Open Cart

OpenCart merupakan system belanja online yang bersifat open source dan berbasis PHP. Ini merupaka solusi yang bagus bagi para pedagang yang ingin menjalankan bisnisnya secara online. Meskipun bersifat gratis, OpenCart memiliki banyak fitur misalnya : multi bahasa, multi mata uang, mendukung Search Engine Friendly URL, mudah dipahami dan digunakan.

Berikut beberapa fitur OpenCart yang tertera dalam situsnya www.opencart.com :

 

  • Kategori tak terbatas,
  • Produk tak terbatas,
  • Merk tak terbatas,
  • Multi mata uang – bisa menampilkan harga dengan lebih dari 1 mata uang serta nilai konversinya,
  • Multi bahasa – nama produk dan penjelasannya bisa menggunakan lebih dari 1 bahasa,
  • Review produk – pelanggan ataupun pemilik toko dapat memberikan review terhadap suatu produk,
  • Penilaian Produk – pelanggan ataupun pemilik toko dapat memberikan penilaian terhadap suatu produk,
  • Open Source,
  • Free Documentation,
  • Tersedia banyak template, dan masih banyak lagi fitur lain yang tersedia. Untuk info detail bisa cek di situs OpenCart.

Sekedar sharing, beberapa hari ini saya tertarik mencoba untuk utak-utik OpenCart. Meski saya pengguna awam untuk masalah system penjualan online bahkan bisa dikatakan baru pertamakali menggunakan system penjualan online, ternyata dengan OpenCart, saya masih dapat memahami cara kerjanya. Ini merupakan salah satu bukti bahwa OpenCart mudah dipahami dan digunakan. OpenCart yang saya gunakan adalah 1.5.0. Berikut sedikit pengalaman saya dalam mengoprasikan OpenCart :

Installasi
OpenCart cukup mudah untuk diinstall, kebutuhannya hampir sama dengan kebanyakan installasi CMS lain seperti WordPress, Joomla, Drupal atau lainnya. Prosesnya tidak rumit, secara garis besar bisa dilakukan proses berikut : Copy file-file OpenCart pada hosting -> Siapkan Database untuk OpenCart -> isi file konfigurasi sesuai informasi database -> dan tinggal menunggu prosesnya berjalan.

Halaman Administrasi
OpenCart memiliki halaman administrasi yang user friendly, sehingga memudahkan pemilik toko untuk mengelola toko onlinenya. Pada OpenCart versi 1.5.0 terdapat 7 menu pokok beserta sub menunya. Masing-masing menu dan sub menu mewakili tugas-tugas administrasi tertentu. Misal untuk memasukkan kategory, produk (baik harga, gambar,nama, keterangan), metode pembayaran, metode shipping, mengatur tampilan, ada report tentang produk maupun orders, dan masih banyak lagi fungsi-fungsi untuk mengelola toko online dengan tampilan yang mudah dipahami tentunya.

Multi Bahasa
Secara default, OpenCart menyediakan bahasa Inggris untuk tampilannya. Akan tetapi, dengan fitur multi language, kita bisa merubah tampilan bahasa menggunakan bahasa yang diperlukan. Misalkan saja target pelanggan yang dibidik oleh pemilik toko adalah di Indonesia. Sedangkan hampir semua calon pelanggan di Indonesia lebih menyukai toko online yang berbahasa Indonesia. Alasannya sederhana, hanya sebagian kecil saja dari mereka yang mengerti bahasa lain, termasuk bahasa Inggris. Oleh karena itu, fitur multi bahasa dan penerapan bahasa Indonesia dalam sebuah toko online adalah suatu keharusan. OpenCart memiliki fitur multi bahasa yang memudahkan pelanggan berganti bahasa dari satu bahasa ke yang lainnya hanya dengan sekali klik.
Akan tetapi, untuk menggunakan fitur bahasa Indonesia ini, OpenCart tidak langsung menyediakan atau tidak satu paket dalam proses installasi OpenCart. Kita harus mencari extension bahasa Indonesia yang sesuai dengan versi OpenCart yang sedang kita gunakan dan memasangnya secara manual.

Multi Mata Uang
OpenCart punya fitur multi mata uang yang menjamin harga barang yang ditampilkan ke pelanggan menyesuaikan dengan harga jual barang tersebut yang diukur dalam mata uang lain. Banyaknya mata uang yang bisa ditampilkan tidak terbatas. Kita bisa menggunakan layar administrasi untuk menentukan nilai tukar antara satu mata uang dengan mata uang lain, atau memanfaatkan update otomatis yang bisa diatur melalui layar administrasi.

Search Engine Friendly URL
Salah satu fitur yang cukup menarik dari OpenCart adalah SEF URL yang memberikan kebebasan kepada kita untuk mendefinisikan URL produk dan kategori agar lebih ‘cantik’ dan ‘bersahabat’ dengan search engine seperti google.
Untuk menggunakan SEF URL pada OpenCart, kita perlu sedikit pengaturan. Jadi, settingannya tidak secara default. Masuk ke menu System > Settings > Masuk ke toko yang akan diberi SEF > Server > pilih YES pada pilihan Use SEO URL’s. Setalah pengaturan itu, jangan lupa untuk mengubah nama .htaccess.txt menjadi .htaccess dalam sistem berkas OpenCart.

Proses Belanja
OpenCart menerapkan konsep shopping cart sebagai wadah sementara pada saat berbelanja online sebelum proses checkout. Jadi pelanggan bisa memilih barang-barang apa saja yang ditampilkan pada toko online dan terakhir melakukan checkout.
Namun, sebelum melakukan proses checkout, OpenCart mengharuskan pelanggan untuk melakukan registrasi. Proses registrasi tidak sulit dilakukan, hanya memasukkan beberapa informasi seperti nama lengkap, email, alamat, dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa registrasi bisa membantu pelanggan dalam beberapa hal termasuk pelacakan order yang telah dibuat oleh pelanggan.

Pembayaran dan Ekspedisi
OpenCart menyediakan banyak metode untuk pembayaran dan ekspedisi. Misalnya saja untuk metode pembayaran OpenCart menyediakan metode AlertPay, Bank Transfer, Cash On Delivery, PayPal Standard, SagePay(US), dan lainnya. Untuk metode ekspedisi, OpenCart menyediakan Citylink, Flat Rate, United States Postal Service, dan masih banyak lagi.
Akan tetapi dari sekian banyak metode ekspedisi, kebanyakan tidak bisa di terapkan di Indonesia. Untuk ekspedisi, yang populer di Indonesia menggunakan Modul Pengiriman TIKI JNE. Dan OpenCart tidak menyediakan extension ini secara default. Namun jangan kuatir, karena ada yang menyediakan untuk kebutuhan ini. Kita tinggal memasang dan menggunakannya. Tetapi untuk versi 1.5.0 saya belum menemukan extension TIKI JNE yang cocok. Saya menemukan di versi sebelumnya. Mungkin ada pembaca yang telah menemukan tolong di share ya .. 😀

Kesimpulan
OpenCart merupakan paket eCommerce open source yang kaya fitur dan mudah digunakan sekalipun yang menggunakan adalah orang awam. Dengan fitur-fiturnya yang tidak kalah dengan paket eCommerce lain yang sudah terlebih dahulu ada, menggunakan OpenCart sebagai toko online patut dipertimbangkan. 🙂

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack