesday, July 31, 2018

Bersertifikasi ISO27001 : Wowrack Menjadi Perusahaan IT Terdepan Dalam Manajemen Keamanan Informasi Data




Wowrack commits to give the best service to our Customers with continually improving our internal process, maintain confidentiality, integrity and availability of information and data and comply to applicable requirements related to information security - ISO27001

Menjadi satu-satunya perusahaan IT swasta yang bersertifikat ISO27001 di Surabaya semakin memantapkan langkah Wowrack sebagai perusahaan IT yang berkomitmen terhadap keamanan informasi data pelanggan. Keamanan informasi merupakan hal yang sangat penting setelah fleksibilitas dan aksesibilitas yang ditawarkan dalam layanan IT. Keamanan ini termasuk dalam menjaga data agar terhindar dari kebocoran informasi maupun serangan-serangan cyber yang dapat merusak data maupun penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kesadaran akan pengimplementasian ISO27001 bagi internal maupun ekternal perusahaan menjadi penting untuk dilakukan karena banyak sekali kasus peretasan dan penyalahgunaan data yang akhir-akhir ini dilakukan oleh banyak pihak yang bertanggung jawab. Tantangan akan kejahatan cyber membuat banyak perusahaan layanan IT yang berinovasi dalam meningkatkan keamanan sebuah sistem layanan.

Dengan komitmen yang tinggi untuk terus melayani konsumen dalam meningkatkan integritas, menjaga kerahasiaan, dan selalu mematuhi aspek-aspek yang berhubungan dengan keamanan informasi, Wowrack tidak hanya menjadi perusahaan IT yang hanya berfokus pada kemudahan, inovasi dan berfokus pada kepuasan pelanggan; namun aspek keamanan informasi merupakan hal yang sangat dijaga dan dikedepankan dalam membangun kepercayaan konsumen. Dan melalui ISO27001 yang telah diperoleh oleh Wowrack, menjadi bukti dari komitmen tersebut di atas.

Pertanyaan berikutnya adalah seberapa pentingkah aspek keamanan informasi sehingga perlunya suatu perusahaan mendapatkan sertifikasi ISO27001?

Berikut penjabaran mengapa perusahaan perlu meningkatkan keamanan dan sangat penting untuk melakukan standarisasi di dalam organisasinya.


Pentingnya Aspek Keamanan
Aspek keamanan dari sebuah layanan IT merupakan hal yang paling sering dibicarakan akhir-akhir ini. Banyak hal yang akan diperhatikan dalam mengelola sebuah layanan khususnya terkait dengan standarisasi ISO27001 sebagai acuan sebuah standar internasional akan keamanan informasi. Namun, sebelum mengenal tentang ISO27001, ada beberapa alasan mengapa aspek keamanan ini menjadi perhatian khusus dan menjadi sangat penting bagi sebuah layanan IT. Keamanan sebuah data, baik yang bersifat umum maupun sensitif telah diatur oleh hukum dan negara juga ikut bertanggung jawab terhadap hal tersebut. Kewajiban menjaga data pelanggan juga telah diatur pada undang-undang perlindungan konsumen, termasuk Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), sehingga perusahaan sebagai penyedia layanan data pelanggan wajib melindungi data-data pelanggan atau mereka akan berurusan dengan hukum tindak pidana. Lalu bagaimana solusi terbaiknya? Yaitu dengan mempercayakan data bisnis ke perusahaan IT (Server & Storage, Managed Service, Backup, serta Data Center Solution) yang menjamin hal tersebut. Wowrack sebagai penyedia layanan tersebut telah berkomitmen sejak pertama kali beroperasi dimana fokus pada keamanan sebuah data yang dipercayakan pelanggan kepada Wowrack.


Resiko Natural Disaster & Berbagai Ancaman

Saat ini natural disaster merupakan sebuah tantangan sekaligus ancaman bagi penyedia layanan IT khususnya data center dan ini merupakan salah satu persyaratan ISO27001 yang cukup memberatkan bagi beberapa perusahaan IT untuk menerapkan hal ini karena terkait dengan infrastruktur fisik. Infrastruktur dari sebuah data center yang dibangun harus memenuhi kriteria fisik yang aman (Jauh dari daerah potensi banjir/ tsunami/ badai serta potensi gempa maupun pergerakan lempeng bumi ) yang bisa merusak infrastruktur fisik data center. Kondisi dan kesolidan sebuah bangunan juga perlu diperhitungkan, seberapa kokoh dan aman gedung tersebut. Dengan kondisi seperti itu akan menurunkan resiko downtime lebih sering. Dengan jaminan infrastruktur dalam kondisi terbaiknya akan menghemat uang dan waktu anda. Data center Wowrack berada di Omadata, tepatnya di gedung Intiland Tower Lt. 3, Jalan Panglima Sudirman 101-103 yang merupakan daerah bebas banjir dan tidak ada potensi bencana alam seperti gempa dan tsunami. Sehingga, data center Wowrack memiliki potensi yang sangat kecil terhadap ancaman-ancaman Natural Disaster.

Tanggung Jawab Moral Bagi Perusahaan Kepada Pelanggan
Sebuah keharusan dan tanggung jawab bagi perusahaan penyedia layanan IT untuk berkomitmen menjaga data pelanggan tetap aman dan bukan hanya karena sebuah sertifikasi ISO27001 untuk meningkatkan revenue perusahaan. Di Wowrack, sebelum pelanggan mempercayakan kebutuhan digitalisasinya kepada Wowrack, pelanggan akan dijelaskan bagaimana mengoptimalkan penggunaan produk serta yang paling penting adalah aspek keamanan dari layanan tersebut. Melalui SLA 99.5%, jaminan akan keamanan data perusahaan sangatlah tinggi dan meminimalisir terjadinya downtime akan koneksi tersebut.

Biaya yang Dibutuhkan untuk Menangani Kerusakan Data
Downtime atau kerusakan data adalah sesuatu yang merugikan dan memakan biaya yang sangat mahal. Sebuah downtime bisa mengharuskan pelanggan membayar 500.000 per menit untuk penanganan downtime (bergantung pada providernya), begitupun dalam recovery data yang rusak. Menjaga keamanan data adalah hal yang sangat sulit dilakukan, tapi hal itu merupakan sebuah konsekuensi dan tanggung jawab provider untuk menjadi pelindung serangan-serangan tersebut.

Ketika sebuah perusahaan ingin melakukan digitalisasi bisnisnya, hal yang menjadi fokus pertama adalah bukan lagi fleksibilitas atau aksesibilitas karena hal tersebut merupakan sebuah keharusan. Namun, mencari perusahaan yang berfokus pada keamanan data Anda merupakan hal yang harus menjadi prioritas utama. Provider layanan layaknya sebuah perpindahan tangan yang akan mengurus digitalisasi data perusahaan Anda, Wowrack sebagai perusahaan teknologi berkomitmen menjadi partner yang dapat diandalkan dalam menjaga data Anda.

Mengenal ISO27001

Prinsip keamanan Informasi merujuk pada prinsip CIA (Confidentiality, Integrity, Availability) yang diimplementasikan pada sertifikasi ISO27001 sebagai standar Internasional dalam Information Security Management System (ISMS) yang telah diadopsi oleh berbagai organisasi dan atau perusahaan sekaligus diakui di seluruh dunia.

ISO27001 terdiri dari 114 kontrol, 14 klausa dan 35 kategori yang menjadi acuan dalam mengevaluasi sistem keamanan informasi suatu organisasi / perusahaan. Dalam melakukan sertifikasi, ada 3 tahap yang harus dilalui oleh organisasi yang ingin mendapatkan standarisasi ini. Tahap pertama, pendahuluan. Pada tahap ini, evaluasi yang dilakukan oleh auditor dari badan sertifikasi bersifat informal. Hal- hal yang dicek pada tahap satu adalah dokumen-dokumen keamanan perusahaan seperti Statement & Applicability (SoA) dan Risk Treatment Plan (RTP). tahap ini biasanya digunakan sebagai adaptasi dari auditor dan organisasi maupun sebaliknya terkait sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya. Pada tahap dua audit, audit dilakukan lebih formal. Tujuan dari audit tahap dua adalah mengevaluasi apakah dokumen-dokumen terkait keamanan tersebut diimplementasikan di budaya kerja organisasi tersebut. Di tahap akhir, diumumkan apakah perusahaan/ organisasi telah menjalankan standar yang diamanatkan oleh ISO27001. Setelah tahap final selesai, sebuah organisasi akan diaudit secara eksternal selama 1 tahun sekali oleh Badan Sertifikasi yang telah ditunjuk sebelumnya sebagai bentuk evaluasi setelah mendapat sertifikat ISO27001.


Manfaat ISO27001 Bagi Pelanggan

ISO27001 merupakan implementasi dari Confidentiality, Integrity, dan Availability dari Information Security Management System (ISMS) yang memiliki banyak manfaat terhadap pelanggan suatu perusahaan. Manfaat -manfaat praktis yang dapat dirasakan oleh pelanggan sebagai bentuk diterapkannya ISO27001 adalah sebagai berikut :

  •      Confidentiality (Kerahasiaan)
    Kerahasiaan data merupakan hal yang sangat penting, dalam pengimplementasian ISO27001, confidientiality merujuk pada bagaimana sebuah perusahaan membatasi akses yang diberikan dengan tujuan menjaga informasi yang tidak berhak mengakses. Hal ini dilakukan untuk menjaga data seorang pelanggan aman dan menghindari kejahatan cyber seperti penyadapan, penyalahgunaan informasi untuk agenda politik dan sebagainya.
  • Integrity (Integritas)
    Layaknya sebuah surat yang dikirim oleh pengantar pos, surat tersebut haruslah utuh tanpa sobek, basah atau berbeda dari bentuk aslinya ketika sampai kepada penerima. Pengimplementasian Integrity dalam perusahaan yang telah tersertifikasi ISO27001 adalah menjaga keaslian data pelanggan, tanpa adanya modifikasi atau kerusakan dari data aslinya. Menjaga data pelanggan aman dari serangan virus, trojan, malware yang menyebabkan sebuah data korup atau tidak utuh lagi penting bagi pelanggan terkait privasi keaslian sebuah data. Selain itu, pentingnya menyadari bahwa siapapun tidak berhak mengubah, mengganti ataupun merusak data tanpa seizin pelanggan.
  • Availability (Ketersediaan)
    Tidak dapat mengakses data pribadi karena downtime, crash, hang yang disebabkan oleh kerusakan fisik / virtual yang diakibatkan oleh bencana di data center menyebabkan akses kepada sumber informasi dari pelanggan ke datanya menjadi terganggu. Bisa Anda bayangkan saat Anda membutuhkan akses cepat kepada sumber data seperti transfer uang, urusan bisnis maupun melakukan perjalanan bisnis terganggu akibat terputusnya koneksi yang diakibatkan oleh kendala yang terjadi di penyedia layanan. Sesuatu yang buruk sangat bisa terjadi akibat downtime, kerugian yang ditanggung konsumen dan penyedia layanan pun juga menjadi sangat mahal. ISO27001 mengharuskan sebuah perusahaan menjamin untuk meminimalkan terjadinya downtime yang dapat merugikan pelanggan.


Sertifikasi ISO27001 Bagi Wowrack Indonesia

Pada tanggal 5 Juli 2018, PT Wowrack Indonesia dinyatakan telah tersertifikasi ISO27001 oleh British Standards Institution dan menjadi satu-satunya perusahaan IT swasta di Surabaya yang telah tersertifikasi ISO27001. Hal ini sebenarnya merupakan bukti dari komitmen Wowrack selama ini dalam menjaga informasi pelanggan. Semenjak didirikan hingga saat ini, Wowrack tidak merombak banyak perubahan sebelum dan sesudah diimplementasikannya ISO27001 karena pelayanan terkait keamanan data yang diberlakukan Wowrack selama ini sudah sangat terstandar karena selalu memprioritaskan keamanan data pelanggan.

Melalui pengimplementasian confidentiality, integrity dan availability sebagai nilai utama dalam Manajemen Sistem Keamanan Informasi. Wowrack tidak hanya mengimplementasikan capaian ISO27001 kepada pelanggan, namun juga kepada internal perusahaan sendiri melalui penerapan IACIT yang merupakan kepanjangan dari Integrity, Accountable, Caring, Innovation, dan Teamwork. Setiap karyawan Wowrack selalu mengedepankan integritas dalam menyelesaikan setiap tugasnya, menjunjung tinggi kejujuran, dan mempunyai prinsip moral yang kuat dalam menjaga kerahasiaan data perusahaan maupun pelanggan.

Setelah mendapat sertifikasi ISO27001, perusahaan menghadapi tantangan untuk menghapus stigma mengenai keamanan sebuah layanan yang selama ini selalu berbanding terbalik dengan kenyamanan sebuah layanan. Tantangan bagi Wowrack adalah untuk menyelaraskan agar keamanan menjadi prioritas namun tetap mengutamakan kenyamanan pelanggan. Melalui berbagai publikasi serta sosialisasi kepada pelanggan maupun calon pelanggan, Wowrack berkomitmen untuk tetap selalu berinovasi dan terdepan dalam menjaga keamanan data pelanggan.












0 komentar: